Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Apa itu Iklan? Berikut Penjelasannya Lengkap dengan Jenis-jenis Iklan

Lifestyle

Apa itu Iklan? Berikut Penjelasannya Lengkap dengan Jenis-jenis Iklan

Ditulis oleh Iko ∙ 24 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan merupakan bagian yang sangat penting terutama dalam melakukan strategi pemasaran. Ya, karena hal yang satu ini berfungsi dalam memperkenalkan brand yang Pins pasarkan untuk menarik minat konsumen. Hal yang dapat diiklankan pun banyak, mulai dari barang, jasa, hingga konten yang dapat menimbulkan social awareness.

Pinhome – Semakin menarik konten yang dibuat dalam iklan tentunya akan membuat konsumen akan tertarik untuk membeli barang dan jasa yang Pins jual. Mungkin sebagian dari Pins masih bingung apa yang dimaksud dengan iklan dan apa saja jenis-jenis iklan. Tenang! Pinhome akan membagikan informasi lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan iklan lewat ulasan berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan iklan?

(Muhammad Ribkhan dari Pixabay)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Iklan merupakan alat promosi yang berisikan informasi yang dikemas semenarik mungkin untuk menarik konsumen agar membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, iklan tidak hanya digunakan semata-mata untuk keperluan komersial saja, melainkan juga dapat digunakan untuk menarik social awareness dari orang yang membacanya, seperti menanam pohon, kekerasan pada anak, dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

(Falken Post dari Pixabay)

Iklan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis sesuai fungsi dan medianya. Berikut daftar jenis-jenis iklan yang perlu Pins ketahui:

Iklan Komersial

Mungkin dengan mendengar namanya saja Pins sudah dapat membayangkan apa yang dimaksud dengan iklan komersial. Iklan komersial adalah iklan yang menawarkan barang atau jasa.

Tujuannya adalah untuk menarik konsumen membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Iklan ini banyak kita jumpai untuk iklan barang seperti iklan makanan dan minuman, sedangkan iklan jasa adalah asuransi, ojek online dan masih banyak lagi.

Iklan Pengumuman

Selain iklan komersial, terdapat jenis iklan lainnya yaitu iklan pengumuman. Jenis iklan ini berisikan pengumuman atau pemberitahuan tentang suatu informasi.

Biasanya iklan ini digunakan untuk menarik masyarakat seperti festival musik, festival kebudayaan, berita duka dan masih banyak lagi.

Iklan Pelayanan Masyarakat

Jenis iklan selanjutnya adalah iklan pelayanan masyarakat. Biasanya iklan ini dilakukan oleh organisasi-organisasi kemasyarakatan atau organisasi pemerintah.

Isi dari iklan ini pun berisikan informasi tentang suatu isu tertentu, misalnya cara mencegah penyebaran COVID-19, himbauan imunisasi dan lain-lain.

Iklan Permintaan

Iklan permintaan ini berisikan suatu informasi mengenai lowongan pekerjaan. Biasanya iklan ini dilakukan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan pekerja.

Jadi sudah jelas bahwa target dari jenis iklan ini adalah orang-orang yang membutuhkan pekerjaan.

Media Iklan

(Mikhael Gaida dari Pixabay)

Saat ini teknologi semakin maju, begitu juga dengan media-media yang dapat digunakan untuk iklan yang semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi. Ini dia daftar jenis iklan berdasarkan media yang perlu Pins ketahui.

Media Cetak

Tentu sudah banyak dari Pins yang paham apa yang dimaksud dengan iklan media cetak. Iklan pada media cetak merupakan jenis iklan yang dibuat dengan cara dicetak.

Biasanya iklan pada media cetak ini terdapat pada majalah, koran, poster, flyer, leaflet dan stiker. Pada media cetak isi yang ditampilan dapat berupa gambar maupun tulisan yang menjelaskan suatu informasi.

Media Elektronik

Selain media cetak, media lain yang dapat digunakan untuk iklan adalah media elektronik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa teknologi semakin canggih, kini iklan tidak hanya ditampilkan dalam bentuk gambar atau tulisan pada kertas, tapi juga dapat dibuat dengan gambar yang bergerak, tulisan, bahkan suara.

Beberapa media elektronik yang dimaksud adalah televisi, radio dan platform-platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Tips Membuat Iklan

(Startup Stock Photos dari Pixabay)

Jika Pins adalah seorang staf marketing, tentu membuat copywriting untuk iklan adalah salah satu pekerjaan yang biasa dilakukan. Tentunya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan lho dalam membuat iklan. Simak tips membuat iklan berikut ini:

Bahasa

Saat membuat iklan, Pins perlu memperhatikan bahasa yang akan digunakan. Sesuaikanlah bahasa yang akan digunakan dengan sasaran iklan.

Misalnya, jika sasaran iklan adalah millennials maka Pins dapat menggunakan bahasa yang lebih santai dalam iklan.

Hal ini berbeda jika sasaran iklan adalah orang dengan usia 30 tahun ke atas, tentu bahasa formal bisa menjadi pilihan yang baik.

Isi

Isi merupakan inti penting dari suatu iklan. Ketika membuat isi pada iklan, sebaiknya Pins mengemasnya dalam bentuk yang singkat, jujur, namun dapat menarik perhatian orang yang melihatnya.

Dalam membuat isi iklan juga sebaiknya tidak mengeluarkan kalimat yang bisa menyinggung pihak tertentu.

Informatif

Iklan memiliki keterbatasan baik ruang dan durasi waktu. Sehingga terkadang informasi yang disampaikan melalui iklan tidak lengkap.

Nah, inilah hal yang cukup menantang bagi seorang staf marketing. Karena dengan keterbatasan yang ada, iklan harus mencantumkan isi yang informatif sehingga orang yang melihatnya tertarik.

Menarik

Tidak bisa dipungkiri bahwa iklan perlu dikemas semenarik mungkin, mengapa?

Ya, hal ini untuk menarik minat orang-orang yang melihatnya. Sehingga orang akan tertarik untuk membeli barang atau produk jasa yang ditawarkan dalam iklan.

Jika iklan tidak menarik, jangankan untuk membeli orang akan mudah melupakan produk yang Pins tawarkan.

Persuasif

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah membuat iklan yang persuasif. Hal ini bertujuan untuk menarik orang agar membeli barang atau menggunakan produk jasa yang ditawarkan.

Semakin persuasif iklan maka akan semakin membuat orang yang melihatnya tertarik.

Itulah informasi mengenai apa yang dimaksud dengan iklan, jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, media yang digunakan untuk iklan dan tips membuat iklan. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel