Apakah JNE, J&T bisa kirim cairan ke luar Pulau Jawa?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 3 menit membaca

Apakah JNE dan J&T menerima paket berisi cairan? Apakah bisa kirim barang cair ke luar Pulau Jawa via J&T / JNE? Bagaimana cara mengirim barang cair agar aman lewat layanan ekspedisi? Bagaimana kalau paket ditolak oleh layanan ekspedisi tersebut?

Mengirim barang cair antar pulau lewat layanan ekspedisi bisa dibilang susah-susah gampang. Kalau barang cairnya berupa bahan kimia yang mudah terbakar, barangkali wajar. Tapi, kalau mau kirim madu, atau produk lainnya yang mengandung cairan, seperti sabun cair, masih ditolak juga, tentu ini menyulitkan bagi orang yang berjualan produk-produk seperti itu jika mendapat pembeli dari luar pulau.

Padahal kalau pesan lewat marketplace, aman-aman saja, meski barang yang dipesan berupa barang cair dan penjualnya ada di luar pulau. Lalu bagaimana sih kebijakan J&T dan JNE dalam menangani paket berupa cairan?

Saya seringkali mengirim barang cair, baik lewat JNE maupun J&T, nyatanya aman-aman saja meski tujuannnya ke luar pulau. Jadi, sebenarnya paket barang cair bisa dikirim lewat kedua layanan ekspedisi tersebut. Namun, tergantung jenis barangnya, tidak semua barang cair diterima oleh pihak ekspedisi.

Packing aman
Paket berisi barang cair rentan mengalami kerusakan dalam perjalanan. Misal, barang cair yang dikemas dalam botol, dalam perjalanan, botol pecah, isinya tumpah, paket lain jadi kena cairan tersebut. Kalau kena dokumen, bisa merusak paket tersebut.

Untuk itu, sebelum mengirim paket berupa barang cair baik ke J&T maupun JNE, pastikan packing produk aman. Bila perlu lapisi paket dengan bubble wrap. Jika kemasan rentan pecah, misal menggunakan botol beling, supaya lebih aman, sebaiknya di-packing kayu. Pihak ekspedisi berhak menolak paket dengan alasan tententu.

Jadi, paket berupa barang cair merupakan paket yang berisiko, apalagi kalau dikirim lewat jalur udara. Maka dari itu tak heran jika pihak ekspedisi menolak barang cair.

Lewat jalur darat dan jalur laut
Barang cair yang dianggap berbahaya jika dikirim menggunakan pesawat terbang, bisa dikirim lewat jalur darat jika tujuannya masih sesama pulau. Jika beda pulau, pengiriman bisa dilakukan lewat jalur laut. Karena melalui jalur laut, waktu pengiriman jadi lebih lama ketimbang lewat jalur udara. Namun, jalur ini lebih aman untuk paket berisi cairan.

Jadi, kirim barang cair bisa lewat J&T dan JNE. Supaya paket lebih aman, sebaiknya packing serapi mungkin. Supaya lebih aman, Anda bisa gunakan bubble wrap untuk membungkus paket, dan juga menggunakan kardus yang tebal.

Untuk barang yang menggunakan botol beling, apalagi botolnya berukuran besar, sebaiknya gunakan packing kayu. Karena ada tambahan packing kayu, paket jadi lebih berat, sehingga berpengaruh terhadap ongkir. Bisa jadi paket yang sebelumnya cuma 1 kg, setelah diberi packing kayu, masuk hitungan ongkirnya jadi 2 kg.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia