Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ayat Alquran tentang Larangan Zina yang Perlu Kamu Ketahui

Ayat Alquran tentang Larangan Zina yang Perlu Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 27 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Agama Islam melarang umatnya untuk melakukan zina. Seseorang yang melanggar perintah ini akan diberi siksaan yang begitu besar pada hari akhir nanti. Mengutip dari salah satu pengertian di Kamus Besar Bahasa Indonesia, zina adalah perbuatan bersanggama antara laki-laki yang tidak terikat hubungan perkawinan. Namun demikian, ada pula yang menyebut bahwa zina bukan hanya persetubuhan atau hubungan seksual, tapi semua aktivitas yang menuju kepadanya pun disebut dengan zina. 

Pinhome – Terdapat beberapa ayat larangan zina yang termuat dalam Al-quran. Dengan adanya ayat Alquran tentang zina, harapannya umat muslim dapat menjauhi perbuatan tercela ini. Berikut surat yang menjelaskan tentang zina yang perlu dipahami. 

Baca Juga: Sering Mendengar Kata Ghibah? Apa Pengertian Ghibah?

Ayat Larangan Zina

(Pixabay)

Ada sejumlah ayat Alquran tentang zina yang perlu Pins pahami maknanya. Sementara, untuk larangan zina sendiri termuat dalam surah Al-Israa ayat 5. Berikut bacaan suratnya: 

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk.”

Mengutip buku “Meraih Berkah dengan Menikah” karya M. Thobroni dan Aliyah A. Munir, ayat 32 dari surah Al-Isra ini menjelaskan larangan untuk berzina. Bahkan mendekatinya saja tidak diperbolehkan. Namun dalam ayat tersebut tak dijelaskan larangan untuk bergaul. 

Dalam surah An-Nur ayat 2, Allah SWT pun turut melarang seseorang yang mengasihani mereka yang berzina. Sebab, di mata Allah SWT perbuatan ini sungguhlah buruk dan tercela. Sebagaimana bunyi ayat berikut: 

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

Artinya: “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap satu dari keduanya dengan seratus kali deraan. Dan janganlah kamu belas kasihan kepada keduanya di dalam menjalankan (ketentuan) agama Allah yaitu jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhir. Dan hendaklah (dalam melaksanakan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman “.

Lalu, pada ayat berikutnya Allah SWT berfirman bahwa laki-laki yang beriman tidak boleh menikahi wanita yang telah berzina. Begitu pula sebaliknya.

الزَّانِي لَا يَنْكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ لَا يَنْكِحُهَا إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ ۚ وَحُرِّمَ ذَٰلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ

Artinya: “Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang beriman.” – QS An-Nur ayat 3. 

Baca Juga: Cara Masuk Surga Tanpa Hisab: Lakukan Amalan Ini!

Dosa Orang yang Berzina

(Pixabay)

Selain larangan terdapat pula surat yang menjelaskan tentang zina, khususnya pada dosa dan hukumannya. 

Dari Ubadah bin Shamit ra., Rasulullah SAW bersabda:

البكْر بالبِكْر جَلْدُ مائة ونَفْيُ سَنَة والثّيّبُ بالثّيّبِ ، جَلْدُ مائة والرّجْم

Artinya: “Perawan dengan perjaka (jika berzina) maka dicambuk 100 kali dan diasingkan setahun. Duda dengan janda (jika berzina) maka dicambuk 100 kali dan dirajam.” – HR Muslim.

Bahkan dalam hadis lainnya, Nabi Muhammad SAW menyebut bahwa banyaknya orang yang terlibat zina bisa menjadi tanda kiamat. 

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ، وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ، وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ، وَيَظْهَرَ الزِّنَا

Artinya: “Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat yaitu diangkatnya ilmu dan kebodohan nampak jelas, dan banyak yang minum khamar dan banyak orang berzina secara terang-terangan.” – HR Bukhari dan Muslim.

Rasulullah SAW bahkan mengataan bahwa seorang muslim yang berzina termasuk dalam golongan manusia yang dihindari oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda:

ثَـلَاثَةٌ لَا يُـكَـلّـِمُـهُمُ اللّٰـهُ يَوْمَ الْقِـيَـامَـةِ وَلَا يُـزَكّـِيْهِمْ (وَلَا يَـنْـظُـرُ إِلَيْهِمْ) وَلَـهُمْ عَـذَابٌ أَلِـيْمٌ: شَيْخٌ زَانٍ، وَمَـلِـكٌ كَـذَّابٌ ، وَعَائِـلٌ مُسْتَـكْبِـرٌ

Artinya: “Tiga (jenis manusia) yang tidak diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat dan tidak pula Allah menyucikan mereka dan tidak memandang kepada mereka, sedang bagi mereka siksa yang pedih, yaitu: laki-laki tua yang suka berzina, seorang raja pendusta dan orang miskin yang sombong.” HR Muslim. 

Selain dalam hadis, Allah SWT juga menjelaskan dosa dan hukumnya untuk mereka yang berzina. Berikut bacaan suratnya:

* وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا  يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا * إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya: “Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya). (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” – QS Al-Furqan ayat 68-70. 

Jika merujuk pada surah di atas, seorang yang berzina akan mendapatkan azab yang besar pada hari kiamat nanti. Namun dosa tersebut dapat dilebur jika semasa hidup ia bertobat, beriman, dan mengerjakan amal shalih. 

Mengingat dosa zina yang begitu besar, maka Pins harus menjauhinya. Sebab, selain ganjaran dari Allah SWT, mereka yang berzina bisa jadi dikucilkan pula dalam masyarakat. 

Yuk, kita sama-sama berdoa semoga dihindarkan dari zina dan perbuatan yang mendekatinya! Amin. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel