Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Aquaponik Sederhana untuk Menanam Tanaman dan Peliharaan Ikan di Teras Rumah

Hobi

Aquaponik Sederhana untuk Menanam Tanaman dan Peliharaan Ikan di Teras Rumah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 14 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Memelihara flora dan fauna di rumah memang hal yang sangat menyenangkan. Tidak heran banyak orang yang memiliki banyak sekali tanaman bahkan peliharaan di rumah. Apakah Pins juga suka untuk memelihara tanaman dan binatang? Jika ya, Pins harus mencoba melakukan keduanya sekaligus. Karena saat ini memelihara tanaman dan hewan bukanlah hal yang tidak mungkin. Hal ini disebut juga dengan sistem aquaponik. 

Pinhome – Ya, ini adalah sistem pertanian yang menggabungkan antara akuakultur dengan hidroponik atau menggabungkan budidaya hewan air dengan tanaman menggunakan media air. Jadi Pins bisa menanam tanaman sambil memelihara hewan air secara bersamaan. 

Hal ini tentu lebih efektif dan efisien mengingat menggunakan satu tempat pemeliharaan pada media tanam. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Mengenal Apa Itu Aquaponik

(Pinterest)

Jika Pins suka sekali menanam tanaman sayuran ataupun memelihara hewan, sistem ini bisa kamu terapkan sebagai kegiatan yang menyenangkan. Dengan menggunakan sistem ini kamu bisa menanam berbagai macam tanaman dengan media tanam aquaponik yaitu air. 

Pins bisa menanam selada, cabai, sawi dan masih banyak lagi. Karena media tanam sistem ini berupa air, kamu jadi bisa memelihara ikan atau hewan air lainnya secara bersamaan pada media tanam. Oleh karena itu sistem ini disebut-sebut sebagai sistem yang sangat efektif dan efisien.

Manfaat Aquaponik

(Pinterest)

Sistem tanam ini memiliki manfaat lho jika dibandingkan dengan sistem tanam lainnya. Adapun manfaat dari sistem pertanian ini adalah penggunaan air yang lebih hemat dibandingkan dengan budidaya tanaman menggunakan media tanam tanah. Selain itu dengan menggunakan sistem ini, kamu dapat mengaplikasikannya di rumah. Jadi Pins bisa memenuhi kebutuhan sayur-mayur di rumah tanpa harus membeli.

Tidak hanya itu, sistem ini juga lebih hemat lahan jika dibandingkan dengan media tanam tanah karena bisa disatukan dengan dengan memelihara hewan air. Sistem ini juga bisa diletakkan di dalam ruangan dengan pencahayaan khusus sehingga tanaman bisa terus tumbuh. 

Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ikan hanya mengambil 40%-50% gizi makanan yang dimakan dan sisanya akan dibuang melalui kotoran. Kotoran ikan inilah yang akan menjadi pupuk alami dan bisa menyuburkan tanaman.

Baca juga: Tanaman Sayur Paling Cocok di Rumah

Membuat Aquaponik Sederhana

(Pinterest)

Sistem yang satu ini memang sangat unik dan memudahkan pecinta tanaman dan hewan dalam memelihara keduanya secara bersamaan. Jika Pins tertarik, berikut cara membuat aquaponok sederhana.

Siapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membuat aquaponik sederhana adalah dengan menyiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang Pins butuhkan berupa:

  • Paralon
  • Pot tanaman atau botol bekas
  • Busa filter
  • Sumbu kompor atau kain bekas yang akan digunakan sebagai resapan
  • Pompa aquarium

Buat Wadah untuk Ikan dan Tanaman

Jika semua alat dan bahan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat wadah untuk ikan dan tanaman. Jika kamu memiliki kolam ikan, Pins bisa menggunakannya sebagai wadah. Lalu kamu bisa menggunakan paralon sebagai wadah tanaman. Dilihat dari alat dan bahan yang digunakan saja tidak terlalu banyak, jadi pembuatan sistem ini memang cukup mudah.

Pertama, kamu harus membuat beberapa lubang pada bagian atas paralon sesuai dengan jumlah dan ukuran pot tanaman atau botol bekas yang aman menjadi tempat tanaman. Jika sudah selesai, kamu bisa membuat lubang kecil di bagian ujung paralon yang berfungsi sebagai tempat aliran air ke dalam kolam ikan.

Siapkan Pot Tanaman

(Pinterest)

Jika sudah menyiapkan paralon, Pins bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu menyiapkan pot tanaman. Hal yang kamu harus lakukan pada tahap ini adalah melubangi pot atau botol bekas yang akan dijadikan tempat tanaman. Hal ini supaya membuat air masuk ke dalam tempat tanaman. 

Jika sudah dilubangi, jangan lupa untuk memasukkan sumbu kompor atau kain bekas berukuran kecil sebagai resapan air. Setelah itu baru masukkan tanaman ke dalam pot atau botol bekas yang telah dilubangi. Adapun tanaman yang bisa kamu tanam dengan sistem ini adalah tomat, selada, kemangi, buncis, paprika, kacang polong hingga stroberi.

Baca juga: Tips Mudah Membuat Taman Tanaman Hidroponik Di Rumah untuk Anda yang Ingin Berkebun

Pasang Instalasi Pompa Air Aquarium

Tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan dalam pembuatan sistem ini adalah memasang instalasi pompa air aquarium. Pemasangan pompa air ini berfungsi supaya air dari kolam ikan dapat masuk ke dalam pipa paralon tanaman yang kemudian nantinya akan kembali lagi ke kolam ikan melalui lubang pipa.

Masukkan Ikan ke Dalam Kolam

(Pinterest)

Jika seluruh tahap sudah kamu lakukan, maka tahap akhir adalah memasukkan ikan ke dalam kolam. Adapun ikan yang biasa digunakan dalam sistem ini adalah ikan lele, ikan mas, ikan patin atau koi. Supaya kedua peliharaan ini dapat hidup dengan sehat, Pins harus rajin-rajin memberikan nutrisi baik bagi tanaman maupun ikan. 

Itulah informasi mengenai apa itu aquaponik, manfaat serta cara membuatnya. Semoga dengan ulasan di atas bisa menginspirasi kamu untuk mengaplikasikan sistem pertanian ini di rumah. Bukan tanpa alasan, hal ini supaya kebutuhan sayur-mayur bisa terpenuhi tanpa harus membeli dan telah terjamin kualitasnya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel