Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Kumpulan Ayat Ayat Taubat di Al Quran yang Penting untuk Kita Ketahui

Kumpulan Ayat Ayat Taubat di Al Quran yang Penting untuk Kita Ketahui

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 26 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Taubat adalah usaha untuk meninggalkan perbuatan dosa yang diiringi dengan niat dan perilaku yang nyata. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, taubat atau tobat diartikan sebagai jera, sadar dan menyesal akan dosa, dan kembali kepada agama (jalan, hal) yang benar. Allah SWT menyukai hamba-Nya yang bertaubat. Bahkan mereka yang bertaubat dijanjikan surga dan keberkahan oleh-Nya. 

Pinhome – Terdapat beberapa ayat tentang bertaubat yang tertulis di Al-quran maupun hadits. Ayat-ayat taubat tersebut menjelaskan tentang hukum, tata cara, hingga hikmahnya. Berikut ini ayat tentang bertaubat yang perlu Sobat Hijrah ketahui. 

Baca Juga: Hadits Tentang Diam Daripada Berkata Tidak Baik Dalam Islam

Hakikat Taubat dalam Islam 

(Pixabay)

Manusia tak pernah lepas dari dosa. Walau demikian, mereka dapat menebus dosa tersebut dengan bertaubat. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya demikian: 

“Setiap anak Adam pasti berbuat dosa, dan sebaik-baik orang yang berbuat dosa adalah yang bertaubat.” – HR. Ibnu Majah. 

Dalam agama Islam, taubat diartikan sebagai kembalinya seseorang dari kemaksiatan menuju ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Namun demikian taubat sebaiknya dilakukan dengan niat dan perbuatan yang sungguh-sungguh. Atau, dalam Islam hal tersebut dikenal dengan istilah taubat nasuhah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah At-Tahrim ayat 88 yang berbunyi demikian: 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Terdapat tiga syarat taubat seseorang diterima oleh Allah SWT, yakni berhenti maksiat, menyesal, dan bertekad tidak akan melakukan kemaksiatan lagi di kemudian hari. Jika syarat tersebut terpenuhi, maka Allah SWT akan dengan senang hati menerima taubatmu. 

Ayat tentang Bertaubat 

(Pixabay)

Baca Juga: Pahami Hadits Tentang Berkata Baik Dan Artinya Berikut Ini!

Berikut ini ayat-ayat taubat yang termuat dalam Al-quran: 

إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَبَيَّنُوا فَأُولَئِكَ أَتُوبُ عَلَيْهِمْ وَأَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Kecuali mereka yang telah bertaubat, mengadakan perbaikan dan menjelaskan(nya). Mereka itulah yang Aku terima taubatnya, dan Akulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” – QS Al-Baqarah ayat 160.

Lalu, ada pula ayat yang menyatakan bahwa Allah SWT menyukai mereka yang bertaubat. Berikut bacaannya: 

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” – QS Al-Baqarah ayat  222.

Dalam surah Al-Maidah ayat 7 Allah SWT mengatakan bahwa Dia akan menerima taubat seseorang yang zalim. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi demikian: 

فَمَنْ تَابَ مِنْ بَعْدِ ظُلْمِهِ وَأَصْلَحَ فَإِنَّ اللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Tetapi barangsiapa bertaubat setelah melakukan kezaliman dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Selain itu, pada ayat lainnya, Allah SWT pun mengatakan demikian: 

أَفَلَا يَتُوبُونَ إِلَى اللَّهِ وَيَسْتَغْفِرُونَهُ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampunan kepada-Nya? Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”” – QS. Al-Maidah ayat 74.

Makna dari surah di atas semakin diperjelas dalam surah  Al-An’am ayat 54. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi demikian: 

وَإِذَا جَاءَكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِآيَاتِنَا فَقُلْ سَلَامٌ عَلَيْكُمْ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَى نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ أَنَّهُ مَنْ عَمِلَ مِنْكُمْ سُوءًا بِجَهَالَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنْ بَعْدِهِ وَأَصْلَحَ فَأَنَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Dan apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami datang kepadamu, maka katakanlah, “Salamun ‘alaikum (selamat sejahtera untuk kamu sekalian).” Tuhanmu telah menetapkan sifat kasih sayang pada diri-Nya, (yaitu) bahwa barangsiapa di antara kamu berbuat suatu keburukan karena kebodohan, kemudian setelah itu dia bertaubat dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Guna menambah keyakinan umat-Nya, Allah SWT dalam surah At-Taubah ayat 102-104 berfirman sebagaimana berikut:

وَآخَرُونَ اعْتَرَفُوا بِذُنُوبِهِمْ خَلَطُوا عَمَلًا صَالِحًا وَآخَرَ سَيِّئًا عَسَى اللَّهُ أَنْ يَتُوبَ عَلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ * خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ * أَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَأْخُذُ الصَّدَقَاتِ وَأَنَّ اللَّهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Dan (ada pula) orang lain yang mengakui dosa-dosa mereka, mereka mencampuradukkan perbuatan yang baik dengan perbuatan lain yang buruk. Mudah-mudahan Allah menerima taubat mereka, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Ambillah zakat dari harta mereka, untuk membersihkan dan menyucikan diri mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah menerima taubat hamba-hamba-Nya dan menerima zakat(nya), dan sesungguhnya Allah Dialah Sang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang?”

Selain menghapus dosa, taubat juga dapat mendatangkan keberkahan dan rezeki lainnya. Sebab, kamu jadi makin dekat dengan Allah SWT. Maka demikian, tak perlu ragu untuk bertaubat jika kamu merasa dekat dengan kezaliman dan kemaksiatan. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel