15 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Tanpa Harus ke Tempat Les!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ December 20, 2022 ∙ 8 menit membaca

Demam K-Drama maupun K-Pop saat ini sudah sangat merajalelah di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Kecintaan para fans terhadap sang idol kerap menjadi pemicu mereka untuk belajar bahasa Korea. Untungnya, kamu bisa dengan mudah belajar bahasa Korea melalui aplikasi di HP.

Menggunakan aplikasi untuk mengetahui bahasa Korea bisa menambah pengalaman Pins jauh lebih positif. Kamu tidak akan membuang waktu mempelajari konten yang membosankan atau mencoba menghafal informasi yang tidak berguna.

Deretan aplikasi kamus bahasa Korea ini juga dirancang untuk membantu kamu memahami bahasa dengan cara yang menarik. Selain itu, setiap aplikasi menawarkan kelebihan masing-masing dengan harga yang bervariasi. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya!

Naver Dictionary & Translate

(Delivered Korea)

Para fans Korea mungkin sudah tidak asing mendengar kata Naver yang merupakan sebuah perusahaan jasa konten internet dari Korea. Nah, Pins bisa menggunakan aplikasi Naver Dictionary & Translate sebagai cara belajar bahasa Korea.

Aplikasi kamus bahasa Korea di HP Android ini tergolong mudah digunakan dengan beragam fungsi. Kamu bisa menerjemahkan kata, kalimat, maupun paragraf dengan mudah. Bahkan, aplikasi ini akan memberikan hasil terjemahan untuk setiap kata pada paragraf tersebut.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan berbagai kamus negara lain yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Korea. Namun, fitur terjemahan ini hanya berlaku dari bahasa Korea ke bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin. Pins juga harus menguasai bahasa hangul untuk mengerti cara menggunakan Naver Dictionary & Translate.

Baca juga: 5+ Aplikasi Translate Bahasa Minang Gratis Dengan Fitur Terbaik

Kamus Deh: Indonesia – Korea

(Google Play)

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea lainnya jatuh kepada Kamus Deh: Indonesia – Korea. Cara kerja aplikasi kamus di HP ini juga tergolong mudah.

Pada saat Pins mengetikkan kata dalam bahasa Indonesia, kamu akan melihat hasil pencarian kata tersebut dalam bahasa Korea dan Inggris. Hal ini juga didikung dengan 36.000 kosakata yang tersedia dalam bahasa Korea dan sering digunakan sehari-hari.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur Korean Restaurant. Fitur ini memudahkan pengguna menemukan nama-nama restoran Korea di sekitar Jakarta. Bahkan, informasi tersebut sudah mencakup deskripsi restoran, kontak, dan alamat lengkapnya, lho. Sayangnya, aplikasi ini hanya menyediakan bahasa Korea dalam hangul.

Kamus Bahasa Korea Offline

aplikasi belajar bahasa korea
(Futureloka)

Bagi Pins yang tengah bepergian ke Korea Selatan dan khawatir tidak ada sinyal internet tidak perlu khawatir! Kamus Bahasa Korea Offline bisa jadi pilihan terbaik sebagai aplikasi belajar bahasa Korea, nih.

Hadir dengan ukuran 2,7 MB, kamu bisa menggunakan aplikasi ini di HP Android tanpa harus cemas ruang penyimpanan penuh. Aplikasi ini menawarkan fitur pencarian yang cukup cepat dengan fasilitas salin, serta text-to speech. Ini memudahkan pengguna mempelajari cara pengucapan bahasa Korea yang baik dan benar.

Dibandingkan aplikasi yang sudah disebutkan, aplikasi ini menampilkan hasil terjemahan dari Indonesia ke KOrea dalam hangul maupun bahasa biasa. Alhasil, para pengguna bisa belajar cara membaca hangul secara tidak langsung. Namun, pengguna memerlukan Korean Keyboard yang hanya didukung oleh Android dengan versi di atas 4.0.

Kamus Indonesia Korea

(Futureloka)

Jika ingin mencari aplikasi kamus bahasa Korea Android yang paling ringan karena kapasitas RAM dan memori perangkat yang terbatas, aplikasi Kamus Indonesia Korea merupakan pilihan yang tepat.

Apk belajar bahasa Korea satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yakni sekitar 1,2 MB. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kamus Indonesia Korea untuk menerjemahkan kedua bahasa tersebut berdasarkan kata atau kalimat.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu hasil terjemahan ke bahasa Korea dilengkapi dengan romanisasi untuk memudahkan pembacaan hangul. Tidak hanya itu, Pins bisa menambah pengalaman dengan belajar penulisan bahasa Korea, nih.

Baca juga: 12 Rekomendasi Aplikasi Nonton Bareng Online Terbaik

Rocket Languages

(PCMag)

Rocket Languages masuk dalam jajaran aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus karena kualitas pelajarannya. Aplikasi ini membantu kamu beralhir dari pemula hingga melakukan percakapan sehari-hari dengan lancar dalam bahasa Korea.

Fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup interaktif dan fokus pada komunikasi, alih-alih menghapal. Aplikasi ini pun sudah mencakup semuanya, mulai mempelajari hangul (alfabet Korea) hingga pelafalan yang tepat.

Walau begitu, aplikasi ini tidak gratis, alias berbayar. Pins harus membayar Rocket Languages di muka, bukannya membayar langganan bulanan. Namun, kamu bisa mencoba free trial yang ditawarkan selama satu minggu sebelum membeli aplikasi ini, lho.

Pimsleur

aplikasi belajar bahasa korea
(Pimsleur)

Pimsleur adalah aplikasi pembelajaran bahasa Korea yang berfokus pada cara berbicara dan mendengarkan. Jadi, aplikasi ini akan memberikan pembelajaran berbentuk audio. Pins mungkin akan terkejut betapa cepatnya proses belajar berkomunikasi bahasa Korea di sini.

Pins juga bisa membawa aplikasi ini ke mana saja. Bahkan, ada mode driving yang memudahkan kamu menggunakan aplikasi ini meskipun sedang berada di dalam mobil!

Drops

(Business of Apps)

Dibandingkan aplikasi belajar bahasa Korea terbaik lainnya, Drops justru lebih berfokus pada belajar kosakata dan frasa bahasa Korea. Para pengguna mungkin akan lebih nyaman dengan aplikasi ini karena menawarkan kuis, permainan, dan fitur penambah kosakata lainnya.

Pins akan lebih mudah mengingat setiap kata atau frasa yang dipelajari karena sudah dibekali dengan animasi khusus. Di samping itu, Drops menggunakan pengulangan spasi untuk membantu Pins meninjau semua yang sudah dipelajari. Hanya dalam beberapa menit dalam satu hari, kamu akan terkejut betapa cepatnya kosakata bahasa Korea kamu berkembang.

Baca juga: 15 Aplikasi Pembuat Stiker WA Paling Recommended!

KoreanClass101

(KoreanClass101)

KoreanClass101 adalah aplikasi serba ada untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Korea kamu, terutama dalam kategori mendengarkan. Bagaimana tidak, aplikasi ini memiliki metode belajar audio untuk pengguna dari semua tingkatan dengan beragam fitur tambahan.

Fitur-fitur tersebut meliputi daftar kata, flash card, kamus audio, hingga bantuan dari tutor privat bahasa Korea, lho. Pins juga bisa memilih mana pelajaran yang ingin diselesaikan. Semua course juga tergolong pendek dan fokus pada topik tertentu.

Kamu juga tidak perlu khawatir ketinggalan perkembangan kosakata. Pasalnya, KoreanClass101 menambahkan pelajaran baru secara teratur sehingga Pins selalu punya sesuatu yang baru untuk dipelajari!

LingQ

aplikasi belajar bahasa korea
(LingQ)

Rekomendasi aplikasi kamus Korea lainnya adalah LingQ. Aplikasi ini memberikan pilihan untuk mengimpor konten buatan sendiri dan mengubah konten tersebut jadi pelajaran bahasa interaktif.

Artinya, kamu bisa memanfaatkan lagu, buku, dan video YouTube sebagai bahan belajar. Namun, hal ini baru akan berhasil asalkan memiliki transkrip tertulis.

Lebih dari 8 juta terjemahan bahasa Korea tersedia di aplikasi LingQ. Pins juga dapat membaca transkrip untuk setiap konten belajar di LingQ secara real-time. Tidak heran bila aplikasi ini masuk dalam jajaran aplikasi bahasa Korea terbaik karena menunjukkan contoh kata dalam konteks lain, nih.

Lingodeer

(Lingodeer Blog)

Lingodeer merupakan aplikasi sempurna untuk para pemula yang ingin belajar bahasa Korea. Ini karena Lingodeer menawarkan metode yang interaktif dalam urutan yang mudah diikuti.

Semua audio di aplikasi ini juga diucapkan oleh penutur asli bahasa Korea. Hadir dengan penjelasan tata bahasa yang mendalam, kamu bisa memahami topik-topik berbahasa Korea yang sulit dalam sekejap dan jangka waktu lama.

Baca juga: 6 Cara Download Status WhatsApp dengan Mudah

Memrise

aplikasi belajar bahasa korea
(PCMag)

Sesuai namanya, Memrise menciptakan metode belajar bahasa Korea dengan flash card. Dari metode tersebut, kamu bisa menambah kosakata hingga mempelajari tata bahasa.

Aplikasi ini juga mudah digunakan dan menawarkan banyak konten. Bahkan, kamu bisa membuat flash card sendiri untuk menyesuaikan pengalaman belajar yang sudah dilalui.

Topik ONE

(ApkGK)

Bagi yang belum tahu, TOPIK merupakan tes kecakapan berbahasa Korea. Nah, aplikasi Topik ONE memberikan kemudahan untuk kamu dalam menyelesaikan tes tersebut. Ada banyak bagian yang bisa kamu coba, mulai dari menulis, membaca, kosakata, tata bahasa, hingga mendengerkan.

Daftar tes pun tersedia dalam urutan yang rapi sehingga cukup membantu Pins mengidentifikasi mana area yang perlu dilatih lebih banyak. Setiap bagian latihan tes TOPIK juga berisi soal dengan file audio. Setelah menjawab pertanyaan, kamu bisa langsung tahu apakah jawaban tersebut benar atau tidak.

Hangul Punch

(Google Play)

Bosan dengan fitur pembelajaran bahasa Korea yang itu-itu saja? Pins bisa coba install aplikasi Hangul Punch. Dari namanya saja sudah tentu berbeda dengan aplikasi lainnya.

Kamu bisa bermain game sambil belajar bahasa Korea, lho. Aplikasi ini merupakan aplikasi permainan boxing yang merangkap pembelajaran berbahasa Korea. Jadi, kamu bisa bermain sambil belajar bahasa Korea via Hangul Punch!

Baca juga: 15 Aplikasi Penambah Followers Instagram Tercepat dan Terpercaya

Eggbun: Learn Korean Fun

(Learn Korean Fun)

Mirip seperti Hangul Punch, Pins bisa bermain sambil belajar Korea lewat aplikasi Eggbun. Aplikasi ini cukup interaktif karena kamu bisa melatih kemampuan berbicara, membaca, hingga menulis bahasa Korea dengan tampilan yang fun!

TenguGo Hangul

(App Store)

TenguGo Hangul masuk dalam jajaran aplikasi belajar bahasa Korea yang cocok untuk para pemula, terutama yang benar-benar buta akan Korea. Pasalnya, pembuat aplikasi ini menawarkan cara belajar konsonan, vokal, penggunaan kata, atau frasa Korea secara bertahap.

Kamu juga bisa memahami pelafalan suku kata demi suku kata serta aksara Korea lewat file audio dan visual. Belajar bahasa Korea tak lagi sulit berkat TenguGo Hangul.

Nah, itu tadi sederet aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus dan bisa jadi bahan rekomendasi untuk teman-teman Pins. Semoga aplikasi di atas bermanfaat, ya!

Baca juga: 18 Rekomendasi Aplikasi wallpaper Bergerak Terbaik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Alunara Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia