Apakah penipuan Alodokter Asuransi DBD 2 juta?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 3 menit membaca

Banyak yang mendapatkan telepon penawaran program asuransi Alodokter setelah instal aplikasi Alodokter. Mereka diiming-imingi asuransi DBD (demam berdarah dengue) dengan nilai proteksi sebesar 2 juta. Banyak yang komplain karena meminta data-data diri pengguna seperti foto KTP, nomor rekening, dan foto buku tabungan. Benarkah tawaran itu adalah resmi dari pihak Alodokter? Atau cuma penipuan?

Memang kita tak boleh sembarangan memberikan data-data pribadi ke orang yang tak dikenal. Jangan sampai data pribadi kita disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Kalau ada orang tak dikenal, tiba-tiba minta data pribadi, patut dicurigai. Apalagi sekarang banyak penipuan. Bukan cuma sekarang saja sih, dari dulu juga banyak penipuan.

Namun, kalau ada panggilan penawaran asuransi Alodokter itu terjadi setelah menginstal aplikasi, berarti kemungkinan besar dari pihak Alodokter. Kenapa bisa terjadi? Suatu aplikasi bisa mendapatkan data-data dari pengguna, tergantung izin aplikasi.

Bukan penipuan
Nah, pada aplikasi Alodokter, sebelum diinstal, pengguna harus menyetujui izin aplikasi Alodokter, yaitu mengakses nomor HP, akun FB, email, dan lokasi. Dengan menginstal Alodokter, berarti pengguna setuju kalau aplikasi tersebut bisa mengetahui data-data tersebut, termasuk nomor HP. Jadi, nomor HP yang didapatkan Alodokter itu berdasarkan izin dari pengguna.

Nah, telepon penawaran asuransi setelah menginstal aplikasi Alodokter merupakan cara promosi pihak Alodokter dalam menawarkan program asuransi Proteksi Alodokter.

Namun, ada baiknya kalau pengguna dijelaskan bahwa itu adalah program asuransi. Bukan kesannya pengguna akan mendapatkan 2 juta, kemudian meminta data-data diri pengguna. Masih banyak orang yang tidak tahu asuransi itu apa. Misal, ada orang yang mengira kalau dirinya mendapatkan 2 juta, kemudian ia kasih data-data pribadinya termasuk nomor rekening. Bukannya mendapatkan 2 juta, eh saldo rekeninnya malah terpotong tiap bulan.

Dalam ketentuannya, program pembayaran program Proteksi Alodokter melalui autodebet. Jadi, setelah Anda menyetujui untuk bergabung dan sudah memberikan data-data diri yang diminta, berarti Anda setuju kalau saldo rekening Anda dipotong tiap bulan untuk pembayaran asuransi Alodokter.

Gara-gara cara promosi seperti ini, banyak yang memberikan penilaian bintang 1 terhadap aplikasi Android Alodokter. Hal ini dapat menurunkan kredibilitas Alodokter.

Jadi, adanya telepon yang mengaku dari pihak Alodokter setelah memasang aplikasi Alodokter di HP bukanlah modus penipuan, melainkan benar-benar dari pihak Alodokter sebagai cara promosi untuk menawarkan program asuransi mereka.

Adapun untuk santunan yang ditawarkan, seperti halnya program asuransi lain, diberikan sesuai dengan klaim yang diminta, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis asuransi. Sederhananya, santunan diberikan kalau nasabah sakit hingga perlu perawatan di rumah sakit.

Jika Anda mendapatkan telepon dari pihak Alodokter yang menawarkan program asuransi, kalau Anda tidak memerlukannya, silakan abaikan saja. Tidak perlu memberikan data-data diri kepada penelepon.

Bagi yang sudah terlanjur gabung dan ingin berhenti, silakan hubungi email support@alodokter.com.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia