Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Atasi Sesak Karena Biaya Bangun Rumah yang Meningkat

Finansial

Atasi Sesak Karena Biaya Bangun Rumah yang Meningkat

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tak bisa dipungkiri lagi, gairah kesenangan dalam memiliki rumah pribadi dan sesuai impian bisa membutakan mata akan biaya yang harus dibayar setelah itu. Akan tetapi, dengan cara yang cukup cerdas, anda bisa terhindar dari jurang hutang yang terlalu dalam. Kontrol diri adalah faktor utama dalam pemangkasan anggaran biaya yang cukup membengkak. Dengan kemampuan kontrol diri yang kuat, anda bisa terhindar dari permasalahan finansial yang bekerja seperti hantu yang meneror anda secara terus-menerus. Lalu, apakah langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan rumah tersebut?

Persiapan Biaya tak Terduga

Dalam pembuatan anggaran dana, ada baiknya jika anda mempersiapkan anggaran untuk kebutuhan tak terduga. Sekuat-kuatnya anda mengontrol diri, terkadang pertahanan tersebut jebol juga. Oleh sebab itu, gunakan alokasi dana yang telah tersedia untuk 5-10% anggaran tak terduga.

Perencanaan yang Matang

Semakin matang dan mantap perencanaan yang anda buat, semakin hemat biaya yang akan anda keluarkan nanti. Pastikan anda sudah membuat denah rumah yang jelas sehingga para pekerja bangunan bisa memahami konsep rumah yang anda inginkan. Selain itu, pastikan kebutuhan perabot rumah pun dicatat secara terperinci agar bisa membantu anda dalam membelanjakan anggaran dana sesuai rencana. Semakin detail dan teliti, semakin bagus dan hemat hasilnya.

Tentukan bahan material yang akan digunakan

Memang, untuk mendapatkan biaya bangun rumah yang sekecil-kecilnya, anda harus mempersiapkan bahan material yang digunakan secara terinci. Hal ini mengurangi kesalahan akibat ketidakcocokan material bangunan dengan denah rumah yang diinginkan. Oleh sebab itu, dengan penentuan bahan material yang lebih spesifik, kekhawatiran anda dengan pembengkakan biaya bisa  terobati.

Berganti order

Begitulah sifat manusa, terkadang meski kita sudah menetapkan dengan jelas apa yang kita inginkan pada proyek rumah yang sedang dibangun, kita masih saja tergoda untuk memperoleh barang-barang lain yang tidak sesuai dengan perencanaan. Hindari hal tersebut. Untuk meminimalisir pembengkakan anggaran dana, anda harus lebih konsisten pada perencanaan semula. Dan, berganti-ganti order karena saat itu anda menemukan peralatan atau material yang lebih baik bisa meningkatkan potensi pembengkakan biaya pengeluaran. Oleh sebab itu, tak ada kata lain selain harus lebih konsisten dalam perencanaan yang sudah ditetapkan.

Pengawasan

Hal ini sangat penting sekali untuk dilakukan. Dengan berjalannya pengawasan tersebut, tak ada lagi kasus pelencengan yang menjauh dari apa yang sudah ditetapkan. Jika ingin aman dari jurang hutang. Sikap konsisten adalah jawabannya. Jadi kontrol diri dan rajin mengawasi proyek pembangunan untuk menyaksikan keserasian antara perencanaan dan pelaksanaan memungkinkan proyek tersebut terlaksana dan sesuai budget yang sudah ditentukan.

Denah Rumah yang Proporsional

Agar bisa menghemat pengeluaran agar tidak terlalu membengkak. Denah rumah harus dibuat secara proporsional dan sesuai dengan perencanaan yang tepat

Beberapa hal diatas adalah faktor utama yang bisa dilakukan jika anda ingin melakukan penghematan besar-besaran agar tidak terjebak dalam jurang hutang yang dalam. denah rumah adalah apa yang anda inginkan untuk bisa memperoleh gambaran nyata akan konsep rumah yang didamba.

Tags :

Bagikan Artikel