12 Aplikasi Kompres Foto Terbaik Untuk Kamu Gunakan

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto ∙ January 24, 2023 ∙ 8 menit membaca

Selain smartphone, Pins juga bisa memperkecil ukuran foto atau gambar dengan menggunakan aplikasi kompres foto di komputer. Memperkecil ukuran foto sangat bermanfaat dalam banyak hal, salah satunya untuk memudahkan kamu mengunggah gambar dengan berbagai format. 

Ini juga dapat membantu memperkecil ukuran foto sehingga tidak memakan banyak penyimpanan di perangkat kamu. Dengan menggunakan aplikasi pengecil ukuran foto, Pins dapat memperkecil ukuran foto yang diinginkan, namun tanpa mengurangi kualitas foto  secara signifikan. Ada banyak aplikasi mengecilkan ukuran foto yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran foto di komputer Pins, dan setiap aplikasi memiliki keunggulan tersendiri yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: 15 Aplikasi Pembuat Stiker WA Paling Recommended!

Rekomendasi Aplikasi Kompress Foto 

Setelah proses mengedit foto, biasanya resolusi gambar lebih tinggi dari sebelumnya, sehingga format gambar biasanya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mengatasi masalah seperti ini, Pins dapat menggunakan aplikasi resize foto yang tersedia untuk pengguna Android baik online maupun offline. Berikut beberapa saran untuk aplikasi pengubah ukuran foto yang dapat digunakan.

Photo Compressor: Compress Photo & Resize Photo

(play.google.com)

Photo Compressor: Compress Photo & Resize Photo mengacu pada aplikasi yang menggunakan teknologi kompresi lossy cerdas untuk mengurangi ukuran memori foto. Alhasil, ukuran foto dengan kualitas yang hampir sama bisa sangat bervariasi. 

Fungsi lain dari software ini adalah untuk memotong dan menghapus bagian gambar yang tidak diinginkan. Pins juga dapat mengubah rasio aspek foto sesuai dengan preferensi kamu. Dengan Photo Compressor, Pins juga dapat mengubah format gambar menjadi jpeg, jpg, png, webp.

Puma Photo Compressor

(play.google.com)

Puma Photo Compressor merupakan sebuah aplikasi memperkecil ukuran foto besutan Farluner. Dengan aplikasi yang satu ini, kamu bisa mengompres sebuah gambar dalam kedipan mata loh, Pins! Hal itu karena proses kompresinya yang sangat cepat. Puma memiliki antarmuka pengguna yang ringkas dan sederhana sehingga membuat kamu tidak akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Tampilan yang memanjakan mata akan membuat kamu betah untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Puma Photo Compressor memiliki beberapa fitur dalam mengompres foto atau gambar. Kamu bisa menentukan resolusi dari foto yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mengatur ukuran file tersebut. Sangat cocok buat kamu yang mengalami kendala saat akan mengunggah foto untuk dokumen email atau mengunggah foto dengan kriteria ukuran tertentu.

Selain itu, Puma Photo Compressor telah mendukung banyak ekstensi gambar seperti JPG, PNG, WEBP, dan lainnya. Dengan dukungan yang banyak tersebut, Pins tidak perlu mengonversi berkas gambar yang akan digunakan karena takut tidak didukung oleh aplikasi.

Puma Photo Compressor mendukung batch compress. Artinya, Pins bisa mengompres banyak gambar dalam satu waktu. Lebih hemat waktu ya, Pins!

Baca juga: 16 Aplikasi Nonton Drama Korea Terbaik untuk Nonton Film

Photo & Picture Resizer

(play.google.com)

Satu lagi aplikasi besutan Farluner, yaitu Photo & Picture Resizer. Aplikasi pengubah ukuran foto yang satu ini menawarkan lebih banyak fitur yang menjadi daya jualnya. Salah satunya ialah pengompresan tanpa kehilangan kualitas. Sebuah fitur yang benar-benar mantap ya, Pins!

Kamu bisa mengompres foto atau gambar tanpa takut kehilangan detail atau gambar menjadi kabur. Aplikasi ini menjamin kualitas gambar yang kamu kompres agar tetap bagus. Di samping itu, gambar yang kamu kompres berkali-kali tidak akan menurun kualitasnya. Benar-benar aplikasi kompres foto idaman ya, Pins!

Kamu juga bisa mengatur ukuran lebar dan panjang gambar yang kamu inginkan untuk keperluan-keperluan khusus seperti foto Instagram, banner YouTube dan Twitter, atau profil Facebook. Batch resize juga tersedia di aplikasi ini sehingga kamu bisa mengubah ukuran banyak gambar dalam satu waktu.

Tunggu dulu, karena aplikasi ini bernama resize, tentu saja aplikasi ini bukan hanya berfungsi sebagai pengompres gambar yang andal loh, Pins! Aplikasi ini juga bisa memperbesar sebuah gambar sesuai dengan yang kamu inginkan. Jadi, jika kamu punya gambar atau foto lama yang diambil dari ponsel jadul, kamu bisa pakai aplikasi ini untuk memperbesar ukuran fotonya, Pins!

TinyPNG

(tinipng.com)

TinyPNG merupakan sebuah website yang bisa kamu gunakan untuk mengompres gambar yang kamu inginkan. TinyPNG mendukung format WEBP, JPG, dan PNG. Hasil kompres dari TinyPNG terbilang sangat baik karena teknik pengompresannya yang unik. TinyPNG akan menurunkan jumlah warna dalam gambar yang kamu kompres secara selektif. Hasilnya, foto yang kamu kompres tidak akan berbeda jauh kualitasnya dengan foto asli. Namun, perbedaan ukuran filenya menjadi sangat jauh.

TinyPNG memiliki spesialisasi dalam pengompresan file dengan format .png sesuai dengan namanya. TinyPNG mampu mengompres gambar dengan latar transparan tanpa mengubahnya menjadi latar yang solid. Kamu bisa mengompresi 24bit PNG image menjadi 8bit PNG image tanpa kehilangan kualitas gambar kamu loh, Pins! Hal tersebut karena TinyPNG akan mengombinasikan warna-warna serupa sehingga bisa mereduksi ukuran file dan meta datanya.

Karena TinyPNG merupakan sebuah website, kamu bisa mengaksesnya dari berbagai perangkat. Sangat mudah digunakan tanpa perlu mengunduh aplikasi-aplikasi lain. TinyPNG juga telah mendukung plugin untuk Adobe Photoshop sehingga kamu bisa menggunakan fitur pengompresan TinyPNG di photoshop kamu! Untuk informasi lengkapnya, Pins bisa mengunjungi situs resminya di https://tinypng.com/

RIOT

(riot-optimizer.com)

RIOT merupakan singakatn dari Radical Image Optimization Tool. RIOT adalah aplikasi untuk platform Windows yang memungkinkan kamu menyesuaikan parameter kompresi secara visual sambil mempertahankan ukuran file seminimum mungkin. Kamu bisa membandingkan gambar orisinal dan hasil dengan antarmuka tampilan berdampingan (tampilan ganda) atau tampilan tunggal secara real time dan langsung melihat ukuran file yang dihasilkan.

RIOT memiliki ukuran ringan, proses yang cepat, dan mudah digunakan. Walaupun begitu, aplikasi ini sangat powerfull untuk keperluan yang kompleks sekalipun. Kamu bisa mengontrol kompresi, jumlah warna, pengaturan metadata, dan banyak lagi, serta memilih format gambar (JPG, GIF, atau PNG) untuk file output kamu loh, Pins!

RIOT memiliki fitur yang sangat lengkap dan mendukung banyak format gambar. Untuk informasi lengkapnya, Pins bisa mengunjungi situs resminya di https://riot-optimizer.com/

PNGGauntlet

(pnggauntlet.com)

PNGGauntlet merupakan sebuah website pereduksi ukuran gambar yang andal dan canggih. Dengan mengombinasikan teknologi PNGout, optiPNG, dan DeflOpt, program ini dapat menghasilkan gambar PNG yang berkualitas dengan ukuran yang minimalis. Aplikasi ini mampu mengonversi dan mengompres file JPG, TIFF, atau BMP menjadi PNG.

Baca juga: 5+ Aplikasi Translate Bahasa Minang Gratis Dengan Fitur Terbaik

Image Size

(framedestination.com)

Image Size merupakan sebuah aplikasi pengompres foto yang memiliki banyak opsi. Selain mengompres foto, kamu juga bisa mengubah ukuran foto menjadi ukuran letter, legal, junior, dan sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan filter untuk foto yang kamu edit agar terlihat lebih menarik loh, Pins!

Resize Me!

(play.google.com)

Aplikasi selanjutnya ialah Resize Me!. Resize Me! merupakan aplikasi kompres foto yang memiliki banyak fitur dan kelebihan. Salah satunya ialah mereduksi ukuran foto tanpa menghapus metadata EXIF tags atau data GPS dari foto yang kamu kompres loh, Pins!

Kamu bisa kustomisasi ukuran gambar yang kamu inginkan, crop image, dan menyimpan gambar tersebut dalam format JPG atau PNG. Sayangnya, untuk melakukan batch resize, kamu perlu membeli versi Pro dari aplikasi ini seharga Rp21.000,- di playstore.

PicTools

(play.google.com)

PicTools merupakan aplikasi yang tidak hanya menawarkan fitur pengompres foto, tetapi juga menawarkan fitur crop dan resize. Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang minimalis dan sederhana sehingga pengguna dapat menggunakan PicTools dengan mudah tanpa kendala. Pengguna dapat mereduksi ukuran gambar tanpa takut kehilangan kualitas gambar.

Aplikasi ini mendukung batch compression sehingga pengguna dapat mengompres banyak gambar sekaligus. Pengguna juga dapat memilih hasil kompres gambar tersebut untuk disimpan dalam format JPG atau PNG. Selain itu, pengguna bisa membuat dokumen PDF dari file gambar dengan aplikasi edit foto android ini loh, Pins!

Reduce Photo Size

(play.google.com)

Reduce Photo Size memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu 1,5 MB sesuai dengan fitur yang ditawarkan, yaitu memperkecil ukuran foto. Walaupun ukurannya ringan, pengguna bisa mengompres gambar dengan mengurangi ukuran resolusi atau crop gambar. Karena ukurannya kecil, tentu saja aplikasi ini tidak membebankan ruang penyimpanan kamu, Pins!

Baca juga: 7 Cara Top Up Mtix Melalui M-Banking dan Retail

Q Reduce Lite

(play.google.com)

Aplikasi yang terakhir ini memiliki ukuran tidak kalah kecil. Q Reduce Lite memiliki ukuran 1,8 MB tetapi menawarkan fitur yang cukup mumpuni. Aplikasi ini dapat mengompres gambar yang kamu inginkan dengan kualitas semirip mungkin dan ukuran seminim mungkin. Namun, karena file output yang disediakan hanya JPG dan JPEG, gambar transparan dari file PNG akan menjadi solid.

Demikian informasi yang bisa dibagikan dari berbagai aplikasi kompres foto. Rekomendasi aplikasi di atas memiliki kelebihannya masing-masing. Jika Pins ingin mencari informasi berguna atau tips menarik lainnya, kunjungi situs blog Pinhome sekarang juga! Semoga bisa membantu dan menambah wawasan Pins semua!

Featured image: tipspintar.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Ruko Suncity Biz dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia