Apakah materai 6000 dijual di Indomaret / Alfamart?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 3 menit membaca

Di mana beli materai 6000? Apakah materai di Indomaret / Alfamart jual materai 6000? Apa sih kegunaan benda ini? Nah, kali ini warga62.com coba bahas tentang benda yang berupa kertas kecil ini. Silakan dibaca.

Sebelumnya, saya mau bahas dulu, apa sih materai 6000? Kenapa penting dan dicari banyak orang? Kenapa materrai yang berupa kertas kecil harganya mahal?

Sebelum membahas tentang apa sih materai 6000, saya bahas dulu tentang kata “materai”. Sebetulnya, kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisannya bukan “materai”, tapi “meterai”. Tapi berhubung banyak yang menyebutnya materai, jadi di web ini saya tulis materai saja ya. Toh, ini bukan pelajaran bahasa Indonesia, ini juga blog biasa, nggak perlu formal-formal amat.

Materai 6000 termasuk materai tempel. Adapun menurut KBBI, meterai tempel adalah meterai yang berbentuk seperti prangko. Materai biasa ditempelkan di kuitansi. Materai juga biasa disertakan dalam surat perjanjian. Materai pada dokumen sebenarnya merupakan jenis pajak, yang disebut bea materai. Tidak heran kalau harganya mahal. Dengan adanya materai pada dokumen, maka jika terjadi masalah, dokumen tersebut bisa digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.

Misal, dua pihak melakukan perjanjian, dan telah menandatangani surat perjanjian bermaterai. Lalu di lain hari salah satu pihak melanggar perjanjian yang telah disepakati. Maka pihak yang dirugikan bisa menuntut ke pengadilan dan menjadian surat perjanjian tersebut sebagai alat bukti.

Well, saya bukan lulusan jurusan hukum, jadi saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh seputar hukum terkait dengan materai. Untuk informasi lebih detailnya, googling sendiri aja ya.

Lalu, di mana beli materai 6000?
Kertas kecil ini sebetulnya tak sulit didapatkan. Materai 6000 bisa didapatkan di Kantor Pos. Tapi, jika jarak ke Kantor Pos lumayan jauh, atau pengen membeli materai 6000 selain di Kantor Pos, masih ada tempat lain yang menyediakan materai 6000, yaitu tempat foto copy. Materai 6000 juga bisa didapatkan di toko yang menjual alat tulis kantor. Namun, tidak semua tempat foto copy menyediakan materai 6000.

Selanjutnya, apakah materai 6000 dijual di Indomaret / Alfamart?
Berdasarkan pengalaman saya ke Indomaret dan Alfamart, saya belum pernah menjumpai materai 6000 di minimarket tersebut. Namun, berdasarkan penelusuran di internet. Ternyata meterai 6000 dijual di Indomaret. Tapi, bukan sembarang Indomaret. Lho emangnya ada berapa jenis Indomaret? Jadi, selain Indomaret konvensional, ternyata masih ada tipe-tipe Indomaret lain, salah satunya Indomaret Point.

Lalu apa sih bedanya Indomaret biasa dengan Indomaret Point? Indomaret Point mengusung konsep convenience store. Adapun barang yang dijual berupa makanan dan minuman cepat saji. Seperti layaknya resto atau cafe, Indomaret Point juga menyediakan meja dan kursi untuk pelanggan. Berdasarkan akun Twitter resmi Indomaret Point (@indomaretpoint), di situ menjual meterai.

Edit: ternyata meterai juga bisa didapatkan di Indomaret biasa. Silakan coba tanyakan langsung ke kasirnya.

Waspada materai palsu
Zaman sekarang, apa apa dipalsukan. Bahkan yang materai yang berupa kertas kecil pun dipalsukan. Gimana tidak menggiurkan coba? Kertas kecil dihargai di atas 5.000. Lalu bagaimana sih cara membedakan materai asli dan palsu?

Diansir dari detik.com, materai yang asli dicetak dengan mesin khusus oleh Perum Peruri. Sedangkan materai palsu dicetak menggunakan mesin cetak biasa. Adapun mesin pencetak materai itu hanya dimiliki pemerintah, karena alat tersebut tidak boleh dibei oleh pihak swasta.

Mesin cetak yang digunakan untuk mencetak materai sama dengan mesin cetak yang digunakan untuk mencetak uang, sehingga hasil cetakannya kasar.

Selain itu, materai asli tidak licin jika diraba. Seperti halnya mengecek keaslian uang, untuk mengecek keaslian materai bisa juga dengan diterawang. Materai asli jika diterawang tampak hologram bergambar bunga yang yang dapat berubah warna.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia