Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Apa yang Dimaksud dengan Pola Lantai saat Menari? Simak Penjelasannya!

Hobi

Apa yang Dimaksud dengan Pola Lantai saat Menari? Simak Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 16 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menari adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang memiliki irama, biasanya diiringi bunyi-bunyian musik seperti gamelan dan sebagainya. Menari adalah kegiatan yang menyenangkan, bahkan tidak jarang orang yang hobi menari. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis tarian tradisional. Bahkan hampir setiap suku di Indonesia memiliki tarian tradisional khasnya masing-masing.

Pinhome – Dalam tarian ada istilah pola lantai yang harus diikuti agar penari dapat melakukan tarian dengan rapi. Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan pola lantai. Bagi Pins yang penasaran, yuk simak penjelasan mengenai pola lantai pada ulasan di bawah ini!

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Pola Lantai dalam Tarian

Mungkin masih banyak dari Pins yang belum mengetahui apa arti pola lantai. Padahal pola lantai sangat penting dalam menari. Pola lantai adalah posisi atau formasi penari saat melakukan tarian. 

Pola lantai ini dibentuk untuk mengatur bagaimana penari melakukan perpindahan, bergerak atau menggeser posisi saat menari di atas panggung. Hal inilah yang akan membuat tarian menjadi lebih rapi dan menarik ketika dilihat di atas panggung. Pola lantai ini disebut juga dengan teknik blocking (penguasaan panggung) oleh penari.

Peran Pola Lantai dalam Tarian

(Pixabay)

Meski jarang diketahui oleh orang awam, pola lantai ini memegang banyak fungsi penting agar tarian berjalan lancar tanpa hambatan. Pola lantai ini memiliki beberapa fungsi penting dalam tarian, di antaranya :

Mencegah Terjadinya Tabrakan Saat Menari

Salah satu fungsi penggunaan pola lantai dalam tarian adalah untuk mencegah terjadinya tabrakan antar penari saat sedang melakukan pertunjukan. Tarian biasanya memiliki gerakan-gerakan sulit dan lincah yang terkadang membuat penari kesulitan dalam mengawasi lingkungan sekitar. 

Tak jarang penari mengalami tabrakan antar penari karena terlalu fokus pada gerakan. Pola lantai inilah yang akan membantu penari agar tetap pada jalur dan formasinya hingga tabrakan saat menari dapat dihindari.

Membantu Penari Melanjutkan Gerakan

Jika sebelumnya pola lantai digunakan untuk mencegah terjadinya tabrakan antar penari, ternyata pola lantai juga bisa dijadikan patokan penari untuk melanjutkan gerakan. Dengan pola lantai, penari jadi harus berpindah-pindah area. Perpindahan inilah yang akan dijadikan penari sebagai patokan perubahan gerakan dalam tarian.

Formasi Tarian Lebih Rapi

Dengan pola lantai yang tersusun dan diikuti dengan baik oleh para penari, tentu pola lantai dapat membuat formasi tarian menjadi sangat bagus untuk dilihat. Formasi tarian akan membuat tarian itu sendiri lebih rapi. Oleh karena itulah, pola lantai ini sangat penting untuk dilakukan agar gerakan dan posisi dalam melakukan tarian menjadi lebih rapi.

Jenis-Jenis Pola Lantai

(Pixabay)

Jika sebelumnya kita telah membahas apa yang dimaksud dengan pola lantai, maka sekarang kita akan beralih ke jenis-jenis pola lantai. Terdapat beberapa jenis pola lantai dalam seni tari, antara lain :

Garis Lurus Horizontal

Jenis pola lantai yang pertama adalah pola lantai garis lurus horizontal. Pola lantai ini membentuk formasi garis lurus memanjang ke samping kanan atau kiri (horizontal). Mungkin banyak dari Pins yang penasaran apa arti pola lantai yang satu ini. 

Pola lantai ini melambangkan ikatan manusia dengan manusia yang lainnya. Ya, pada dasarnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yaitu makhluk yang membutuhkan manusia lainnya untuk hidup. Beberapa tarian tradisional yang menggunakan pola lantai adalah tari saman dari Aceh dan tari Indang dari Sumatera Barat.

Garis Lurus Vertikal

Pola lantai garis lurus vertikal mirip dengan pola lantai garis lurus horizontal. Hanya saja posisinya yang berubah. Jika pada pola horizontal para penari akan memiliki formasi baris lurus memanjang ke kanan dan kiri, pada pola vertikal para penari akan memiliki formasi garis lurus memanjang namun ke arah depan dan belakang (vertikal). 

Penasaran apa arti pola lantai ini? Pola lantai garis lurus vertikal melambangkan ikatan manusia dengan Tuhannya. Pola lantai ini memberikan kesan sederhana namun kuat. Tarian tradisional Indonesia yang menggunakan pola lantai ini adalah tari pasambahan dari Sumatera Barat.

Diagonal

Pola lantai diagonal adalah pola lantai yang membentuk formasi dengan garis menyudut ke kanan atau kiri. Jika dilihat secara langsung, pola lantai ini akan memberikan kesan yang kokoh namun dinamis. Cukup banyak tarian tradisional yang menggunakan pola lantai ini, beberapa di antaranya adalah tari Pendet dari Bali dan tari Gending Sriwijaya dari Sumatera Selatan.

Garis Melengkung

Pola lantai yang terakhir adalah pola lantai garis lengkung. Pola lantai ini terdiri dari beberapa macam, yaitu garis lingkaran, angka 8, huruf U dan lengkungan ular. Pola lantai ini akan memberikan kesan yang unik. Banyak sekali tarian tradisional yang menggunakan pola lantai ini seperti tari Piring dari Sumatera Barat dan tari Ma’badong Toraja dari Sulawesi Utara.

Itulah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan pola lantai dan apa arti pola lantai dari setiap jenis-jenisnya. Semoga dengan ulasan di atas membuat Pins lebih memahami apa itu pola lantai, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel