Pinhome

5 Ciri Ayam Bangkok Birma yang Bagus (Ayam Istimewa)

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 7 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Ayam bangkok birma punya ciri yang berbeda dengan ayam jenis lainnya. Ayam ini sangat bagus untuk dijadikan tipe aduan. Ayam jenis ini bisa menjadi yang termahal jika sering meraih kemenangan. Tentunya kualitas ayam bergantung dari perawatan ayam ini.

Ayam ini boleh dikatakan dapat mengimbangi ayam bangkok super dalam hal kualitas. Anda yang tertarik dengan ayam jenis bangkok birma sebaiknya memperhatikan ciri-cirinya. Jangan sampai Anda salah mengira ayam ini dengan jenis lainnya.

Karakteristik Bentuk Fisik Ayam Bangkok Birma

Harga-Ayam-Birma-Asli
(Hipwee)

Dari segi bentuk tubuh, ayam ini punya ciri khas tersendiri. Anda perlu mengenali ciri ayam jenis bangkok birma jika berniat untuk membelinya. Dengan demikian, Anda sudah pasti mendapat ayam yang berkualitas baik dan tidak salah pilih.

Berikut ini bentuk fisik ayam bangkok jenis birma yang perlu dikenali.

  1. Ukuran Badan

Ayam jenis ini punya kisaran bobot antara 2–2,5 kg, termasuk kecil jika digolongkan ke dalam tipe petarung. Beberapa orang menyilangkan jenis ini dengan ayam bangkok Thailand. Penyilangan ini menghasilkan ayam bangkok yang kekar serta berukuran lebih besar.

  1. Bentuk Wajah

Jika Anda amati wajah ayam ini, tampak bentuk yang tajam seakan membentuk garis lurus. Ukuran kepalanya lebih kecil dari jenis ayam dari Vietnam, wiring kuning, atau ayam mangon.

Ayam bangkok jenis birma punya ukuran telinga yang sedikit lebih besar dari jenis lainnya, tetapi paruhnya berukuran lebih kecil. Sebagian dari jenis ayam ini mempunyai gelambir yang terletak di bawah paruh.

  1. Mata

Apabila Anda amati, ayam bangkok jenis birma punya mata yang melotot. Bentuk mata tersebut membuat ayam ini terkesan angker, ganas, dan liar. Kesan ganas pada ayam ini bahkan melebihi kesangaran tipe tarung lainnya.

  1. Tulang Kaki

Kekuatan tulang kaki ayam ini merupakan kelemahannya. Tulang kakinya lebih kecil dan tipis dibanding jenis lainnya. Tulang ayam ini akan menjadi lebih keras saat umurnya mencapai 12–15 bulan.

  1. Bentuk Jengger

Ayam birma yang orisinal atau import biasanya memiliki bentuk jengger yang tegak dan mirip dengan tanduk pada ular. Bentuk ini mungkin akan berbeda pada ayam yang merupakan hasil dari persilangan.

Baca Juga: Semua Hal TentanG Anis Gunung

Warna yang Khas Pada Bagian Tubuhnya

cara merawat ayam bangkok birma
(Detik)

Ayam ini punya warna yang bisa menjadi pembeda dengan jenis lainnya. Ciri warna ini mungkin akan berbeda jika ayam sudah disilangkan dengan jenis lain.

Warna bulu dari ayam bangkok jenis birma berbeda dengan yang lainnya. Corak warnanya di dominasi warna abu-abu, merah, dan cokelat. Bentuk bulu dari ayam ini panjang dan tebal, sehingga kesannya sangat berwibawa.

Ayam jenis bangkok birma punya warna putih pada bagian telinga. Warna tersebut bisa menjadi salah satu ciri penting untuk menentukan keaslian ayam ini. Namun, ada kemungkinan tanda ini belum terlihat sepenuhnya pada ayam umur 2 bulan.

Baca Juga: Tips Memilih Sangkar Burung Cucak Hijau

Gaya Bertarung Ayam Bangkok yang Unik dan Berbeda

pakan ayam bangkok birma
(Bukalapak)

Quote:

Ayam birma punya cara bertarung yang khas, ayam ini mengandalkan kegesitan dalam pertarungan dengan ayam lain.

Kemampuan bertarung ayam ini sedikit unik dan punya perbedaan dibanding gaya bertarung jenis lainnya. Supaya Anda lebih memahaminya, simak pembahasan singkat dari gaya bertarung ayam jenis bangkok birma.

  • Cara Menyerang

Ayam bangkok jenis birma selalu menjaga jarak dengan lawannya ketika berada di area pertarungan. Jika ia akan diserang oleh lawan, ayam ini akan menyerang mendahului lawannya dengan menggunakan pukulan yang kuat.

  • Gerakan

Selama di area pertarungan, ayam akan bergerak ke segala arah. Ketika melihat ada peluang, ayam ini akan menyerang lawannya. Gerakan dari ayam tipe bangkok birma akan bergantung dengan gaya bertarung dari lawannya.

  • Pukulan

Ayam ini punya peluang jadi jawara karena kekuatan dan keakuratan pukulannya. Ayam bangkok tipe birma dapat memukul bagian mata, paruh atau kepala lawan dengan tepat sasaran. Kekuatan pukulan dari ayam ini sangat berbahaya, terlebih jika ia sudah memiliki taji.

  1. Kecepatan dan Kecerdikan

Dalam hal adu kecepatan, ayam tipe bangkok birma tidak akan kalah dengan lawannya. Ayam ini termasuk cerdik, sebab ia dapat mengimbangi bermacam gaya bertarung yang digunakan oleh tandingannya.

Kemampuan bertarung dari ayam bangkok tipe birma tentu tidak akan sempurna tanpa adanya latihan serta pemeliharaan yang benar. Makanan untuk hewan unggas tertentu ini mungkin sedikit berbeda dengan pakan ayam bangkok.

Pemberian pakan, pemeliharaan, dan latihan yang baik akan menjadikan ayam ini punya kemampuan bertarung yang memadai. Karena itu, Anda harus mengetahui cara merawat ayam ini dengan baik.

Baca Juga: Merpati Balap dan Semua Hal yang Harus Kamu Ketahui

Ciri Ayam Bangkok Birma yang Merupakan Hasil Persilangan

birma1
(Ayamtempur.org)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ayam ini pada dasarnya punya perawakan yang sedikit kecil. Supaya kemampuan dan kekuatan bertarungnya menjadi lebih baik, jenis birma yang asli biasanya disilangkan dengan ayam bangkok.

Hasil persilangan akan menjadikan ayam ini berperawakan lebih kokoh dan tangguh. Dengan begitu, beberapa kekurangannya dapat tertutupi. Berikut ini hasil dari persilangan jenis bangkok birma dengan ayam thailand.

  • Jika persentase perbandingannya lebih banyak (75% orisinal : 25% Thailand), ukuran ayam yang dihasilkan akan besar, tetapi bobotnya masih di bawah 3 kg.
  • Jika perbandingan pengawinannya seimbang (50% orisinal : 50% Thailand), hasilnya ayam akan berbobot 3 kg dengan tulang yang lebih kuat.
  • Jika persentasi perbandingannya lebih sedikit (25% orisinal-75% Thailand), ayam yang dihasilkan akan berbobot lebih dari 3 kg, serta lebih mirip dengan jenis Thailand pada umumnya.

Jika disimpulkan, ayam bangkok jenis birma memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis lainnya. Semoga pemaparan perbedaan ciri fisik dan gaya bertarung ayam tersebut di atas dapat memberikan infromasi yang bermanfaat bagi Pins.

Baca Juga: Cara Merawat Jalak Suren Mabung

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia