BlogLifestyleHobi4 Teknik Melatih Ayam Bangkok Aduan (Mutu Pemenang)
0
0

4 Teknik Melatih Ayam Bangkok Aduan (Mutu Pemenang)

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
ayam bangkok aduantop-right-banner

Ayam bangkok aduan merupakan jenis ayam yang memiliki bentuk tubuh bagus untuk dijadikan tipe petarung. Meskipun punya bentuk fisik yang tangguh, ayam bangkok tetap harus mendapat perawatan yang baik. Sama seperti ketika Pins membeli Rumah Ekslusif seperti Vasa Jagakarsa sebagai Perumahan di Kota Jakarta Selatan, kamu tentu harus merawatnya dengan baik agar kualitasnya terjaga.

Salah satu cara merawat ayam Bangkok adalah dengan menambahkan vitamin dalam makanannya. Selain itu, ayam bangkok harus dilatih agar bisa bertarung dengan baik. Jika sering menang, unggas unggulan milik Pins akan menjadi ayam bangkok super. Bukan tidak mungkin harga jual ayam pemenang akan menjadi yang termahal. Berikut beberapa caranya!

Trik Melatih Kekuatan Fisik Ayam Bangkok Aduan

cara merawat ayam bangkok aduan
Source : Kompasiana

Jenis ayam bangkok aduan harus punya fisik dan mental yang kuat sebelum memasuki arena tarung. Oleh karena itu, diperlukan latihan rutin. Adanya latihan akan membuat fisik ayam bangkok lebih siap untuk masuk laga. Berikut cara latihannya.

  • Latihan untuk Bagian Leher

Kelenturan leher ayam bangkok akan membuat gerakannya menjadi lebih lancar serta cekatan dalam menghindari serangan kepala dari lawan. Latihan otot leher menjadikan gerakan patukan ayam menjadi lebih terarah.

Otot leher dilatih dengan melakukan pijatan ke bagian leher ayam tiap pagi. Lakukan pemijatan yang mengarahkan kepala ayam ke kanan kemudian ke kiri. Lakukan gerakan secara perlahan sebanyak 30 kali. Kecepatan tangan sekitar 1 detik tiap gerakan.

  • Latihan untuk Badan

Badan menjadi kunci ayam bangkok super untuk bergerak dengan lebih leluasa. Latih gerakan badan ayam bangkok dengan senam ringan setiap paginya. Cara melakukannya, yakni dengan memutar tubuh ayam ke arah kanan dan kiri. Masukkan tangan Pins diantara celah sayap ayam. Gerakkan tubuh ayam sebanyak 30 kali mengarah ke samping kanan dan kiri.

  • Latihan untuk Kaki

Kaki menjadi senjata ayam bangkok aduan. Latihan kaki sudah jadi keharusan bagi ayam petarung. Caranya sederhana, Pins hanya perlu menggerakkan punggung ayam ke bawah lalu ke depan paling banyak 30 kali.

  • Latihan Sayap

Gerakan latihan ini memperkuat otot sayap ayam bangkok. Pergerakan dalam latihan ini akan membuat otot sayap ayam Pins makin lentur dan lincah saat digerakkan.

Pins bisa memulai latihan ini dengan mengangkat tubuh ayam tinggi-tinggi. Lalu, gunakan tangan kanan Pins untuk memegang dada ayam dari belakang. Selanjutnya, tangan kiri Pins memegang bagian pangkal ekor.

Setelah itu, lepaskan tangan kanan dan kiri dengan diarahkan turun ke bawah. Gerakan ini akan membuat ayam mengepakkan sayap sehingga ototnya jadi terlatih.

Baca Juga: Ayam Hutan Hijau: Ciri Fisik dan Cara Merawatnya

Cara Mengasah Kemampuan Pukulan Ayam Bangkok Aduan

jenis ayam bangkok aduan
Source : Hipwee

Ayam bangkok tidak bisa begitu saja dibiarkan bertarung, mereka perlu Pins latih biarpun berasal dari jenis wiring kuning yang berkualitas sekelas ayam import. Ayam harus tetap diajari cara bertarung. Berikut cara melatih pukulan ayam agar jitu:

  • Pembentukan Otot Kaki

Pembentukan kekuatan otot kaki bisa Pins lakukan dengan memberi beban pada kaki ayam dan membiarkannya bergerak. Pins juga bisa memasukkannya ke dalam kurungan yang pendek bersama ayam lain. Kondisi kurungan tersebut akan membuat ayam bergerak aktif. Apabila ayam sudah terlihat kecapekan, segera hentikan latihan. Asalkan dilakukan dengan rutin, latihan tersebut akan membuahkan hasil.

  • Melatih Kecepatan Pukulan

Kecepatan pukulan dari ayam bangkok bisa Pins asah dengan cara membuatnya berlari mengitari kurungan. Supaya ayam mau mengitari kurungan, masukkan betina atau pejantan lain dalam kurungan. Latihan ini bisa dilakukan 1–2 jam setiap harinya.

  • Latihan untuk Melompat

Lompatan akan membuat gerakan menghindar dan menyerang kepala lawan menjadi lebih cepat. Pins bisa melatih kemampuan lompatan ayam bangkok dengan menaruhnya dalam kandang beratap tinggi. Kemudian biarkan ayam melompat-lompat beberapa waktu.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Anak Ayam Bangkok yang Tepat (Kualitas Terbaik)

Kiat Melatih Ketahanan Ayam Bangkok Aduan agar Tahan Pukul

harga ayam bangkok aduan
Source : Unsplash

Gambar ayam bangkok di atas, menunjukkan ayam bangkok yang sedang bertarung. Ayam akan mengalami pukulan saat bertarung. Oleh karena itu, ayam harus dilatih untuk tahan terhadap pukulan. Caranya dengan membiasakan ayam latihan bertarung selama 15–20 menit.

Selain itu, kebugaran ayam bangkok juga harus Pins jaga. Pins bisa menggunakan ramuan sebagai tambahan makanan atau olesan badan. Berikut ini racikan yang bisa Pins gunakan.

  • Gunakan kunyit yang dihaluskan dengan campuran kapur dan air hangat untuk dioles ke badan ayam bangkok. Olesan tersebut berguna untuk mempertebal kulit ayam sehingga tahan terhadap pukulan saat beradu.
  • Tumbuh atau sobek kecil daun nangka tua, kemudian campur bersama pakan ayam. Ramuan tersebut akan membuat ayam lebih sehat.

Pembuatan racikan khusus sebagai tambahan makanan ayam bisa pula Pins berikan pada anak ayam bangkok yang sudah cukup umur. Dengan demikian, ayam tersebut bisa tumbuh kuat dan punya daya tahan yang bagus.

Latihan untuk Memperkuat Pernapasan Ayam Bangkok 

Kekuatan napas menjadi modal utama bagi ayam petarung karena menunjukkan stamina yang bagus. Pernapasan yang kuat dan panjang akan menjadikan ayam bangkok lebih tahan bertarung lama. Hal ini dapat membuat ayam bangkok Anda menjadi juara. Berikut ini beberapa cara melatihnya.

  • Latihan Berenang

Latihan renang sangat baik untuk melatih kekuatan otot di seluruh tubuh ayam bangkok Pins. Latihan ini juga membuat napas ayam bangkok menjadi lebih kuat.

  • Latihan Bertarung di Bawah Sinar Matahari

Ayam bangkok yang dilatih beradu saat terik matahari akan lebih berdaya tahan dan punya stamina yang bagus. Cuaca panas akan mendorong ayam Pins berlatih pernapasan. Sebelum latihan ini dilakukan, persiapkan ayam Pins dengan baik.

  • Melatih Kecepatan Napas dengan Berlari

Latihan berlari jelas akan memacu napas ayam bangkok Pins. Makin lama ketahanan larinya, makin bagus pula pernapasan ayam Pins. Hal ini bisa menjadikan ayam bangkok Pins istimewa.

Itulah beberapa cara untuk melatih ayam bangkok aduan yang bisa Pins aplikasikan dengan mudah di rumah. Sekarang, ayam bangkok milik Pins sudah siap bertarung!

Baca Juga: 5 Tahap Pemberian Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Umur

Featured image source: Pertanianku


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download