BlogLifestyleTeknologi11 Aplikasi Untuk Membuat Flowchart Terbaik
0
0

11 Aplikasi Untuk Membuat Flowchart Terbaik

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 22, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam dunia bisnis saat ini, merupakan tugas rutin bagi manajer proyek atau produk untuk membuat wireframe, diagram, dan lain sebagainya. Karena aplikasi untuk membuat flowchart lebih memudahkan pemahaman saat rapat. 

Seiring berkembangnya teknologi dan internet, banyak alat dan aplikasi berbasis web telah memudahkan untuk merancang, mengedit, dan memproduksi diagram alur, wireframe, diagram, dan bagan organisasi dengan cara yang mudah digunakan. Alat-alat ini memberikan gambaran proses yang jelas melalui presentasi grafik dan menghemat waktu pada saat yang bersamaan. Tapi hati-hati juga karena kamu harus jeli jangan sampai salah karena tools yang Pins gunakan bisa membingungkan. 

Pins perlu membiasakan diri menggunakan flowchart untuk menggambarkan alur atau proses kerja. Ternyata ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kamu membuat flowchart

Pada dasarnya flowchart adalah gambaran langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan suatu output, flowchart disebut juga dengan diagram atau diagram alur. Nah, artikel kali ini akan membahas rekomendasi aplikasi untuk membuat flowchart terbaik yang bisa Pins gunakan untuk presentasi ketika sedang meeting. Apa saja rekomendasinya, yuk kita cek bersama-sama!

Baca juga: 18 Rekomendasi Aplikasi wallpaper Bergerak Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Flowchart

Flowchart alias diagram alir merupakan tools penting dalam suatu pekerjaan. Termasuk ketika Pins sedang merencanakan proyek dan diharuskan mempresentasikannya. Mengemas konsep dalam bentuk flowchart akan membantu kamu menjelaskan secara detail dan terstruktur.

Nah, kini Pins tidak perlu repot-repot menggambar diagram alir secara manual. Sebab, telah tersedia aplikasi untuk membuat flowchart yang bisa diakses di semua gawai baik dari PC maupun smartphone. Cukup pilih template yang tersedia dan ketikkan tahapan sesuai kebutuhan.

Diagram Ring

Source : support.ring.com

Aplikasi pembuat flowchart yang pertama yaitu ada Diagram Ring. Diagram Ring adalah aplikasi yang memungkinkan Pins membuat diagram secara gratis, seperti diagram cincin, diagram batang, diagram kelas, diagram kasus, diagram alur, dan lainnya. 

Dengan Diagram Ring, membuat flowchart atau diagram alir menjadi mudah karena aplikasi ini memiliki dua mode yaitu mode pemilihan dan mode koneksi. Mode pemilihan memungkinkan Pins menambahkan beberapa bentuk berbeda ke bagan alur atau diagram, sedangkan mode koneksi dapat membantu pengguna aplikasi menghubungkan bentuk yang dipilih dengan garis. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk dengan bebas mengubah atau mengatur font grafik secara bebas.

Microsoft Visio

Source : wikipedia.org

Microsoft Visio adalah aplikasi pembuatan flowchart populer untuk membuat diagram alur. Dibuat oleh Microsoft, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat bagan alir atau flowchart, diagram, bagan organisasi, denah rumah dan lain sebagainya. 

Aplikasi ini memungkinkan anggota tim untuk mengerjakan grafik secara bersamaan. Hal ini karena pengguna Microsoft Visio dapat menautkan diagram dan data yang mereka buat ke data real-time sehingga setiap perubahan pada data yang mendasari tercermin dalam  format bentuk yang mereka gunakan. 

Microsoft Visio memiliki versi web yang dapat digunakan di browser apa saja kapan saja. Dalam hal fungsi dan fitur, Microsoft Visio hadir dengan sejumlah besar diagram dan template grafik. Hal ini sangat berguna karena pengguna aplikasi memiliki banyak pilihan grafik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Dia Diagram Editor

Source : Ubunlog

Dia Diagram Editor adalah aplikasi pembuatan flowchart di laptop Pins yang dapat kamu unduh. Tentunya bagi yang sudah sering menggunakan software membuat flowchart sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Meskipun tergolong aplikasi yang cukup lawas, namun aplikasi pembuat flowchart ini memiliki tampilan yang cukup sederhana yang dapat dengan mudah dipahami oleh pemula. 

