Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Arti Skala 1:100 pada Gambar Desain Bangunan

Arti Skala 1:100 pada Gambar Desain Bangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 10 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Saat melihat sebuah gambar bangunan, Pins akan membaca sebuah keterangan yang memberitahukan adanya skala pada gambar bangunan atau gambar rumah tersebut. Seperti skala 1:100 pada gambar denah rumah, lalu sebenarnya apa arti skala gambar bangunan tersebut? 

Gambar rumah adalah gambar teknik yang dibuat dengan ukuran sesuai dengan bentuk bangunan sesungguhnya. Perbedaanya adalah terjadi pengecilan menyesuaikan ukuran kertas yang digunakan sebagai media menggambar rumah, atau pembesaran untuk memperlihatkan detail-detail bangunan kecil yang rumit.

Untuk memperbesar dan memperkecil inilah kita memerlukan sebuah pedoman skala, dengan menetapkan sebuah skala yang dipakai maka satu kesatuan gambar mengikuti aturan skala tersebut.

Baca juga: Cara Membaca Skala Denah Rumah Untuk Pemula

Contoh gambar denah rumah yang mempunyai skala 1:100

Arti Skala 1:100
(Arsitag.com)

Arti skala 1:100 adalah setiap 1 cm yang tergambar mewakili 100 cm pada ukuran bangunan sesungguhnya, misalnya dinding ruang tamu lebar 1 m = 100 cm maka dalam gambar 1:100 ukuranya adalah 1 cm.

Selain itu juga ada berbagai macam ukuran skala yang sering digunakan pada gambar bangunan menyesuaikan ukuran kertas dan besarnya bangunan yang akan didesain.Berikut ini macam-macam skala dan penggunaan jenis gambar pemakainya:

Baca juga: Jenis Kusen Rumah Beserta Keunggulannya

Skala 1 : 100

Artinya setiap 1 cm mewakili 100 cm digunakan pada gambar denah rumah, tampak depan atau samping rumah, denah atap, denah pola lantai, denah pondasi, gambar shop drawing pelaksanaan dll.

Baca juga: Cara Membuat Garage Sale Sendiri di Rumah

Skala 1 : 1000

Sering digunakan untuk menggambarkan objek yang besar seperti peta kontur tanah, gedung bertingkat tinggi dll.

Skala 1:20

Digunakan pada gambar detail bangunan seperti gambar detail pondasi, detail pintu dan jendela, detail sanitair dll.

Skala 1:5

Digunakan untuk gambar yang membutuhkan detail lebih teliti seperti sambungan besi struktur, detail furniture, detail instalasi listrik dll.

Selain itu juga ada skala 1:1, 1:2, 1:4, 1:5, 1:10,1:15,1:20, 1:25, 1:30, 1: 40 , 1: 50, 1:60, 1: 80, 1:100, 1:200 dst.

Ukuran skala tersebut akan sangat diperhitungkan ketika kegiatan menggambar teknik bangunan menggunakan cara manual. Bisa menggunakan bantuan kalkulator untuk menghitung setiap panjang bangunan yang akan digambarkan.

Sedangkan menggambar dengan software Autocad bisa langsung dengan skala 1:1 tanpa menghitung terlebih dahulu. Kemudian jika ingin menjadikannya dengan skala tertentu maka dapat diatur pada saat proses cetak kertas saja.

Baca juga:

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel