BlogLifestyleEdukasiAyat atau Dalil Tentang Tawakal dalam Islam
0
0

Ayat atau Dalil Tentang Tawakal dalam Islam

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Febrina Putri

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
koran, quran, read-4095475.jpgtop-right-banner

Tawakal kerap diartikan sebagai sikap berserah diri atau percaya sepenuhnya pada apa yang sudah direncanakan oleh Allah SWT. Sayangnya sikap ini kerap diartikan dengan pasrah. Padahal meski artinya pasrah diri, sikap tawakal dan pasrah sebetulnya adalah dua hal berbeda. Dalam implementasinya, tawakal kerap dikaitkan dengan ikhtiar. Seseorang yang bertawakal umumnya sudah melakukan ikhtiar terlebih dulu. 

Pinhome – Untuk mengetahui penjelasan detail mengenai tawakal, Pins dapat menyimak ulasan berikut. Dalam ulasan ini akan disebutkan ayat tentang tawakal atau dalil tawakal beserta keutamaannya. Berikut penjelasannya. 

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Tentang Hadist Sabar Dan Pemaaf

Ayat Tentang Tawakal

Source : Pixabay

Baca Juga: Hadits Tentang Diam Daripada Berkata Tidak Baik Dalam Islam

Dalam Al-quran terdapat beberapa dalil tawakal. Dalam surah Al Maidah ayat 23, Allah SWT memerintah umat muslim untuk bertawakal. Sebagaimana firman-nya yang berbunyi: 

قَالَ رَجُلَانِ مِنَ الَّذِينَ يَخَافُونَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمَا ادْخُلُوا عَلَيْهِمُ الْبَابَ فَإِذَا دَخَلْتُمُوهُ فَإِنَّكُمْ غَالِبُونَ ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَتَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Artinya: “Berkatalah dua orang diantara orang-orang yang takut (kepada Allah) yang Allah telah memberi nikmat atas keduanya: \”Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang. Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar-benar orang yang beriman.”

Selain dalil tawakal tersebut, Rasulullah SAW pun pernah bersabda demikian: 

لَوْ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَوَ كَّلُوْنَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ، لَرُزِقْتُمكَمَا تُرْزَقُ الطَّيْرُ، تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوْحُ بِطَانًا

Artinya: “Seandainya kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal maka Allah akan memberi rezeki  kalian sebagaimana Allah memberi rezeki burung, pergi pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang.”

Jika merujuk pada dua ayat tentang tawakal di atas, maka sikap ini bisa dibilang sebagai wujud utama keimanan kepada Allah SWT. Bahkan dalam surah Al-Mulk ayat 29 disebutkan juga bahwa tawakal dapat menunjukkan siapa yang berada dalam kesesatan. 

قُلْ هُوَ ٱلرَّحْمَٰنُ ءَامَنَّا بِهِۦ وَعَلَيْهِ تَوَكَّلْنَا ۖ فَسَتَعْلَمُونَ مَنْ هُوَ فِى ضَلَٰلٍ مُّبِينٍ

Artinya: “Katakanlah: \”Dialah Allah Yang Maha Penyayang kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya-lah kami bertawakkal. Kelak kamu akan mengetahui siapakah yang berada dalam kesesatan yang nyata.”

Keutamaan Sikap Tawakal

Source : Max Pixel

Perilaku atau sikap tawakal memang tidak muncul begitu saja. Untuk menjadi seorang yang tawakal, Pins harus memupuk sikap tersebut pelan-pelan. Sebagai motivasi, di bawah ini ada beberapa keutamaan tawakal yang perlu Pins ketahui. Berikut uraiannya: 

Orang yang bertawakal akan mendapatkan mukjizat dari Allah SWT

Tawakal merupakan salah satu bentuk keimanan. Oleh karena itu, Allah SWT begitu mencintai hamba-Nya yang bertawakal. Dia berjanji akan memberikan pertolongan serta anugerah kepada orang yang bertawakal. 

Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi: 

إِذْ يَقُولُ ٱلْمُنَٰفِقُونَ وَٱلَّذِينَ فِى قُلُوبِهِم مَّرَضٌ غَرَّ هَٰٓؤُلَآءِ دِينُهُمْ ۗ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَإِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya: “(Ingatlah), ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya berkata: \”Mereka itu (orang-orang mukmin) ditipu oleh agamanya\”. (Allah berfirman): \”Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Orang yang bertawakal akan mendapatkan kebahagian di dunia dan akhirat

Seseorang yang senantiasa bertawakal akan diberikan kebahagiaan dan limpahan kebaikan di dunia maupun di akhirat. Hal ini sesuai dengan surah An-Nahl ayat 41-42 yang berbunyi: 

{وَالَّذِينَ هَاجَرُوا فِي اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مَا ظُلِمُوا لَنُبَوِّئَنَّهُمْ فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَلأجْرُ الآخِرَةِ أَكْبَرُ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ * الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Artinya: “Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah SWT sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui, (yaitu) orang-orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan saja mereka bertawakal.”

Tawakal dapat membuat hidup terasa ‘cukup’

Seorang umat muslim yang senantiasa bertawakal akan merasa cukup atas hidupnya. Sebab, mereka percaya bahwa apa yang didapat ialah keputusan baik dari Allah SWT. 

Dalam surah Ath-Thalaq ayat 3 disebutkan demikian: 

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Artinya: \”Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.\”

Cara Menumbuhkan Sikap Tawakal

Source : Flickr

Terdapat beberapa upaya yang dapat Pins lakukan untuk menumbuhkan sikap tawakal. Berikut di antaranya: 

Meningkatkan keimanan

Untuk memupuk sikap tawakal, Pins harus meningkatkan keimanan dan belajar untuk berserah. Dengan menyerahkan diri kepada Allah SWT, Pins bisa pelan-pelan memaknai dan menjadi pribadi yang bertawakal. Sebab, nantinya, Pins akan melibatkan Allah SWT dalam segala urusan, baik di dunia maupun akhirat. 

Menghargai usaha diri sendiri

Jika ingin menjadi pribadi yang tawakal, Pins dapat memulainya dengan menghargai usaha diri sendiri. Dengan demikian, kamu akan memusatkan segala upaya untuk berusaha lalu memasrahkan hasilnya kepada Allah SWT. Seseorang yang mampu bersikap demikian umumnya tidak akan mengeluh ataupun berpuas diri. Sebab, ia meyakini bahwa apa yang sudah diusahakannya tergantung dengan keputusan Allah SWT. 

Senantiasa berbaik sangka kepada Allah SWT

Guna menumbuhkan sikap tawakal, Pins dapat memulainya dengan berbaik sangka kepada Allah SWT. Dengan demikian, Pins tak akan marah jika suatu ketika usaha yang sudah dilakukan tidak berbuah manis. Barangkali Allah SWT telah menyiapkan kejutan lain yang lebih besar. Atau, mungkin memang saat ini belum waktunya. 

Nah, demikian tadi ulasan ayat tentang tawakal serta penjelasan keutamaannya. Semoga bisa menjadi pedoman Pins dalam berperilaku dan bersikap. 


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Citaville Parung Panjang di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download