Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Apakah yang Dimaksud dengan Dajjal? Temukan Jawabannya Di Sini

Apakah yang Dimaksud dengan Dajjal? Temukan Jawabannya Di Sini

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 27 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Apakah yang dimaksud dengan dajjal? Kemunculan dajjal kerap dikaitkan dengan hari kiamat. Bahkan terdapat beberapa ulasan yang menguraikan bentuk dajjal sebagai gambaran hari akhir nanti. Namun demikian tak ada satu pun orang tahu kapan kemunculan dajjal ke muka bumi. Sebab, hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Namun sebetulnya siapakah dajjal? Dan, mengapa makhluk ini kerap direpresentasikan dengan hari kiamat. 

Pinhome – Berikut ini ada ulasan mengenai pengertian dajjal, bentuk dajjal, serta ciri-ciri dajjal keluar sebelum kiamat. Pins yang penasaran dengan siapa sebenarnya dajjal, agaknya perlu menyimak ulasan berikut. Baca sampai habis ya!

Pengertian dajjal

apakah yang dimaksud dengan dajjal
(Flickr)

Apakah yang dimaksud dengan dajjal? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dajjal adalah:

  1. n setan yang datang ke dunia apabila kiamat sudah dekat (berupa raksasa)
  2. n ki orang yang buruk kelakuannya; penipu; pembohong

Sementara, secara etimologi kata dajjal berasal dari bahasa Arab,  الدّجّال, atau ad-Dajjāl‎. Artinya, seorang tokoh dalam eskatologi Islam yang akan muncul menjelang kiamat. Dajjal dikatakan makhluk yang kafir dan jahat. Ia juga disebut sebagai pembawa fitnah  atau ujian terbesar yang tak pernah ada sebelumnya. 

Dalam definisi lainnya, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahw dajjal adalah salah satu tanda kiamat kubra atau hari akhir. Ia merupakan perkara ‘ghaib’ atau sam’iyyat. Sebagai seorang muslim yang beriman, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk mengimani kedatangan dajjal. Lantas, seperti apakah bentuk dajjal? 

Dalam satu hadis yang diriwayat Abu Dawud, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa Dajjal secara fisik merupakan seorang laki-laki pendek, berambut keriting, matanya buta sebelah. Nantinya, dajjal akan mengaku sebagai Tuhan sehingga membuat umat manusia kebingungan. Namun Nabi Muhammad menegaskan bahwa Tuhan tidak buta sebagaimana dajjal. 

Rasulullah SAW bersabda: 

“Sesungguhnya Dajjal adalah seorang laki-laki, pendek, jarak antara kedua betisnya berjauhan, keriting, buta sebelah, mata yang terhapus tidak terlalu menonjol, tidak pula terlalu ke dalam, maka jika dia melakukan kerancuan (mengaku sebagai Rabb) kepadamu, maka ketahuilah sesungguhnya Rabb kalian tidak buta sebelah.” – HR Abu Dawud.

Suatu hari, Rasulullah SAW menyampaikan pidato mengenai dajjal. Merujuk pada sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW kala itu mengawali pidatonya dengan mengatakan bahwa setiap nabi yang diutus oleh Allah SWT pasti akan mengingatkan umatnya akan kehdairan dajjal. Dalam pidatonya, Rasulullah SAW berkata,  “Dajjal pasti akan muncul di tengah kalian.”

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Ciri-ciri dajjal dan tanda awal kemunculannya

apakah yang dimaksud dengan dajjal
(Dream)

Terdapat beberapa tanda alam saat dajjal muncul ke bumi, di antaranya menyusutnya danau Tiberias, terjadi kekeringan selama 3 tahun, dan terjadi kelaparan panjang.

Sementara itu, Rasulullah SAW dalam sebuah hadis menyebut bahwa dajjal akan menguasai bumi selama 40 hari. Selama waktu tersebut, manusia akan dibuat kebingungan dengan kesaktian dajjal.

يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا لُبْثُهُ فِي الْأَرْضِ؟ قَالَ: “أَرْبَعِينَ يَوْمًا، يَوْمٌ كَسَنَةٍ، وَيَوْمٌ كَشَهْرٍ، وَيَوْمٌ كَجُمُعَةٍ، وَسَائِرُ أَيَّامِهِ كَأَيَّامِكُمْ 

Artinya: “Rasulullah SAW  menjawab, “Empat puluh hari; sehari ada yang lamanya sama dengan satu tahun, sehari ada yang namanya sama dengan satu bulan, sehari ada yang lamanya sama dengan satu minggu, sedangkan hari-hari lainnya sama dengan hari-hari kalian sekarang ini.”

Dalam uraiannya lainnya, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa dajjal akan menguasai manusia. Ia bahkan bisa menghidupkan manusia setelah membunuhnya. Namun Nabi Muhammad menegaskan bahwa dajjal tak dapat melakukan hal lain lebih daripada itu, ia juga tak mampu mengusuai manusia lain yang beriman. Nabi Muhammad SAW berkata: 

“Cobaan Dajjal antara lain ia membawa surga dan neraka. Neraka Dajjal adalah surga, sedangkan surga Dajjal adalah neraka. Barangsiapa diuji dengan neraka Dajjal, hendaklah ia memejamkan mata dan meminta pertolongan kepada Allah, niscaya neraka itu menjadi dingin dan menyelamatkan, sebagaimana api menjadi dingin dan menyelamatkan Ibrahim As.” 

Baca Juga: Sebutkan Ciri-Ciri Orang Munafik Dan Akibatnya!

Walau dajjal nampak menyeramkan, namun Allah SWT selalu memberikan perlindungan kepada umat-Nya yang beriman. Mereka yang beriman akan dilindungi dan dibimbing oleh Imam Mahdi. 

Sosok Imam Mahdi sendiri adalah seorang mulia yang diceritakan memiliki nama seperti Rasulullah SAW. Bahkan nama ayahnya sama seperti nama ayah Rasulullah SAW. Dalam riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda:

“Namanya sama dengan namaku, demikian pula nama ayahnya sama dengan ayahku.”

Lalu, untuk ciri fisiknya sendiri, Imam Mahdi memiliki ciri fisik memiliki dahi lebar dan hidung mancung. Hal ini sesuai dengan hadis yang artinya seperti berikut: 

“Al-Mahdi berasal dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan, setelah sebelumnya penuh dengan kekejaman dan kezaliman. Dia akan menguasai dunia ini selama tujuh tahun.” – HR Abu Dawud.

Sebagai seorang muslim yang beriman, Pins baiknya mempercayai kehadiran dajjal dan Imam Mahdi. Selain itu, hendaknya umat muslim juga tetap memegang teguh keimanan dan keislamannya agar tidak menyikuti apa yang disampiakan oleh dajjal. Sebab, sesungguhnya, surganya Dajjal adalah nerakanya Allah. Dan, nerakanya Dajjal adalah surganya Allah. 

Namun demikian, ingatlah juga bahwa Allah SWT juga menghadirkan Imam Mahdi untuk membimbing manusia. Jadi, sebagai muslim yang beriman kamu tak perlu takut akan kehadiran dajjal. 

Demikian uraian singkat mengenai pengertian dan bentuk dajjal. Semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua. Amin!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel