BlogLifestyleTeknologiMemori Internal Penuh? Lakukan 7 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Samsung Ini!
0
0

Memori Internal Penuh? Lakukan 7 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Samsung Ini!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara hapus aplikasi bawaan Samsungtop-right-banner

Pins ingin menghapus aplikasi HP bawaan Samsung tapi tidak tahu caranya? Pada dasarnya, kamu bisa menghapus aplikasi bawaan ini dengan atau tanpa menggunakan root. Kedua cara ini sama-sama bisa berhasil jika dilakukan, perbedaannya jika menggunakan root kamu perlu mereset ulang ponsel.

Kebutuhan ruang memori yang lebih besar terkadang mengharuskan Pins untuk menghapus sebagian aplikasi pada HP. Yuk, simak bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan HP Samsung Android dengan mudah berikut ini!

Baca juga:

Daftar Aplikasi Bawaan Samsung yang Bisa Dihapus

Sebelum mengetahui bagaimana cara uninstal aplikasi bawaan Samsung, Pins perlu mengetahui apa saja daftar aplikasi bawaan yang bisa dihapus. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada sistem software di smartphone Samsung milik Pins. Berikut diantaranya:

ChatOn

daftar aplikasi bawaan Samsung
Source : APK Combo

ChatOn merupakan aplikasi pengirim pesan atau messenger besutan Samsung yang ada pada setiap seri produknya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk lintas platform dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

Meskipun buatan Samsung sendiri, ternyata ChatOn juga bisa kamu gunakan pada smartphone merk lain. Mengingat sangat jarang orang menggunakan aplikasi ini, maka disarankan untuk menghapusnya saja agar tidak membuat memori internal ponsel cepat penuh.

Samsung Kies

cara hapus aplikasi bawaan samsung
Source : Dobreprogramy

Samsung Kies adalah aplikasi yang bisa Pins gunakan untuk menghubungkan perangkat HP Samsung dengan PC, laptop, dan TV. Aplikasi yang satu ini, menawarkan kemampuan untuk membuat cadangan data serta transfer data dengan mudah.

Namun, sebenarnya tanpa perlu menggunakan aplikasi ini, Pins tetap bisa menyambungkan perangkat dengan PC menggunakan koneksi kabel data, bluetooth, maupun wireless. Jadi, Pins bisa mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi ini ya!

Baca juga:

Galaxy Apps

Galaxy Apps Samsung
Source : Gamer Santai

Setiap produk Samsung, pasti memiliki aplikasi bawaan yang bernama Galaxy Apps. Sesuai dengan namanya, Galaxy Apps menyediakan berbagai macam produk resmi Samsung.

Sayangnya tidak banyak aplikasi di Galaxy Apps yang sering dibutuhkan oleh pengguna, bahkan kebanyakan aplikasi yang tersedia tersebut berbayar. Jika Pins merasa tidak terlalu membutuhkan aplikasi tersebut, maka kamu bisa menghapusnya.

S Planner

S Planner
Source : Tech Recipes

S Planner adalah aplikasi buatan Samsung yang memiliki fungsi utama untuk membuat jadwal. Dengan aplikasi ini, Pins dapat mengatur dan menata jadwal kegiatan pada kalender yang ada di dalamnya.

Namun, kamu sebenarnya bisa membuat pengingat menggunakan memo di HP. Bahkan di dalam aplikasi kalender pun juga tersedia fitur pengingat.

Samsung Billing

Samsung Billing
Source : GIGA

Samsung Billing merupakan aplikasi pembayaran yang dibuat oleh Samsung. Kegunaan dari aplikasi ini yakni menjadi perantara pembayaran untuk aplikasi yang dibeli dari Galaxy Apps. Kamu bisa menghapusnya dari ponsel jika tidak terlalu membutuhkannya.

Samsung In App Purchase

Source : The Guardian

Ketika Pins sedang menggunakan aplikasi atau game tertentu yang mengharuskan pembayaran di dalam aplikasi atau In App Purchase, maka aplikasi Samsung In App Purchase menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan.

Akan tetapi, saat ini sudah ada banyak aplikasi dompet digital yang mampu memberikan banyak fitur tambahan. Inilah yang membuat aplikasi tersebut kurang diminati. Jadi, Pins bisa menghapusnya saja jika tidak membutuhkan aplikasi tersebut.

Baca juga:

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Samsung Dengan dan Tanpa Root

Setelah mengetahui aplikasi bawaan dari Samsung mana saja yang bisa dihapus, Pins sekarang bisa melakukan penghapusan aplikasi dengan mudah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa menghapus aplikasi bawaan bisa dilakukan dengan atau tanpa root. Berikut beberapa caranya:

Pengaturan Aplikasi

cara hapus aplikasi bawaan Samsung dengan pengaturan aplikasi
Source : CNET

Cara menghapus aplikasi bawaan Samsung yang pertama adalah melalui pengaturan aplikasi di menu settings. Pins bisa dengan mudah mencari nama aplikasi yang akan dihapus kemudian klik uninstall. Berikut langkahnya:

  • Masuk ke pengaturan, kemudian pilih menu apps atau aplikasi.
  • Pilih aplikasi bawaan HP yang akan dihapus atau uninstall.
  • Centang aplikasi tersebut kemudian pilih uninstall.
  • Selesai.

Disable Apps

cara hapus aplikasi bawaan Samsung lewat DIsable Apps
Source : Online Tech Apps

Cara hapus aplikasi bawaan Samsung yang kedua adalah dengan menggunakan menu disable apps pada ponsel. Ketika aplikasi dalam kondisi disable maka tidak akan ada ruang yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Berikut langkah mudahnya:

  • Buka pengaturan di HP, kemudian pilih menu aplikasi.
  • Setelah masuk ke menu aplikasi, cari aplikasi yang akan kamu disable.
  • Klik menu disable kemudian klik OK. Perlu kamu ingat ya, tidak semua aplikasi bawaan dapat menggunakan fitur disable ini.
  • Selesai.

Aplikasi Link2SD

cara hapus aplikasi bawaan Samsung dengan root
Source : 123 Berita

Pins ingin menghapus aplikasi Samsung melalui cara root? Jika perangkat sudah di rooting, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk melakukan penghapusan. Berikut beberapa langkahnya:

  • Unduh dan install aplikasi Link2SD pada ponsel.
  • Jalankan aplikasi, kemudian pada menu uninstall aplikasi klik OK untuk menghapusnya.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.

USB Debugging

Source : Recovery Android

Selain untuk melakukan root dan pengaturan lainnya pada HP, USB Debugging ternyata bisa Pins gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung. Berikut cara untuk melakukannya:

  • Buka settings di HP Samsung.
  • Cari menu tentang perangkat.
  • Ketuk sebanyak 7 kali pada nomor versi sampai muncul notifikasi “Selamat Anda Telah Menjadi Pengembang”.
  • Kembali ke pengaturan awal, kemudian buka opsi Pengembang.
  • Ubah menjadi enable pada bagian atas menjadi Debug USB.
  • Setelah aplikasi diaktifkan, Pins dapat menghapus aplikasi yang diinginkan.
  • Selesai.

Root Explorer

cara hapus aplikasi bawaan Samsung dengan root Explorer
Source : Lentera Bisnis

Root Explorer akan selalu ada pada setiap ponsel Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menghapus aplikasi bawaan dari HP. Berikut beberapa langkah mudahnya:

  • Buka aplikasi Root Explorer. Kemudian, pilih menu “Mount as R/W”.
  • Buka folder system kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus.
  • Klik delete pada aplikasi yang akan dihapus dari perangkat.
  • Selesai.

Custom ROM

Source : Nesabamedia

Sebenarnya, cara uninstal aplikasi bawaan Samsung ini sama saja seperti cara di atas. Perbedaannya adalah pada nama aplikasi yang digunakannya. Jika Pins ingin menggunakan aplikasi yang aman, maka kamu bisa memilih Custom ROM yang satu ini.

ES Explorer

Source : KopiTekno

Selain menggunakan kedua aplikasi di atas, Pins juga bisa memilih ES Explorer yang satu ini sebagai aplikasi pilihan. Di aplikasi tersebut kamu bisa melakukan beberapa pengaturan pada HP, termasuk menghapus aplikasi bawaan. Namun, sebelum menggunakannya Pins harus mengizinkan akses root terlebih dahulu pada ponsel.

Itulah beberapa cara hapus aplikasi bawaan Samsung yang bisa Pins lakukan dengan atau tanpa menggunakan akses root. Tenang saja Pins, semua aplikasi root untuk menghapus aplikasi bawaan HP Samsung Android di atas aman digunakan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Editor: Nurchalimah

Featured Image Source: Unsplash


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download