Aplikasi pembuat flowchart ini dapat digunakan di laptop Windows, Mac OS dan Linux. Terinspirasi dari Microsoft Vision, aplikasi ini disebut-sebut sebagai aplikasi pertama yang  membuat flowchart di laptop. Dia Diagram Editor dapat diunduh secara gratis, sedangkan Microsoft Visio tergolong aplikasi berbayar. 

Dengan editor grafis Pins dapat menyimpan file dalam berbagai format penyimpanan seperti jpg, png, wmf, vdx dan sebagainya. Selain itu, aplikasi Dia Diagram Editor ini juga portabel, sehingga kamu dapat menyimpannya di flashdisk dan menggunakannya dengan mudah di laptop lain.

Baca juga: 12 Aplikasi Convert Video Gratis Dengan Fitur Terbaik

Draw.io

Source : app.microsoft.com

Draw.io adalah alat pembuat flowchart online sumber terbuka dan gratis untuk menggambar diagram proses, bagan alur, diagram ER,  dan lainnya. Alat ini menawarkan cara membuat flowchart berbagai format yang berbeda. Pins dapat menggunakan alat ini di komputer desktop dan ponsel dan sepenuhnya kompatibel dengan semua browser

Draw.io ini menghadirkan berbagai fitur yang cukup untuk menunjang pembuatan flowchart yang diantaranya memiliki interface yang intuitif dengan fungsionalitas drag-and-drop. Fitur lainnya juga bisa memungkinkan Pins untuk melacak dan memulihkan perubahan. Dan yang terakhir, Mendukung berbagai format untuk impor dan ekspor. 

Lucid Chart

Source : slack.com

Lucid Chart adalah perangkat lunak flowchart berbasis web untuk MacBook. Dapat digunakan dalam diagram alur sederhana dan diagram kompleks. Hal yang sama dapat digunakan di perangkat apa pun dan browser apa pun. Aplikasi ini menawarkan fitur kolaborasi hebat melalui obrolan grup dan komentar.

Fitur yang ditawarkan oleh Lucid Chart juga berfungsi pada perangkat apapun, Pins juga bisa berkolaborasi dengan tim kapan saja dan dimana saja. Fitur lainnya juga yaitu bisa diintegrasikan dengan mulus menggunakan G Suite, Microsoft Office, Atlassian, dan banyak aplikasi populer lainnya. Obrolan grup dan komentar secara real-time tentunya bisa memungkinkan Pins melakukan hal tersebut dengan fitur tersebut. 

Visme

Source : visme.co

Visme adalah alat infografis dan presentasi. Alat ini bekerja dengan sangat baik dalam mode online maupun offline. Selain itu, Pins dapat menggunakannya di perangkat apa pun. Visme menawarkan kontrol privasi penuh untuk proyek yang kamu buat. Dengan cara ini Pins dapat menjadikan konten kamu publik, pribadi, atau dilindungi kata sandi.

Berbagai fitur yang ditawarkan oleh Visme ialah sebagai berikut:

  • Visme menyediakan lebih dari 500 template dan skema warna.
  • Memiliki lebih dari 50 grafik, widget data, dan peta.
  • Kreasi kalian dapat dengan mudah diunduh dan diterbitkan.
  • Memungkinkan kalian untuk membuat suatu proyek interaktif dengan menganimasikan objek, menambahkan tautan, transisi, dan pop-up.

Baca juga: 15 Aplikasi Edit Foto Android Kekinian dan Terbaik

GitMind

Source : gitmind.com

GitMind adalah alat online gratis yang memungkinkan Pins cara membuat flowchart, bagan organisasi, diagram UML, diagram tulang ikan, diagram pohon, dan banyak lagi. Program ini hadir dengan berbagai macam template flowchart yang dapat kamu pilih. 

Antarmuka pengguna program ini sangat bersih sehingga mudah dipelajari dan dikelola. Format flowchart yang paling umum dan sering digunakan dirancang dan diatur agar mudah diakses bila diperlukan. Untuk mulai menyusun bagan alur Pins, kamu perlu melakukan drag-and-drop sederhana. 

Selain itu, Pins juga dapat mengekspor gambar kamu ke berbagai format file seperti PDF, PNG, JPEG, dan SVG. Kamu juga dapat menetapkan kata sandi untuk bagan alur dan membaginya dengan tim. Semua fitur ini menjadikan GitMind alat bagan alir yang bagus untuk pemula.

Miro

Source : miro.com

Aplikasi pembuat flowchart selanjutnya adalah Miro. Layanan cara membuat flowchart ini memiliki semua fitur dan template. Pins dapat menyesuaikan diagram alur sesuai dengan kebutuhan kamu . Misalnya, bertukar pikiran dengan teman di tempat kerja, universitas, atau sekolah. Pins dapat menambahkan papan tim dan membuat bagan alur dengan kolega kamu secara online

Miro dilengkapi dengan banyak alat yang berguna. Ini termasuk menambahkan catatan tempel, stiker, kanban, mengubah bentuk bagan alur, dan lainnya. Banyak fitur hebat seperti pemungutan suara dan obrolan video tidak tersedia secara gratis. Pins harus terlebih dahulu meng-upgrade paket langganan kamu sekitar Rp. 120.000 per bulan.

Tenang, Pins tidak perlu khawatir kesulitan dalam menggunakan Miro. Program ini menyediakan tutorial untuk setiap pengguna yang baru menggunakannya.

Gliffy Diagram

Source : gliffy.com

Program ini merupakan cara lain membuat flowchart online yang sangat mudah dipelajari. Buat diagram alur, diagram Venn, atau apa pun yang dapat Pins pikirkan secara instan hanya dengan menghapus bentuk dari panel kiri dan menyeretnya ke model. 

Ada banyak bentuk dan ikon berbeda untuk dipilih dan menambahkan bentuk Pins sendiri semudah menyeret dan melepaskan dari panel manapun di komputer kamu. Kisi bawaan aplikasi menjaga semua elemen tetap pada tempatnya dan teratur, sehingga kamu dapat membuat bagan alur dengan cepat. Fitur menonjol dari adalah versi yang terintegrasi dengan Jira and Confluence, perangkat lunak manajemen kerusakan yang memungkinkan pengguna membuat grafik data layanan dengan cepat.

Baca juga: Mudah! Ini Cara Pasang Wifi IndiHome dan Harga Paket Internetnya Terlengkap!

DrawExpress Diagram Lite

Source : apps.apple.com

Jika Pins merupakan orang yang kreatif dan ingin berkreasi, DrawExpress Diagram Lite sangat cocok untuk kamu. Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat diagram alur hanya dengan jari saja lho. DrawExpress Diagram Lite di sisi lain, mendukung sentuhan jari atau kemampuan mendeteksi gerakan tangan untuk menggambar jalur yang diinginkan. 

Aplikasi ini juga sepertinya cocok untuk karyawan dengan kebutuhan presentasi yang  tinggi, seperti mereka yang bekerja di software engineering atau berurusan dengan proses hukum, laporan keuangan, hingga guru dari berbagai jenjang pendidikan. Mirip dengan aplikasi sebelumnya, DrawExpress Diagram Lite juga memungkinkan kamu untuk menyimpan file flowchart ke ponsel. 

Pengguna dapat menggunakan penyimpanan online berbasis Dropbox, yang dapat Pins akses kapan saja nanti. Jika kamu suka menyimpan file dalam format PNG, DrawExpress Diagram Lite juga menawarkan format file dalam format ini. Menariknya, spesifikasi aplikasi ini cukup rendah sehingga bisa dipasang di Android versi 4.1.

Coggle

Source : coggle.it

Alat diagram lainnya, Coggle digunakan untuk membuat diagram alur dan diagram kompleks dengan mudah dan jelas. Coggle bekerja online di browser Pins tanpa mengunduh. Dengan diagram alirnya yang canggih, kamu dapat memilih di antara berbagai format dan membuat diagram alir ekspresif, peta pikiran, dan diagram lain yang mengilustrasikan proses dan algoritma. 

Aplikasi ini menawarkan kolaborasi waktu nyata tanpa batas, yang berarti pengguna lain dapat mengerjakan surat Anda pada saat yang sama setelah Pins membagikan tautan rahasia dengan mereka. Alat ini memungkinkan kamu untuk menyimpan semua perubahan. Dengan Coggle, Pins dapat membuat catatan indah dengan mudah dan lebih cepat. Ini memungkinkan kamu mengunggah gambar tanpa batas dari desktop ke grafik. Ini juga memungkinkan Pins untuk menambahkan teks/gambar mengambang.

Demikian informasi yang bisa dibagikan dari berbagai aplikasi untuk membuat flowchart untuk laptop dan handphone. Rekomendasi aplikasi di atas memiliki kelebihannya masing-masing. Jika Pins ingin mencari informasi berguna atau tips menarik lainnya, kunjungi situs blog Pinhome sekarang juga! Semoga bisa membantu dan menambah wawasan Pins semua!

Featured image: coggle.it


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Ruko Suncity Biz dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download