Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Surat Ayat Kursi Latin, Manfaat dan Juga Arti yang Terkandung di Dalamnya

Lifestyle

Surat Ayat Kursi Latin, Manfaat dan Juga Arti yang Terkandung di Dalamnya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Tahukah, Pins? Ayat kursi merupakan ayat yang dinilai paling agung di dalam Al-Quran. Mengapa bisa begitu? Memang apa seperti apa bacaan ayat kursi dan apa maknanya? Lalu, apa saja sih keutamaan dan manfaat dari membaca ayat kursi? Semua itu akan dibahas di sini. 

Pinhome – Buat kamu yang belum tahu, ayat kursi adalah salah satu bagian ayat dari  Surah Al Baqarah. Letaknya ada di ayat ke-255. Ayat kursi ini memiliki keutamaan yang luar biasa, Jika dilihat dari maknanya, ayat ini berisi tentang penjelasan kalimat tauhid yang  bisa menjadi tiang seorang muslim dalam beriman kepada Allah Azza wa Jalla. Seperti apa penjelasan lebih lengkapnya? Pins, yuk simak penjelasan di bawah ini. 

Baca Juga: Doa Iftitah Dalam Bahasa Latin Dan Juga Artinya

Apa itu Ayat Kursi? 

(Asian Parent)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Ayat Kursi adalah Surah Al-Baqarah ayat ke-255. Mengapa bisa disebut ayat kursi?  

Baca Juga: Panduan Serta Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir

Nah, arti kursi sendiri secara harfiah adalah singgasana. Jika diruju dari maknanya, ayat kursi mengandung makna keagungan singgasana Allah SWT yang biasanya disebut dang Arsy. Di dalam ayat kursi ini juga mengandung makna tentang betapa Mahakuasa Allah SWT. Oleh karena itu, ayat satu ini menjadi ayat paling agung dan memiliki kedudukan paling tinggi di antara lainnya. Hal ini juga yang membuat ayat juga memilliki banyak keutamaan. 

Apa saja keutamaannya? Sebelum itu mari pertama-tama kita pahami dulu bacaan ayat kursi beserta pelafalan latin dan artinya agar kita lebih meresapi makna yang terkandung di dalamnya 

Bacaan Ayat Kursi dengan Latin dan Artinya   

(Tribute Asia)

Bacaan ayat kursi beserta latin dan artinya adalah sebagai berikut. 

اَللهُ لَآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allaahu laa illaa huwal-hayyul-qayyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum, lahuu maa fis-samawati wa maa fil-ard, man dzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai’im min’ilmihii illaa bimaa syaa’a, wa si’a kursiyyuhus-samaawaati wal-ard, wa laa ya’uudhuhuu hifzhuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘azhiim.

Artinya: “Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada tuhan yang memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Q.S Al-Baqarah: 255)

Keutamaan Membaca Ayat Kursi    

(Umma)

Sudah membaca ayatnya dan artinya. Jika sudah, kamu bisa baca atau juga hafalkan ayat ini karena ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa kamu dapatkan. Berikut adalah manfaat dan keutamaannya. 

Pemimpin ayat Al Quran

“Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Alquran adalah surat al-Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat al-quran yaitu Ayat Kursi.” 

(HR. Tirmidzi)

Dikabulkannya Doa

“Siapa yang membaca ayat kursi lalu berdoa, doanya akan dikabulkan Allah karena di dalam ayat kursi ada asma Allah yang paling agung, yakni al hayyu al qayyuum. Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha. “

(HR. Ibnu Majah)

Kunci masuk surga

“Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap sholat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati. “

(HR. Thabrani)

Ayat yang Paling Agung

”Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepada Ubay Bin ka’ab, “Ayat kitab Allah manakah yang paling agung?” Ubay menjawab, “Allah dan RasulNya lebih mengetahui.”

Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam mengulang-ulang pertanyaannya, maka Ubay menjawab, “Ayat kursi.”

 Lalu Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Selamatlah dengan ilmu yang kamu miliki, Hai Abu Mundzir. Demi Tuhan yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya ayat kursi itu mempunyai lisan dan sepasang bibir yang selalu menyucikan Tuhan yang maha kuasa di dekat pilar arsy.”” (HR. Ahmad)

Diberi penjagaan oleh Allah SWT  

“Rasulullah menugaskan kepadaku untuk menjaga zakat di bulan Ramadhan. Kemudian seseorang datang kepadaku dan mencuri dari makanan (zakat) ….” Di akhir hadits, pencuri itu berkata: ”Bila engkau hendak tidur, maka bacalah ‘Ayat Kursi’ karena penjagaan dari Allah akan terus bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai Subuh”. Kemudian Nabi berkata: “Ia telah berkata benar kepadamu, walau ia pendusta. Ia adalah setan.” 

(HR. Bukhari)

Itu dia bacaan ayat kursi latin beserta manfaat dan artinya.  Masya Allah, begitu agung dan mulianya ayat ini hingga Allah menjadikannya ayat yang penuh keutamaan.  Semoga kita semakin mencintai ayat kursi dan mengamalkannya. Semoga pula kita diberikan keutamaan dan keberkahan dengan mengamalkannya. Aamiin. 


Temukan beragam pilihan rumah, tanah dijual dan apartemen terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel