Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ayat Al-quran tentang Wabah Penyakit dan Cara Menghadapinya

Lifestyle

Ayat Al-quran tentang Wabah Penyakit dan Cara Menghadapinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 19 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Saat ini Indonesia tengah dilanda pandemi covid-19. Hal tersebut membuat banyak orang kehilangan anggota keluarga maupun penghasilannya. Tentunya hal ini membuat banyak orang sedih dan sulit bertahan. Walau demikian, sebagai umat muslim yang beriman kita mesti memiliki keyakinan bahwa pandemi ini akan berakhir. 

Pinhome – Dalam Al-quran terdapat beberapa ayat tentang penyakit dan wadah. Ayat tentang datangnya penyakit ini menerangkan bagaimana sikap ikhtiar yang harus dilakukan. Selain itu, dalam ayat tentang datangnya penyakit ini juga disebutkan bahwa Allah SWT yang memiliki kuasa. Berikut ayat tentang penyakit yang perlu Pins tahu. 

Baca Juga: Hindari Syirik Dengan Membaca Doa Tolak Bala Dan Artinya Berikut Ini!

Ayat tentang Datangnya Penyakit dan Musibah 

(PixHive)

Dalam surah Al-Baqarah ayat 249 dituliskan cerita mengenai wabah penyakit yang menimpa suatu negeri akibat minum sungai. Allah SWT berfirman: 

فَلَمَّا فَصَلَ طَالُوْتُ بِالْجُنُوْدِ قَالَ اِنَّ اللّٰهَ مُبْتَلِيْكُمْ بِنَهَرٍۚ فَمَنْ شَرِبَ مِنْهُ فَلَيْسَ مِنِّيْۚ وَمَنْ لَّمْ يَطْعَمْهُ فَاِنَّهٗ مِنِّيْٓ اِلَّا مَنِ اغْتَرَفَ غُرْفَةً ۢبِيَدِهٖ ۚ فَشَرِبُوْا مِنْهُ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْهُمْ ۗ فَلَمَّا جَاوَزَهٗ هُوَ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۙ قَالُوْا لَا طَاقَةَ لَنَا الْيَوْمَ بِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ ۗ قَالَ الَّذِيْنَ يَظُنُّوْنَ اَنَّهُمْ مُّلٰقُوا اللّٰهِ ۙ كَمْ مِّنْ فِئَةٍ قَلِيْلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيْرَةً ۢبِاِذْنِ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: Maka ketika Takut membawa bala tentaranya, dia berkata, “Allah akan menguji kamu dengan sebuah sungai. Maka barangsiapa meminum (airnya), dia bukanlah pengikutku. Dan barangsiapa tidak meminumnya, maka dia adalah pengikutku kecuali menciduk seciduk dengan tangan.” Tetapi mereka meminumnya kecuali sebagian kecil di antara mereka. Ketika dia (Talut) dan orang-orang yang beriman bersamanya menyeberangi sungai itu, mereka berkata, “Kami tidak kuat lagi pada hari ini melawan Jalut dan bala tentaranya.” Mereka yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata, “Betapa banyak kelompok kecil mengalahkan kelompok besar dengan izin Allah.”

Walau tak mudah, tapi penyakit dan wabah harus dihadapi dengan sabar. Dengan demikian, Allah SWT akan selalu memberimu jalan untuk lepas dari wabah ini. Sebagaimana firman Allah dalam surah At-Taghabun ayat 11 yang berbunyi demikian. 

مَاۤ اَصَابَ مِنۡ مُّصِيۡبَةٍ اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰهِ‌ؕ وَمَنۡ يُّؤۡمِنۡۢ بِاللّٰهِ يَهۡدِ قَلۡبَهٗ‌ؕ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمٌ 

Artinya: “Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” 

Dalam surah Al-Baqarah ayat 153, Allah SWT juga berfirman: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.”

Bagaimana Cara Menghadapi Wabah Penyakit Menurut Islam? 

(Blogs ICRC)

Baca Juga: Jangan Lupa Ini Dia Doa Masuk Kamar Mandi Beserta Artinya

Sebelum lebih jauh, agaknya Pins perlu tahu dulu bahwa penyakit dan wabah sumbernya ialah dari kita sendiri. Untuk itu, kita sebagai umat manusia wajib berintrospeksi. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi demikian:

وَمَاۤ اَصَابَكُمۡ مِّنۡ مُّصِيۡبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتۡ اَيۡدِيۡكُمۡ وَيَعۡفُوۡا عَنۡ كَثِيۡرٍؕ 

Artinya: “Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).” – QS Asy-Syura ayat 30

Namun tak perlu khawatir, dalam Al-quran juga dituliskan beberapa ayat tentang bagaimana cara menghadapi wabah penyakit. Salah satunya yakni dari surah Surah Al-Baqarah ayat 156 yang berbunyi demikian: 

 الَّذِيۡنَ اِذَآ اَصَابَتۡهُمۡ مُّصِيۡبَةٌ  ۙ قَالُوۡٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّـآ اِلَيۡهِ رٰجِعُوۡنَؕ 

Arab Latin: Allazina izaaa asaabathum musiibatun qooluuu innaa lillaahi wa innaaa ilaihi raaji’uun 

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNyalah kami kembali).”

Walau mungkin situasi makin memburuk akibat wabah, tapi kamu tetap harus sabar dan tenang menghadapinya. Ibnu Sina, seorang filsuf sekaligus ilmuwan abad ke-10 pun menyarankan untuk terus tawakal dan tidak panik. Ia berkata:

الوَهْمُ نِصْفُ الدَّاءِ وَالاطْمِئْنَانُ نِصْفُ الدَّوَاءِ وَالصَّبْرُ بِدَايَةُ الشِّفَاءِ  

Artinya: “Kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah permulaan kesembuhan.”

Selain dua hal tersebut, sikap lain yang dapat diterapkan saat menghadapi wabah yakni dengan beristigfar dan meminta ampunan atas segala dosa. Dengan demikian, Allah SWT akan mengangkat penyakit dan wabah tersebut sesuai kehendaknya. 

Dalam surah Al Anbiya’ ayat 83 Allah SWT berfirman: 

وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ ۚ

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.”

Memasrahkan suatu wabah dan penyakit kepada Allah SWT merupakan satu keputusan yang tepat. Meski begitu Pins pun wajib melakukan tindakan preventif untuk mencegahnya. Dan, apabila sedang dilanda wabah maka Pins juga mesti menjauhinya. Tak lupa, untuk tetap berserah diri kepada Allah SWT karena Dia-lah yang maha membolak-balik keadaan. 

Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi demikian:

مَاۤ اَصَابَ مِنۡ مُّصِيۡبَةٍ فِى الۡاَرۡضِ وَلَا فِىۡۤ اَنۡفُسِكُمۡ اِلَّا فِىۡ كِتٰبٍ مِّنۡ قَبۡلِ اَنۡ نَّبۡـرَاَهَا ؕ اِنَّ ذٰ لِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيۡرٌۚ 


Artinya: ”Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah.” – QS. Al-Hadid ayat 22.

Pandemi covid-19 dan wabah lainnya memang menyakitkan. Namun bukan berarti kita lantas pasrah begitu saja. Dengan terus bertawakal niscaya Allah SWT akan mengangkat pandemi ini. Yuk, terus berdoa agar pandemi, wabah, dan penyakit lainnya segera hilang!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel