Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ketika Terbangun di Tengah Malam, Segera Baca Doa Ini

Ketika Terbangun di Tengah Malam, Segera Baca Doa Ini

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 28 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Hampir semua orang pernah terbangun tengah malam. Terutama ketika tidak enak badan atau pikiran sedang kalut. Pada beberapa orang, terbangun tengah malam dapat membuatnya gelisah, sehingga sulit untuk tidur kembali. Namun Pins tak perlu khawatir, guna membuat hati lebih tenang, kamu dapat melafalkan bacaan doa ketika bangun tengah malam. 

Pinhome – Doa yang dibaca ketika terbangun di tengah malam ini dapat membuat pikiran dan hati lebih tenang. Jadi, Pins tidak kalut dan bisa tertidur kembali. Selengkapnya, berikut bacaan doa ketika terbangun di tengah malam yang mudah dilafalkan. 

Baca Juga: Baca Ini Sebagai Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Yang Mujarab

Doa yang dibaca ketika terbangun di tengah malam

(Pexels)

Dari Ubadah bin Shamit Radiallahu Anhu, dari Rasulullah SAW turut membagikan bacaan doa ketika bangun tengah malam. Adapun doa tersebut adalah sebagai berikut: 

لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، الحَمْدُ للهِ، وسُبْحَانَ اللهِ، ولاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ،ولاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Artinya: “Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya segala kerajaan dan segala pujian. Dia Maha kuasa atas segala sesuatu. Segala puji hanya milik Allâh Azza wa Jalla; Maha suci Allah; Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah; Allah Maha besar; Tidak ada kemampuan dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa barangsiapa terbangun dari tidurnya di malam hari lalu membaca doa di atas, niscaya Allah SWT akan memberi ampunan dan mengabulkan doanya. 

Lalu, jika dia segera bangun, mengambil air wudu, kemudian melaksanakan salat tahajud, maka Allah SWT akan menerima salatnya dengan lapang. 

Lebih daripada itu, Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar juga menyebutkan bahwa doa di atas merupakan bentuk dzikir kepada Allah SWT yang sebetulnya dapat dibaca kapan pun. Tidak harus tengah malam ketika terbangun daripada tidur. 

Selain doa tersebut, Pins juga dapat membaca doa berikut ini:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ 

Arab latin: Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amaatanaa wa ilaihin

nusyur. 

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali.”

Dari Abu Abdillah al-farabri rahimahullah, salah seorang meriwayatkan hadits dari Imam al-Bukhari. Ia mengatakan,“Saya membaca dzikir ini ketika aku terbangun, kemudian setelah itu aku tidur. Dalam tidur itu, aku didatangi oleh seseorang dan membacakan ayat:

 وَهُدُوا إِلَى الطَّيِّبِ مِنَ الْقَوْلِ وَهُدُوا إِلَىٰ صِرَاطِ الْحَمِيدِ

Artinya: “Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik dan ditunjukan (pula) kepada jalan (Allah) yang Terpuji.”

Baca Juga: Doa Niat Puasa Asyura Dan Makna Di Balik Puasa Tersebut Bagi Yang Menjalaninya

Doa munajat saat terbangun tengah malam

(Pexels)

Selain memanjaat bacaan doa ketika bangun tengah malam, Pins juga disarankan untuk bermunajat kepada Allah SWT. Tak lupa perbanyak pula istighfar sebagai bentuk permohonan ampun kepada yang Maha Kuasa. 

Di antara munajat dan doa ketika bangun tengah malam, bacaan doa berikut bisa turut dilafalkan. 

اَللَّهُمَّ الْطُفْ بِنَا لُطْفًا شَامِلاً كَامِلاً ظَاهِرًا وَخَافِيًا تَقَرُّ بِهِ اْلعَيْنُ وَيُجْلىَ بِهِ الرَّيْنُ وَيُقْضَى بِهِ الدَّيْنُ وَتُصْلَحُ بِهِ اْلاُمُوْرُ وَتُكْفَى بِهِ الشُّرُوْرُ وَنَكُوْنُ بِهِ مِنَ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَنُرْزَقُ بِهِ كَمَالَ اْليَقِيْنِ

Arab latin: Allahu Walthuf binaa luthfan kaamilan syaamilan dhohiron wa khoofiyan taqorru bihil ‘ainu wa yujlaa bihi roinu wa yuqdhoo bihi dainu wa tushlahu bihil umukuru wa tukdaa bihisy syuruuru wa nakuunu bihi min al muqorrobin ya nurzak bihii kamaalal yaqiin.

Artinya: “Ya Allah, perlakukanlah kami dengan lemah lembut, kelembutan yang menyeluruh, sempurna, baik secara zhahir dan secara samar, yang dengannya mata menjadi sejuk, kesedihan diangkat, hutang dilunasi, semua perkara menjadi baik, semua keburukan berhenti, dan dengannya pula kami menjadi orang-orang muqarrabin (orang-orang yang dekat dengan Allah), dan kami diberi rizky kesempurnaan keyakinan.”

Lalu, jika Pins jadi sulit tidur kembali karena terbangun, maka doa berikut ini bisa turut dilafalkan. 

(Dream.com)

“Allaahumma ghaaratin nujuumu wa hada atil ‘uyuunu wa anta hayyung qayyum. Laa ta’khudzuka sinatuw wa laa naum. Yaa hayyu yaa qayyuumu ahdi lailii wa anim ‘ain.”

Artinya: “Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam dan mata pun telah terpejam, sementara Engkau hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Mu). Engkau tidak mengantuk dan tidak juga tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.”

Setelah semua doa dipanjatkan, Pins dapat memperkuat doa tersebut dengan memperbanyak dzikir. Kamu bisa membaca basmalah, beristighfar, membaca kalimat tasbih, tahmid, dan tajwid sebanyak-sebanyak. Dengan melakukan zikir ini, harapannya Pins bisa terlelap kembali dan tak lagi gelisah. Keesokan harinya pun tubuh terasa bugar karena memiliki tidur yang berkualitas sebab dapat lebih dekat dengn Allah SWT. 

Bagaimana, sudah cukup tercerahkan bukan? Jadi, ketika terbangun tengah malam Pins tak perlu khawatir. Alih-alih gelisah, sebaiknya bacalah beberapa bacaan doa ketika bangun tengah malam agar hati dan pikiran lebih tenang. Semoga ulasan ini membantu, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel