Arti penting belajar sejarah dan perannya dalam masyarakat

Diperbarui oleh ∙ October 17, 2022 ∙ 4 menit membaca

Arti penting belajar sejarah – Belajar sejarah mempunyai manfaat sangat besar dalam kehidupan suatu masyarakat atau bangsa. Suatu masyarakat atau bangsa akan dapat mengenal bagaimana kehidupan masyarakat atau bangsa terdahulu.

Sejarah dapat memberikan gambaran dan menjadi pedoman bagi suatu bangsa untuk melangkah pada kehidupannya di masa kini dan masa yang akan datang. Oleh karena itu, setiap masyarakat atau bangsa di dunia memiliki sejarahnya masing-masing, walaupun tidak semua masyarakat atau bangsa meninggalkan peninggalan secara tertulis yang sampai pada generasi penerusnya.

Dengan demikian, pelajaran sejarah menjadi sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Bahkan setiap bangsa berusaha untuk menggali sumber-sumber sejarah dengan tujuan mengetahui kehidupan bangsanya di masa lampau.

Bagan kesadaran sejarah

Bagan kesadaran sejarah
Bagan kesadaran sejarah

Arti penting sejarah

Setiap bangsa di muka bumi ini memiliki sejarahnya sendiri. Namun hanya sebagian kecil saja dari seluruh bangsa di muka bumi ini yang mengerti dan memahami sejarahnya. Oleh karena itu, kesadaran sejarah pada suatu masyarakat hendaknya mendapat perhatian, sehingga masing-masing individu dalam suatu masyarakat sadar dan memahami perjalanan sejarahnya sendiri.

Kesadaran sejarah merupakan suatu dimensi historis. Dimensi itu memuat konsepsi waktu yang sesungguhnya hanya dimiliki oleh manusia yang berbudaya. Alasanya, hanya manusia yang berbudayalah yang dapat mengenal waktu, baik waktu yang obyektif maupun subyektif.

Waktu yang obyektif adalah waktu yang dapat disadari bersama dan diakui oleh orang lain. Sedangkan waktu subyektif adalah waktu yang bersifat internal dan dipengaruhi oleh emosi.

Disamping itu, waktu merupakan penghubung terjadinya suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya yang tidak hanya dialami oleh seseorang tetapi juga dialami oleh orang lain secara obyektif dan artinya terdapat di dalam kerangka kesadaran waktu.

Kesadaran sejarah dapat dialami secara perseorangan yang tercermin dalam memori. Namun, yang lebih penting adalah kesadaran sejarah bersifat kolektif (kelompok), yaitu : suatu bentuk pengelaman bersama suatu masyarakat sebagai ungkapan reaksi mereka kepada situasi, baik suatu kebudayaan, politik maupun ekonomi pada masa satu ke masa lain.

Hal ini merupakan salah satu kesadaran yang secara kumulatif ada di dalam ingatan masyarakat secara kolektif. Kesadaran sejarah seperti itu terdapat dalam tiap masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.

Misalnya pertumbuhan bangsa Indonesia merupakan produk dari pengalaman masyarakat Indonesia sendiri di masa lampau yang kemudian menciptakan situasi kebersamaan dalam meraih tujuan bangsa, yaitu bangsa Indonesia merdeka.

Peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dialami oleh suatu masyarakat atau bangsa di masa lampau merupakan pengalaman sejarah yang sangat penting dan berharga bagi bangsa tersebut. Bahkan tokoh-tokoh masyarakat menganjurkan kepada kita untuk belajar dari masa lalu, agar dapat menyongsong keberhasilan di masa kemudian hari.

Atau lebih jelasnya, agar suatu bangsa terus belajar dari sejarah masa lalunya agar dapat menentukan langkah perjalanan bangsa dikemudian hari.

Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno atau akrab disebut Bung Karno dalam salah satu pidatonya berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia agar \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Jangan sekali-sekali melupakan sejarah\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”, dan selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Jas Merah\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”.

Dengan demikian, sejarah memiliki arti yang yang sangat penting dalam kehidupan sebuah bangsa dan negara, karena peristiwa sejarah yang telah terjdi pada masa lampau dari sebuah bangsa itu akan dapat menjadi suatu pedoman atau pegangan hidup dari bangsa tersebut di masa sekarang dan masa depan.

Peran sejarah dalam kehidupan masyarakat

Sejarah sebagai ilmu mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi sejak adanya manusia hingga sekarang ini. Sejarah mencatat berbagai peristiwa dari satu masa ke masa lainnya dan menyebabkan perannya menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, sejarah dapat menjadi penghubung dari generasi sekarang dengan generasi terdahulu. Melalui berbagai tulisan sejarah, generasi sekarang dapat mengetahui dan memahami berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau, sehingga generasi sekarang dapat menentukan sikap dan langkah-langkah kehidupannya menuju masa depan.

Misalnya, sejak diberikan pendidikan Sejarah Nasional pada sekolah-sekolah di zaman Pergerakan Nasional Indonesia, bangsa Indonesia mulai menyadari keberadaannya sebagai sebuah bangsa yang ditindas oleh bangsa penjajah.

Pengetahuan mengenai kejayaan yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia di masa lampau, sebelum datangnya bangsa-bangsa Eropa (Barat) ke Indonesia akan memberikan dorongan untuk berjuang mencapai tujuannya, yaitu membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan.

Kejayaan masa lampau juga akan selalu menjadi pedoman perjuangan agar kejayaan yang pernah dialaminya juga dapat dicapai di masa kini. Suatu pertanyaan yang hendaknya dipahami oleh setiap unsur bangsa Indonesia yaitu \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Mengapa pada masa lampau bangsa Indonesia pernah mengalami kejayaan?\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” dan \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Mengapa pada masa kini (zaman kolonial Belanda) bangsa Indonesia tidak bisa mencapai kejayaan?\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Pertanyaan tersebut memberi dorongan dan semangat kepada bangsa Indonesia untuk berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan kolonial Eropa. Hal ini merupakan perwujudan pemahaman sejarah dari bangsa Indonesia.

Dengan memahami sejarah, bangsa Indonesia dapat mengetahui keberadaan bangsanya pada masa lampau. Dengan demikian, sejarah memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan suatu masyarakat.

PDF

Video

Baca juga:

Demikian Arti penting belajar sejarah dan perannya dalam masyarakat, semoga menjadi catatan pembelajaran tentang sejarah.

Topik: Ilmu Sejarah

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman

Finansial
Finansial Cicilan DP Rumah Sebaiknya ke Developer atau Bank Ya?

Sekarang, bank bukan lagi menjadi satu-satunya tempat yang menawarkan uang muka tanpa bunga atau ci

Finansial
Finansial Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan untuk KPR BTN

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan seti

Gadget
Gadget 9 Cara Membuat PowerPoint di HP, Lengkap dan Mudah

Membuat presentasi dadakan akan sangat mudah jika dilakukan lewat HP. Hal ini dapat dilakukan tanpa

Finansial
Finansial Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Cara KPR rumah bekas tanpa DP kini jadi incaran karena bisa jadi pilihan tepat untuk mereka yang in

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia