BlogLifestyleTeknologiApa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya
0
0

Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannyatop-right-banner

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking secara daring, yaitu aplikasi Idebku. Munculnya aplikasi ini tidak hanya memiliki tujuan untuk memudahkan pemberian pelayanan untuk masyarakat, tetapi juga membuat masyarakat lebih mudah mengakses informasi yang berhubungan dengan debitur. 

Pengembangan dari aplikasi ini sejalan dengan Destination Statement OJK Tahun 2022 sampai 2027, Arah Pengembangan Sistem Layanan Informasi Keuangan atau AP SLIK 2021 sampai 2025, dan menjadi bagian dari Rancang Bangun Sistem Informasi atau RBSI tahun 2019 sampai 2022 serta RBSI tahun 2023 hingga 2027 mendatang.

Baca juga: Blacklist BI Checking Berapa Lama? Apakah Bisa Hilang?

Pentingnya Mengecek Skor BI Checking

Source : Pinterest

Jika berhubungan dengan kredit, kamu pasti sudah sangat familiar dengan istilah BI checking dan skor kredit. Kedua hal tersebut memang menjadi acuan bagi kamu sebelum mengajukan pinjaman baru, juga menjadi pedoman bagi pihak bank untuk memutuskan apakah akan memberikan pinjaman atau tidak. 

Skor BI checking yang buruk pastinya akan membuat kamu lebih sulit mendapatkan pinjaman finansial dari bank. Baik untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor, hingga bentuk pembiayaan lainnya. Belum lagi jika kamu memiliki kartu kredit atau kerap menggunakan layanan pinjaman online. 

Ini artinya, kamu harus mengetahui pentingnya mengecek BI checking dan melakukan pemantauan skor kredit kamu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kapan harus membatasi penggunaan biaya pinjaman dan terhindar dari kredit macet. 

Keunggulan Aplikasi Idebku

Source : Freepik

Jadi, kamu sudah mengetahui apa itu aplikasi idebku. Sebenarnya, fungsi aplikasi idebku sendiri adalah membantu meningkatkan kualitas dari Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK kepada semua masyarakat dan lembaga pembiayaan atau perbankan yang memberikan pinjaman.

Inilah sebabnya, aplikasi ini hadir untuk membuat masyarakat menjadi lebih mudah mengetahui riwayat kredit mereka sebelum mengajukan pembiayaan lainnya. Adapun keunggulan dari aplikasi Idebku, antara lain:

  • Membantu meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan informasi debitur untuk masyarakat secara mudah, aman, dan pastinya lebih cepat.
  • Meningkatkan proses pemberian layanan dan informasi debitur untuk kalangan internal OJK menjadi lebih efektif dan efisien karena telah terintegrasi dengan SLIK dan rencananya akan terintegrasi pula dengan Dukcapil.
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya human error dengan adanya pelayanan secara otomatis.
  • Menyediakan pelayanan informasi debitur untuk masyarakat yang terhubung dengan Kantor Pusat, Regional, dan OJK hanya dari satu aplikasi.

Sudah pasti, OJK menaruh harapan besar munculnya aplikasi Idebku bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses informasi debitur. Selain itu, pihak OJK juga berharap bahwa pemberian layanan debitur bisa terlaksana dalam sistem yang terhubung dan terpadu antarsemua pihak hanya dalam satu wadah.

Baca juga: Cara Membaca 7 Bagian dari Hasil BI Checking, Yuk Simak!

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Idebku?

Source : Freepik

Tidak perlu bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi Idebku, Pins. Pendaftaran bisa kamu lakukan melalui browser dan kamu juga bisa mengaksesnya melalui komputer, laptop, atau bahkan ponsel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs https://idebku.ojk.go.id. Selanjutnya, kamu akan masuk pada halaman utama dengan dua pilihan, yaitu Registrasi dan Status Layanan. Jika ingin mendaftar, maka pilih menu Registrasi.
  2. Mengecek ketersediaan layanan. Seperti biasa, isikan data dengan benar dan lengkap. Ini termasuk jenis debitur, Nomor Identitas, dan Kewarganegaraan. Jangan lupa untuk menulis captcha sesuai layar.
  3. Dapatkan kuota antrean. Sebab, apabila kuota tidak tersedia, maka kamu tidak bisa melanjutkan sesi pendaftaran. Sistem akan meminta kamu untuk melakukan registrasi ulang setelah beberapa saat. 
  4. Isikan data pendaftaran. Kemudian, isi kembali data seperti jenis dan nomor identitas, nama lengkap dan jenis kelamin, alamat, tempat dan tanggal lahir, hingga email dan nomor ponsel yang masih aktif. 
  5. Upload foto. Selanjutnya, sistem akan meminta kamu untuk mengunggah beberapa foto dokumen. Misalnya, foto identitas asli, foto pemilik dan kartu identitas atau swafoto, dan foto diri sesuai dengan gambar pada layar. Pastikan kapasitas foto tidak lebih dari 4 MB.
  6. Mengajukan permohonan. Kemudian, pastikan email yang kamu ajukan sudah benar karena sistem akan mengirimkan informasi SLIK dari email. Kamu bisa mengubah data dengan menekan tombol “Back”. Apabila sudah sesuai, pilih ceklis untuk keterangan paling terakhir dan ajukan permohonan. 

Setelahnya, kamu akan mendapat notifikasi kalau pendaftaran sudah berhasil. Cek bagian bawah untuk melihat nomor pendaftaran, salin kode tersebut dan tutup halaman notifikasi. Tekan tombol Status Layanan pada halaman utama untuk mengecek status permohonan, lalu isi dengan nomor pendaftaran untuk mengetahui statusnya.

Baca juga: BI Checking Collect 5 Artinya? Simak Yuk!

Lalu, Apa Perbedaan antara Idebku dan SLIK OJK?

Source : Pinterest

Mungkin, kamu juga bertanya-tanya apa bedanya aplikasi Idebku dan SLIK OJK. Sebab, keduanya memang sama-sama untuk mengecek informasi debitur. Mudahnya, SLIK OJK merupakan bentuk informasi yang berada dalam pengelolaan OJK untuk menunjang pengawasan sekaligus layanan pemberian informasi pada sektor finansial. 

Dengan adanya SLIK, kamu dapat meminta informasi terkait debitur langsung kepada OJK supaya proses penyediaan anggaran lebih lancar. Selain itu, SLIK OJK juga memudahkan proses penilaian kualitas dari debitur, implementasi manajemen risiko pembiayaan, verifikasi untuk tujuan kerja sama, hingga mengelola SDM pelapor SLIK lebih baik. 

Sebenarnya, baik aplikasi Idebku dan SLIK OJK tidak jauh berbeda. Pasalnya, SLIK memiliki fungsi untuk menyimpan informasi dari debitur atau iDeb yang isinya histori kelancaran dari pembiayaan atau kredit seorang debitur. Hanya, keduanya berbeda dari bagaimana caranya untuk melakukan pengecekan data. 

Masyarakat dan lembaga pembiayaan maupun finansial bisa memakai aplikasi Idebku setiap saat secara online dari ponsel, laptop atau komputer. Sementara itu, proses SLIK hanya berlangsung secara offline dengan mengunjungi kantor OJK terdekat dan membawa serta semua dokumen persyaratan yang bisa kamu dapatkan dari website resmi OJK.

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Bukit Hijau Ciomas dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download