Pinhome

Apakah Boleh Puasa Syawal Tidak Berurutan?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 27 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, umat muslim juga dapat mengerjakan puasa sunah untuk menambah amalan pahalanya. Terdapat berbagai puasa sunah yang dapat dikerjakan. Salah satunya ialah puasa syawal setelah Idul Fitri. Puasa syawal ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Pins ingin mengganti puasa Ramadhan yang ditinggalkan. Sebab, selain dianjurkan puasa syawal juga memiliki banyak manfaat. Umumnya puasa syawal dijalankan selama 6 hari berturut-turut, tetapi apakah boleh puasa syawal tidak berurutan?

Pinhome – Namun beberapa orang masih sering bingung bagaimana pelaksanaannya. Salah satu hal yang dipertanyakan yakni apakah boleh puasa syawal tidak berurutan. Dalam ulasan ini dijelaskan aturan dan keutamaan puasa syawal. Jika Pins belum menemukan jawaban terkait pertanyaan puasa syawal boleh tidak berurat atau bagaimana, maka kiranya perlu membaca ulasan berikut. Simak sampai habis, ya!

Baca Juga; Doa Niat Puasa Qadha Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Pengertian Puasa Syawal dan Hukumnya

(The Fight)

Puasa syawal adalah ibadah puasa yang dilakukan pada bulan Syawal. Meski bukan amalan ibadah wajib seperti puasa Ramadhan, tapi puasa syawal dapat menyempurnakan puasa wajib tersebut. 

Pinhome – Mengutip laman Kompas.com, hukum puasa syawal adalah sunnah bagi yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib. Baik qadha puasa Ramadhan atau puasa nazar. Sementara, bagi mereka yang memiliki utang puasa karena uzur, hukum puasa syawal menjadi makruh. Namun bagi orang yang dengan sengaja tidak menjalankan puasa Ramadhan maka hukum puasa syawal menjadi haram. 

Baca Juga; Doa Niat Puasa Asyura Dan Makna Di Balik Puasa Tersebut Bagi Yang Menjalaninya

Tata Cara Melaksanakan Puasa Syawal

apakah boleh puasa syawal tidak berurutan
(Islamic Reminder)

Puasa syawal idealnya dilakukan selama enam hari berturut-turut. Namun demikian, beberapa orang masih kerap menanyakan apakah puasa syawal boleh tidak berurutan.

Mengenai hal tersebut, Buya Hamka seperti dikutip dalam laman  Popmama menjelaskan bahwa puasa syawal dapat dikerjakan tidak berurutan. Hal ini sesuai dengan mazhab Imam Syafi’i. Namun demikian, akan lebih baik jika puasa syawal dikerjakan secara berurutan. 

Untuk pelaksanaan waktunya, puasa syawal disarankan dikerjakan sehari setelah Idul Fitri. Kendati demikian puasa syawal tetap dapat dikerjakan selama hari lainnya selama masih dalam bulan Syawal. Hal ini dilakukan untuk meraih keutamaannya. 

Sebagai tambahan, bila seorang muslim memiliki utang puasa, maka diwajibkan untuk menggantinya terlebih dulu. Puasa pengganti Ramadhan ini dapat dilakukan pada hari kedua syawal atau tepatnya setelah Idul Fitri. 

Perlu diingat bahwa mengganti puasa Ramadhan hukumnya lebih utama daripada puasa syawal. Sebab puasa ini merupakan ibadah wajib. Jika seorang muslim tidak mengganti puasa Ramadhannya maka keutamaan puasa Syawal tak bisa didapatkan. 

Mengutip laman Kompas.com, sebagian ulama mengatakan bahwa jika luput menunaikan puasa syawal di bulan Syawal karena halangan tertentu, maka boleh mengqadanya dengan puasa enam hari secara berututan di bulan lainnya. 

Untuk lebih jelasnya, berikut juga bacaan niat puasa syawal yang dapat memantapkan hati seorang muslim dalam menjalankannya. 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى‎

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Apabila tiba-tiba di pagi hari Pins ingin menjalankan puasa syawal, maka diperbolehkan selama belum makan dan minum. Saat itu juga, Pins dapat membaca niat berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى‎

Arab latin: Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah SWT.”

Pahala dan Keutamaan Puasa Syawal 

apakah boleh puasa syawal tidak berurutan
(Islami City)

Puasa syawal memiliki banyak keutamaan, berikut di antaranya: 

  1. Puasa Syawal dapat menjadi penyempurna ibadah puasa Ramadhan. Dengan demikian, pahala dari menjalankan kedua puasa ini akan lebih besar;
  2. Seseorang yang menjalankan puasa syawal secara berturut-turut akan mendapat pahala seolah ia berpuasa selama satu tahun;
  3. Dengan menjalankan puasa syawal seorang muslim akan terbiasa menjalankan puasa sunah setelah Ramadan berlangsung;
  4. Puasa syawal pun dapat menjadi wujud syukur umat muslim kepada Allah SWT; 
  5. Dan, puasa syawal dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah yang telah dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda seperti berikut: 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” HR Muslim Nomor. 1164.

Selain itu, Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan bahwa, “Puasa enam hari di bulan Syawal hukumnya mustahab menurut mayoritas para ulama.” – Al-Mughni, 3/176.

Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa puasa syawal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pins yang menjalankan puasa syawal akan diberi keberkahan dan pahala yang berlimpah. 

Selain itu, Rasulullah SAW menyebut bahwa bau mulut umat muslim yang gemar menjalankan puasa, akan lebih harum di mata Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis yang artinya seperti berikut: 

“Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu).” Kemudian, Rasulullah melanjutkan, “Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.” – HR Muslim.

Setelah mengetahui pahala dan keutamaannya, hendaknya umat muslim mulai rajin menjalankan puasa syawal. Tak perlu berurutan, selama dilakukan dengan niat yang tulus, Pins pun akan mendapatkan keutamaannya. Yuk, mulai giatkan puasa syawal supaya selalu dekat dengan rida-Nya. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel