Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Apa yang Dimaksud dengan Sketsa?

Hobi

Apa yang Dimaksud dengan Sketsa?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 19 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Apa yang dimaksud dengan sketsa adalah aktivitas membentuk sebuah gambar kerangka atau rancangan kasar hingga tuntas. Bedanya dengan menggambar atau melukis adalah pada sketsa tidak diberikan warna. Sketsa biasanya hanya dibuat menggunakan pensil lalu diberikan arsiran dan perspektif tiga dimensi. 

Pinhome – Pada dasarnya menggambar sketsa adalah kegiatan membuat sebuah konsep. Bisa juga didefinisikan sebagai membuat draft sebuah ide. Jadi apa yang dimaksud dengan sketsa merupakan proses awal untuk membangun sebuah konsep di dalam kepala yang dituangkan dalam gambar.

Menggambar sketsa yang baik tentu membutuhkan waktu untuk belajar dan terus memperhatikan karya sketsa orang lain. Menggambar sketsa berbeda dengan teknik menggambar pemandangan pada buku gambar dan objek lain yang diberi warna. Ada teknik khusus dan persiapan tersendiri sebelum akhirnya mengguratkan garis pada kertas gambar.

Untuk mengetahui penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan sketsa, langsung saja kita cek penjabaran berikut ini yuk!

Dasar-dasar sketsa

apa yang dimaksud dengan sketsa
(desain rumah minimalis terbaru)

Sebelum masuk lebih dalam untuk mengupas apa yang dimaksud dengan sketsa, mari pahami dasar-dasar sketsa.

Upayakan Anda mempunyai alat tulis yang dibutuhkan

Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan alat tulis menggambar sketsa. Anda bisa mempersiapkan pensil H yang bertekstur kasar. Fungsinya untuk membuat garis tipis, garis lurus, dan garis yang tidak bersatu dengan sketsa. Lalu siapkan pensil B yang lebih lunak untuk membuat garis kabur dan membuat bayangan pada sketsa.

Kedua kertas fine art yang bisa Anda temukan di toko buku terdekat. Nantinya kertas ini akan Anda gunakan sebagai media dalam menggambar sketsa.

Pilih Objek

Bagi Anda yang baru saja berkecimpung dalam membuat sketsa, upayakan untuk memilih objek di dunia nyata. Tujuannya agar Anda bisa mengimitasi bentuk objek nyata ke dalam gambar sketsa.

Hindari Menggambar dengan Keras 

Dalam menggambar sketsa jangan terlalu keras atau menekan ke kertas. Lakukan menggambar sketsa dengan sentuhan halus serta gerakan yang cepat.

Fungsi Sketsa

Sketsa sendiri mempunyai fungsi sebagai media awal menuangkan ide. Ibaratnya ini adalah fase seseorang menerjemahkan isi kepala dalam sebuah gambar kasar yang belum memperhatikan estetika. 

Fungsi sketsa bermacam-macam tergantung dengan industri apa yang menggunakan sketsa tersebut.

  • Pada industri properti, biasanya para arsitektur atau desainer interior akan menggunakan sketsa dalam membangun atau mendesain sebuah rumah.
  • Sementara bagi seorang desainer baju, maka sketsa sangat penting untuk mengilustrasikan ide atau tampilan pakaian yang akan diproduksi.
  • Beberapa orang yang bisa menggambar sketsa menjadikannya sebagai hobi. 

Jadi, fungsi sketsa sangat beragam tergantung dari industri apa yang membutuhkan.

Langkah-langkah menggambar sketsa

Sebelum Anda membuat sketsa ada baiknya Anda memahami langkah-langkah untuk menggambar sketsa. Yuk pahami langkah-langkahnya!

Siapkan alat 

apa yang dimaksud dengan sketsa
(Blog Blahbloh)

Siapkan alat yang telah disebutkan di atas. Anda harus mempunyai pensil jenis H dan B. Mulai dari 6H, 4H dan 2H serta 6B, 4B dan 2B.

Latihan membuat garis dan lingkaran

apa yang dimaksud dengan sketsa
(Kreativv)

Latih tangan Anda untuk membuat dan membentuk lingkaran atau garis lurus dengan cepat. Hal ini agar tangan Anda terbiasa menggoreskan garis dengan cepat.

Buat garis tipis

(Kata Ucap)

Mulailah gunakan pensil H untuk membuat garis-garis tipis, sebelum akhirnya Anda memberikan arsiran bayangan dengan pensil B.

Tebalkan Garis dengan pensil B

(design.tutsplus.com)

Setelah membuat kerangka dengan pensil H, Anda mulai membuat guratan tebal dengan pensil B.

Tips untuk bisa menggambar sketsa

Dalam membuat sketsa memang tidak bisa instan. Anda harus terus berlatih dan membiasakan membuat sketsa. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai tips menggambar sketsa.

Pertama jangan malu untuk menyontoh. Apabila dalam ujian menyontoh atau menyontek dilarang, maka saat berlatih membuat sketsa silakan meniru sebanyak-banyaknya. Hal ini untuk membiasakan tangan Anda.

Kedua pilih alat tulis dengan kualitas yang bagus. Hal ini akan berkaitan dengan kualitas gambar sketsa yang akan Anda buat. Misalnya pilih pensil dengan merek ternama yang sudah diakui oleh masyarakat.

Ketiga belilah buku sketsa sendiri untuk menjadi media latihan Anda. Jadi jangan menggunakan buku tulis ya Pins, karena jenis kertasnya pun berbeda.

Nah itu saja pembahasan mengenai sketsa. Semoga Anda lebih memahami apa yang dimaksud dengan sketsa untuk memudahkan Anda membuat denah rumah atau sketsa rumah. Yuk coba untuk latihan membuat sketsa!

Temukan beragam pilihan rumah dan apartemen terlengkap, seperti Apartemen Prima Orchad Residence di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel