Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Sejarah Babakan Siliwangi Bandung, Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas yang Memadai

Sejarah Babakan Siliwangi Bandung, Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas yang Memadai

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 22 January 2020 ∙ 4 menit membaca

Suatu kebanggaan bagi warga Kota Bandung karena memiliki sejumlah wisata (outdoor) maupun Indoor terbaik di Indonesia. Salah satunya adalah Babakan Siliwangi Bandung. Meskipun terlihat sederhana wisata alam terbuka ini selalu padat pengunjung.

Dikehidupan yang serba mesin seperti saat ini, menjadi alasan tersendiri untuk mencari udara segar yang ada di salah satu daerah.

Akses jalan untuk bisa sampai ke kawasan ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu melewati jembatan gantung yang telah disediakan oleh masyarakat setempat.

Babakan siliwangi menjadi salah satu taman kota yang siap memanjakan para pengunjung. Keberadaan Babakan Siliwangi membuat Kota Bandung menjadi sangat lengkap.

15 Wisata Camping Di Bandung Paling Menakjubkan untuk Dikunjungi

Beragam pilihan area terbuka yang hijau membuat Babakan Siliwangi selalu ramai pengunjung. Tidak hanya itu, Bandung juga mempunyai wisata alam terbuka lainnya seperti Skywalk Cihampelas, Cikapundung, Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa dan Taman Lansia.

Keindahan alam yang ada di Babakan Siliwangi ini tentu akan membuat betah setiap pengunjung yang datang dari berbagai kota.

Sejarah Babakan Siliwangi Bandung

tempat wisata bandung babakan siliwangi
photo by: bandunginframe

Babakan Siliwangi merupakan objek wisata baru di Bandung yang diresmikan pada tahun 2018 silam. Sebuah taman kota di Bandung yang dapat memenuhi kebutuhan hidup sehat bagi masyarakat Bandung.

Sejarah Babakan SIliwangi telah banyak menimbulkan kontroversi, di tambah dengan adanya suatu hal yang berhubungan proses pengalihan di tunjukkan pihak swasta mengubah Baksil menjadi kawasan wisata komersial.

Terlepas dari perkara itu, Babakan Siliwangi memiliki kontur berbentuk lembah yang terbentuk dari alam yang di timbulkan oleh sungai Cikapundung. Hal ini terjadi sejak puluhan tahun silam.

Oleh sebab itu wajar jika masyarakat Bandung beranggapan kalau objek wisata Babakan Siliwangi merupakan alam peninggalan di era terdahulu.

Bukit Teletubbies Cicalengka Bandung – Harga Tiket, Fasilitas, Alamat Terbaru 2021

Kawasan Babakan Siliwangi telah ada sejak zaman penjajahan belanda. Kawasan ini dikenal sebagai area sabuk hijau Kota Bandung yang kerap disebut lebak gede.

Pada tahun 1920, timbul ide dari tim ahli asal Belanda untuk merubah dengan menata Kota Bandung agar tampak rapi.

Lokasi Babakan SIliwangi Bandung

Berada di Jalan Tamansari nomor 73, Siliwangi, Coblong, Kota Bandung Jawa Barat 40132. Sangat dekat dari objek wisata Chinatown Bandung.

Jarak tempuh Chinatown ke lokasi wisata hanya mencapai 6 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 22 menit.

Tiket Masuk Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

tempat wisata bandung babakan siliwangi
photo by: indrawirajaya95

Harga tiket masuk Babakan Siliwangi nol rupiah “gratis”. Kamu bisa berlibur ke sini kapan saja. Meski sempat dikabarkan tentang adanya pungli di area ini, kini setiap pengunjung hanya dikenakan biaya tiket parkir kendaraan.

Meskipun tanpa tiket “gratis” setiap pengunjung wajib mematuhi aturan yang berlaku di area wisata. Pengunjung wajib untuk menjaga dan tidak merusak alam di sekitar.

Jam Buka Forest Walk Babakan SIliwangi Bandung

Buat kamu yang akan berlibur ke sini, Kamu bisa menikmati wisata ini setiap hari karena Babakan Siliwangi buka setiap hari selama 24 jam.

Fasilitas Babakan Siliwangi Bandung

Beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan selama berkunjung ke Babakan Siliwangi Bandung.

  1. Meja Piknik
  2. Gedung Sasana Budaya
  3. Kamar Mandi (toilet)
  4. Mushola
  5. Tempat Parkir Kendaraan
  6. Warung Makan
  7. Wifi Gratis (Free Wifi)

Sejumlah Aktivitas Pengunjung Forest Walk Babakan Siliwangi Januari 2021:

1. Hunting Foto (Selfie)

Alam yang hijau dan asri membuat kamu semakin percaya diri dengan spot yang dihadirkan oleh Babakan Siliwangi. Kamu bisa menemukan beberapa spot foto terbaik seperti jembatan yang dibuat sebagai akses menuju wisata.

Meskipun terkesan sederhana, spot ini menjadi viral di sosial media dan paling instagramable.

Buat kamu saatnya untuk berpose sepuasnya sambil menikmati udara yang segar. Dapatkan spot menarik dari area wisata Babakan Siliwangi yang menurut kamu cucok.

2. Olahraga

Sebagai penduduk setempat, mereka cenderung melakukan kegiatan bugar di area Babakan Siliwangi seperti jalan santai dan lari santai.

Dikarenakan tempatnya yang eksotis tersebut Forest Walk berganti fungsi tanpa menghapus fungsi utamanya.

Berolahraga di Babakan Siliwangi merupakan tempat paling asik. Tempat yang adem dan romantis untuk bersama keluarga dan pasangan.

3. Bersantai

Angin sepoi-sepoi, hutan yang hijau dan udara yang sejuk membuat pengunjung memanfaatkan waktu untuk bisa bersantai dan nongkrong bersama keluarga maupun pasangan.

4. Piknik

Selain tempat santai, setiap pengunjung juga menjadikan Babakan Siliwangi sebagai tempat piknik keluarga. Objek di sini menyediakan spot terbaik untuk anak-anak.

Ditambah dengan adanya jembatan besi dengan lantai yang aman untuk kegiatan anak. Selain itu, tersedianya kursi santai yang dibuat agar setiap pengunjung merasa nyaman saat beraktifitas.

5. Kuliner

Seharian beraktifitas di Babakan Siliwangi, pasti lapar dong? Nah, uniknya di sini juga menyediakan tempat makan yang asik untuk menikmati beragam masakan khas sunda.

Kamu juga dapat menikmati kopi sebelum melanjutkan kegiatan lainnya. Dijamin seru pastinya.

Demikian artikel ini lokawisatabandung tulis. Ayo ajak keluarga dan pasangan kamu sekarang untuk menikmati wisata alam terbuka Babakan Siliwangi Bandung.

Semoga artikel ini dapat menjadi panduan kamu ya. Jika ada yang perlu ditanyakan, kamu dapat meninggalkan komentar di bawah. Atau bisa juga menghubungi lokawisatabandung melalui fitur hubungi kami.

Sampai di sini dulu ya. Temukan wisata Bandung lainnya di sini.

Tags :

Bagikan Artikel