Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Belajar Mengerti Apa yang Dimaksud dengan Ta’awun dalam Islam

Lifestyle

Belajar Mengerti Apa yang Dimaksud dengan Ta’awun dalam Islam

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 8 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Islam mengajarkan kita untuk selalu berbuat kebaikan. Salah satu hal yang dapat dilakukan yakni dengan menerapkan ta’awun. Konon, sikap inilah yang dimiliki oleh Rasulullah SAW dan membuatnya dicintai oleh seluruh umat. 

Pinhome – Lantas, sebetulnya apa itu ta’awun? Untuk mengetahui arti ta’awun, Pins dapat membaca ulasan ini sampai habis. Dalam ulasan ini, akan diuraikan arti ta’awun hingga contoh sikap dan keutamaannya. Yuk, langsung simak penjelasannya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perilaku Ikhlas Sulit Dilakukan

Apa Itu Ta’awun?

(Unsplash)

Secara ringkasnya, ta’awun artinya adalah tolong-menolong. Kata ini berasal dari bahasa Arab yang juga memiliki arti sama. Lebih rincinya, arti ta’awun ini adalah sikap atau perilaku saling membantu atau menolong orang lain tanpa memandang latar belakangnya. 

Baca Juga: Sambatan Gotong Royong Membangun Rumah

Dalam Islam, sikap   dianggap sebagai salah satu sikap yang mulai. Jadi, wajar bila sikap ini sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT yang ditulis dalam salah satu surahnya. 

Berikut bacaan surah tersebut:

وَتَعَاوَنُوۡا عَلَى الۡبِرِّ وَالتَّقۡوٰى‌ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوۡا عَلَى الۡاِثۡمِ وَالۡعُدۡوَانِ‌ ۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ شَدِيۡدُ الۡعِقَابِ….

Arab latin: “……wa ta’aa wanuu ‘alalbirri wattaqwaa, wa ta’aa wanuu ‘alal itsmi wal’udwaan, wattaqullaaha, innallaaha syadiidul ‘iqaab.”

Artinya: “…Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.”

Dalam surah At-taubah ayat 71 juga dijelaskan mengenai perintah dan arti ta’awun. Berikut bacaan surahnya: 

وَالۡمُؤۡمِنُوۡنَ وَالۡمُؤۡمِنٰتُ بَعۡضُهُمۡ اَوۡلِيَآءُ بَعۡضٍ‌ۘ يَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمُنۡكَرِ وَيُقِيۡمُوۡنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤۡتُوۡنَ الزَّكٰوةَ وَيُطِيۡعُوۡنَ اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ‌ؕ اُولٰۤٮِٕكَ سَيَرۡحَمُهُمُ اللّٰهُؕ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ 

Arab latin: Walmu’minuuna wal mu’minaatu ba’duhum awliyaaa’u ba;d; yaamuruuna bilma’ruufi wa yanhawna ‘anil munkari wa yuqiimuunas Salaata wa yu’tuunaz Zakaata wa yutii’uunal laaha wa Rasuulah; ulaaa’ika sayarhamuhumul laah; innallaaha ‘Aziizun Hakiim.

Artinya: “Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana”.

Keutamaan Sikap Ta’awun 

(Unsplash)

Setelah mengetahui apa itu ta’awun, kini saatnya Pins memahami keutamaan dan manfaatnya. Berikut uraiannya: 

1. Pelindung sesama umat muslim 

Rasulullah SAW menyerukan ta’awun kepada seluruh umat muslim. Namun bentuk yang beliau serukan yakni ta’awun dalam persatuan dan berpegang teguh pada perintah Allah SWT. 

Dengan menjalankan ta’awun harapannya semua umat muslim dapat bertambah kuat dan saling membantu satu sama lain. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut: 

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

Artinya: “Seorang mukmin dengan mukmin lainnya bagaikan satu bangunan yang sebagiannya menguatkan bagian lainnya.” – HR. Al-Bukhari Muslim.

2. Ta’awun mengajarkan umat muslim untuk memiliki kepekaan 

Sikap ta’awun dapat membimbing kita menjadi pribadi yang lebih peka dan peduli terhadap sesama. Imam Atho bin Abi Robah rahimahullah mengatakan untuk mencari tahu bagaimana keadaan sodara kita sedikit dalam tiga, yakni: 

  • Apakah mereka dalam keadaan sakit? Jika iya, maka jenguklah. 
  • Apakah mereka dalam keadaan sulit? Jika iya, maka bantulah mereka. 
  • Apakah saudara kita (sesama umat muslim) dalam keadan ‘lupa’ dan lalai? Jika iya, maka ingatlah dan bantulah mereka. 

3. Terwujudnya kecintaan dan kebersamaan 

Sikap ta’awun dapat membantu mewujudkan kecintaan dan kebersamaan seluruh umat muslim. Imam Abul Hasan al-’Amiri mengatakan bahwa ta’awun yang dilakukan atas perintah Allah SWT dapat menuntut kesatuan pikiran yang mendatangkan kecintaan. 

Hal ini sudah dibuktikan sendiri olah Rasulullah dan para sahabat yang senantiasa bergotong-royong membantu sesama umat muslim supaya mencapai kebahagiaan yang sama. 

Selain ketiga hal di atas, ta’awun juga mendatangkan beberapa manfaat berikut: 

  1. Meringankan pekerjaan dan amalan yang sulit dikerjakan sendiri. 
  2. Timbul perasaan saling membutuhkan sehingga bisa saling menguatkan satu sama lain. 
  3. Bukti kecintaan kepada sesama umat muslim. 
  4. Wujud dari keimanan kepada Allah SWT, sehingga ia akan melimpahkan keberkahan-Nya. 
  5. Kebersamaan dan ta’awun dapat menghilangkan perasaan iri dan dengki.
  6. Landasan kemajuan dan keberhasilan dalam perilaku sehari-hari.

Contoh Sikap Ta’awun dalam Kehidupan Sehari-hari

(Pexels)

Sikap ta’awun dapat diterapkan dalam berbagai momen di kehidupan. Berikut ini ada beberapa contoh sikap ta’awun yang dapat Pins amalkan dalam kehidupan sehari-hari: 

  1. Menutupi aib saudara atau kawan sendiri. 
  2. Memberi bantuan kepada seseorang yang membutuhkan. 
  3. Menjenguk dan mendoakan orang yang sedang sakit atau tertimpa musibah. 
  4. Membantu menyediakan makanan kepada orang yang berpuasa. 
  5. Gotong-royong memberikan lingkungan tempat tinggal. 
  6. Senantiasa menjaga kebersihan tempat umum. 

Walau kelihatannya mudah, sayangnya cukup sulit menerapkan sikap ta’awun dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, coba terapkan beberapa upaya berikut supaya Pins terbiasa menerapkan sikap ta’awun:

  1. Sadar bahwa setiap manusia tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan. 
  2. Sadar bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi harus saling membantu untuk melengkapi. 
  3. Membiasakan diri untuk mengendapkan kepentingan umum tanpa harus mengorbankan kepentingan pribadi. 
  4. Belajar melihat potensi diri, baik dari segi keilmuan atau materi supaya bisa mewujudkan kebersamaan lewat ta’awun

Demikian arti ta’awun serta keutamaan dan contoh sikapnya. Semoga bisa menjadi panduan Pins dalam menerapkannya. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel