Pinhome

Apa Arti Minal Aidin Wal Faidzin Beserta Maknanya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 4 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Idul Fitri menjadi momen penting yang paling ditunggu oleh kebanyakan umat muslim di dunia. Saat perayaan hari besar ini, kita dapat menikmati beragam hidangan khas yang lezat serta sembari bersilaturahmi dengan saudara dan kerabat dekat. Bicara soal silaturahmi saat Idulfitri, ada satu kalimat yang kerap diucapkan oleh umat muslim. Kalimat tersebut ialah minal aidin wal faizin. Lalu, apa arti minal aidin wal faidzin?

Pinhome – Walau sering diucapkan saat Lebaran, sayangnya banyak umat muslim yang belum tahu apa arti minal aidin wal faidzin ini. Untuk mengetahui artinya, Pins dapat membaca ulasan berikut. Dalam ulasan ini, dijelaskan pula makna minal aidin wal faizin. Yuk, langsung simak penjelasannya. 

Arti atau Makna Minal Aidin Wal Faizin

(Pexels)

Banyak umat muslim di Indonesia yang masih salah kaprah dengan makna minal aidin wal faizin. Kalimat ini kerap diartikan sebagai ‘selamat lebaran’, padahal makna sesungguhnya bukanlah demikian. 

Sebetulnya minal aidin wal faizin ialah potongan dari ungkapan doa. Bacaan lengkapnya yaitu, ja’alanallahu minal aidin wal faizin. Ungkapan ini memiliki arti,  “semoga kita termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”.

Lalu, maksud lengkapnya dari ungkapan tersebut yaitu doa atau harapan supaya kita termasuk dalam golongan orang yang kembali suci, setelah sebulan menjalankan ibadah di bulan Ramadan. 

Baca Juga: Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Manfaat Dan Waktu Pengucapan Yang Tepat

Perbedaan Minal Aidin Wal Faizin dan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

arti minal aidin wal faidzin
(Pexels)

Setelah mengetahui apa arti minal aidin wal faidzin, Pins agaknya perlu tahu juga perbedaannya dengan taqabbalallahu minna wa minkum. Meski sama-sama diucapkan saat Idul Fitri tapi keduanya sebetulnya ialah kalimat yang berbeda. Untuk itu, ketahui maknanya agar tidak keliru dalam penggunaannya. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makna minal aidin wal faizin ialah “semoga kita termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”. Sementara, taqabbalallahu minna wa minkum berarti “semoga Allah SWT menerima amalan aku dan kamu.”

Ungkapan taqabbalallahu minna wa minkum pun sebetulnya juga potongan. Bacaan lengkapnya ialah taqabbalallahu minna wa minkum  bila diucapkan secara lengkap yaitu taqabbal yaa kariim, wa ja’alanallahu wa iyyaakum minal ‘aidin wal faaiziin.” Atau dapat pula ditambahkan dengan “wal maqbulin kullu aamin wa antum bi khair.”

Dalam penggunaannya, sebetulnya ungkapan minal aidin wal faidzin dan taqabbalallahu minna wa minkum ini boleh digabungkan. Jika digabungkan, maka akan menjadi:

Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim, wa ja’alanallahu wa iyyaakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin kullu ‘aamin wa antum bi khair”

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan.”

Bila Pins mendengarkan atau diucapkan kalimat di atas, maka jawablah dengan kalimat yang sama. Hal ini sesuai dengan anjuran yang dituliskan pada  kitab Fathul Bari karya Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani.

Baca Juga: Doa Niat Puasa Syawal Hingga Bacaan Buka Puasa Syawal Lengkap Dengan Artinya

Ucapan Selamat Lebaran Selain Minal Aidin Wal Faizin dan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

arti minal aidin wal faidzin
(Pexels)

Selain minal aidin wal faidzin dan taqabbalallahu minna wa minkum, Pins juga dapat mengucapkan kalimat lainnya. Berikut beberapa di antaranya:

  • عيدكم مبارك

Arab latin: Lidukum Mubaro

Artinya: “Semoga hari rayanya penuh dg keberkahan.”

  • عيدكم سعيد

Arab latin: Lidukum Sa’iid

Artinya: “Semoga hari rayanya penuh dg kebahagiaan.”

  • تقبل الله طاعتكم

Arab latin: Taqaballahu Thoai Atakum

Artinya: “Semoga Allah terima amal ketaatannya.”

Di antara tiga kalimat di atas, Pins juga dapat menyisipkan ucapan mohon maaf lahir dan batin ataupun minal aidin wal faizin. Sebab, maksud dari kalimat tersebut yakni mengingatkan untuk saling memaafkan. Dengan demikian, harapannya silaturahmi bisa terjaga dan atau lebih erat. 

Sejarah Halal Bihalal di Indonesia

arti minal aidin wal faidzin
(Pexels)

Ungkapan minal aidin wal faizin ini biasa diucapkan saat Lebaran, khususnya ketika halal bihalal atau silaturahmi. Walau istilah halal bihalal berasal dari bahasa Arab, tapi di sana justru tidak memaknai esensi dari halal bihalal ini. 

Justru tradisi halal bihalal ialah kebiasaan atau tradisi khas yang dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia. Khususnya oleh umat muslim itu sendiri. 

Nah, ternyata, pencetus dari halal bihalal ialah KH Wahab Chabullah, tokoh Nahdlatul Ulama atau NU. Istilah ini mulanya muncul sekitar pertengahan Ramadan tahun 1948. 

Kala itu, Presiden Soekarno tengah mengalami permasalah disintegrasi bangsa yang memanas akibat pasca-pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dan PKI di Madiun.

Akibat situasi pelik tersebut, para elit politik menjadi saling bertengkar dan tidak mau berdiskusi bersama untuk mencari solusi. Akhirnya, KH Wahab Chasbullah meminta pendapat Bung Karno dan menyarankan untuk menggelar acara silaturahmi untuk elit politik dengan memanfaatkan momen Idulfitri.

Walau sebetulnya Bung Karno sepakat dengan usulan tersebut, tapi beliau merasa kurang cocok dengan penggunaan kata silaturahmi. Menurutnya, istilah tersebut terlalu biasa dan perlu diubah agar pertemuan yang digelar nantinya menjadi momen yang mengena dan berkesan. 

Oleh karena itu, KH Wahab Chasbullah mencoba menceritakan sebuah alur pemikiran yang menjadi kunci penemuan ungkapan ‘halal bihalal’. Mulanya, beliau menjelaskan situasi elit politik yang saling serang dan menyalahkan ialah haram hukumnya.

Lalu, beliau menyebutkan ungkapan halal bihalal sebagai cara untuk ‘menghalal’ atau mendamaikan perseteruan tersebut. Cara yang bisa dilakukan yakni elit politik harus duduk, berbincang satu sama lain, saling memaafkan, dan menghalalkan. 

Namun, sebelum ungkapan halal bihalal, KH Wahab Chasbullah menyebut acara itu sebagai ‘Thalabu halal bi thariqin halal’. Maksudnya ialah mencari penyelesaian masalah dan atau keharmonisan hubungan dengan cara saling memaafkan.

Bung Karno pun lalu menerima dengan baik ususlan tersebut. Lantas, saat Idulfitri tiba, ia mengundang seluruh elit politik untuk mengikuti acara halal bihalal

Kini acara halal bihalal dimaknai dengan lebih luas. Kemudian, masyarakat pun mulai menggunakan istilah ini untuk menyebut acara silaturahmi saat lebaran. 


Nah, itu tadi penjelasan mengenai makna minal aidin wal faizin serta penggunaannya. Semoga dengan adanya ulasan ini, Pins tidak keliru saat mengucapkannya. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pribadi dan Struktur Penulisannya

Ada dua macam surat yang jamak ditemukan, yaitu surat resmi dan tidak resmi. Surat tidak resmi seri

Kamar Tidur
Kamar Tidur Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap

Jangan anggap sepele peran ventilasi kamar tidur minimalis karena bisa menentukan kualitas udara ya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Rekomendasi Keramik Dinding Teras Rumah Minimalis yang Kekinian

Bosan dengan dinding yang polos di bagian depan rumah? Keramik dinding teras rumah minimalis bisa j

Kamar Tidur
Kamar Tidur Inspirasi Tempat Tidur Lipat Untuk Kamar Mungil

Luas kamar tidur akan mempengaruhi pilihan furniture yang digunakan. Termasuk didalamnya ukuran tem

Kamar Tidur
Kamar Tidur Desain Kamar Tidur Bayi Yang Lucu Namun Tetap Nyaman

Menunggu kelahiran buah hati ke dunia adalah masa-masa penuh mendebarkan. Selain menyiapkan perleng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia