Apakah Eropa itu benua? Ini jawabannya

Diperbarui oleh ∙ October 17, 2022 ∙ 4 menit membaca

Apakah Eropa itu benua? Jawaban atas pertanyaan ini adalah ”Ya” dan ”Bukan”. Definisi benua yang tercantum dalam buku adalah ”suatu bagian daratan bumi yang besar” dan sebagian besar benua dapat dengan mudah diidentifikasikan pada peta dunia atau globe.

Akan tetapi, Eropa tampak seperti perluasan daratan Asia besar bagian barat. Kenyataannya, suatu semenanjung yang membentang pada bagian barat dari daratan utama Eurasia merupakan seluruh daratan yang disebut Eropa itu.

Karena sangat pentingnya Eropa dalam dunia sejarah, bagaimanapun daratan itu sudah dianggap benua tersendiri untuk jangka waktu yang sangat lama.

Penduduk Timur Tengah zaman dahulu membagi dunia menjadi 3 bagian. Bagian pertama adalah daerah tempat tinggal mereka. Mereka menyebut daratan di bagian timur mereka dengan Asu “daratan matahari terbit”.

Kunjungi Peta Eropa atau di google map

Daratan di sebelah barat disebut Ereb “daratan matahari terbenam”. Mungkin apa yang kita sebut Eropa dan Asia berasal dari kata-kata kuno ini.

Baca juga: Penduduk Eropa yang Kompeks dan Asal Usulnya

Sebagian besar perbatasan Eropa dengan jelas ditandai dengan lautan, atau samudra, yang mengitari pantai-pantainya. Perbatasannya dengan Afrika dan Asia, kecuali untuk bagian Uni Soviet, merupakan perbatasan yang jelas Laut Tengah dan hubungannya yang terbuka dengan Laut Hitam melalui Selat Dardanela dan Selat Bosporus.

Para ahli geografi masih memperdebatkan batas Eropa bagian timur. Banyak orang yang menarik batas sepanjang Pegunungan Ural, Sungai Kara dan Sungai Ural, dan melalui Cekung Manych ke arah Laut Kaspia.

Uni Soviet dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Soviet Eropa dan Soviet Asia. Para ahli geografi Soviet tidak menyetujui pembagian ini. Beberapa ahli geografi Barat juga menganggap Uni Soviet sebagai unit tersendiri.

Sejumlah besar pulau juga dianggap sebagai bagian Eropa. Pulau-pulau ini meliputi Spitsbergen dan Novaya Zemlya di bagian utara dan Britania Raya, Irlandia, Hibrida, Kepulauan Orkney, Kepulauan Shetlandia, Kepulauan Selat, Pulau Man, Kepulauan Faeroe, dan Islandia di bagian baratlaut.

Baca juga: Eropa Dalam Sejarah Panjangnya

Ada sejumlah pulau di Laut Baltik. Kepulauan Balearik, pulau Korsika, Sardinia, Sisilia, Malta, dan Kepulauan Yunani di Laut Tengah.

Luas benua ini kira-kira 10.900.000 km2 dan menduduki benua terkecil kedua setelah Australia. Kesempitan Eropa sangat berlawanan dengan ukuran Uni Soviet yang raksasa itu, yaitu seluas 22.400.000 km2, dan membentang dari Laut Baltik menuju Selat Bering memotong hampir 180° longitudinal, atau kira-kira separuh bola dunia.

Bangsa-Bangsa Eropa

Dewasa ini 33 bangsa mendiami Benua Eropa, sebagian besar di daerah yang kecil. Sebagian negara, yang terletak di sebelah utara, disebut negara Skandinavia, yaitu Swedia, Denmark, dan Norwegia. Finlandia dan Islandia kadang-kadang dimasukkan ke dalam kelompok ini juga.

Belgia, Belanda, dan Luxembourg sering dikelompokkan sebagai negara Benelux, atau negara daratan rendah yang terletak di tepi utara Eropa Barat. Prancis, Irlandia, dan Inggris juga termasuk Eropa Barat.

Italia menduduki semenanjung Italia di selatan Eropa; Spanyol dan Portugal bersama-sama mendiami Semenanjung Iberia di bagian baratdaya. Yunani, Turki Eropa, Bulgaria, Albania, dan sebagian besar Rumania dan Yugoslavia terletak di Semenanjung Balkan bagian tenggara.

Negara-negara Eropa tengah meliputi Swiss, Austria, dan Jerman Barat. Empat negara Eropa tengah lainnya, yaitu Jerman Timur, Polandia, Hongaria, dan Cekoslowakia-mempunyai ikatan politik yang lebih erat dengan Uni Soviet dari pada dengan tetangga mereka bangsa Eropa lainnya.

Enam republik Uni Soviet berderet di sepanjang perbatasan Eropa yaitu Estonia, Latvia, Lithuania, Belorussia, Ukraina, dan Moldavia. Separuh dari Uni Republik-Republik Sosialis Soviet bagian barat berada di wilayah: Eropa, sedangkan separuh bagian timurnya berada di wilayah Asia.

Baca juga: Eropa dan Pengaruhnya Bagi Dunia Modern

Eropa juga terdiri atas lima negara yang meliputi daerah kecil, tetapi kekurangan mereka yang berkaitan dengan ukurannya tertutup oleh penampilannya yang menarik dan sejarahnya yang memesona.

Kota Vatikan dan San Marino terletak di Italia; Monako terletak di pantai selatan Prancis, Liechtenstein terselip di antara Swiss dan Austria, sedangkan Andorra terletak di daerah yang tinggi di pegunungan Pyrenee.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget Ketahui Perbedaan MacBook Pro dan Air, Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Seperti yang Pins ketahui, perusahaan Apple selalu merilis dua varian laptop terbaru yaitu MacBook

Finansial
Finansial Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?

Crypto adalah instrumen investasi yang mempunyai risiko sangat tinggi. Investasi crypto sebaiknya m

Gadget
Gadget 3 Cara Mendownload Google Classroom Di Laptop, Mudah Banget!

Sejak pandemi, beberapa instansi pendidikan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran

Finansial
Finansial 10 NFT Marketplace Indonesia & Global yang Populer, Banyak Dipakai Investor!

Kepopuleran NFT (Non Fungible Token) di Indonesia turut beriringan dengan bermunculannya NFT market

Gadget
Gadget 6 Cara Ngeprint dari HP Tanpa Maupun Dengan Kabel

Pada era yang serba digital ini, semua hal dituntut untuk bisa lebih cepat. Begitu pula, dengan men

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia