Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Apa yang Dimaksud dengan Garis Lintang dan Garis Bujur?

Lifestyle

Apa yang Dimaksud dengan Garis Lintang dan Garis Bujur?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 20 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam geografi, Anda akan mengenal garis lintang dan garis bujur. Dua garis khayal ini merupakan koordinat yang mampu menentukan letak suatu lokasi. Pada prakitknya, garis lintang dan garis bujur menjadi penunjuk koordinat untuk pesawat, kapal laut dan hal-hal yang berkaitan dengan saintek lain. Lalu apa yang dimaksud dengan garis lintang dan garis bujur dan apa fungsinya dalam kehidupan kita?

Pinhome – Apabila Anda pernah melihat film tentang polisi, mata-mata, perang, superhero atau science fiction lain Anda akan menemukan para pemain dalam film menggunakan titik koordinat sebagai alat berkomunikasi. Biasanya mereka menggunakan garis lintang dan bujur untuk menuju markas musuh. Apa yang dimaksud dengan garis lintang dan garis bujur adalah sebuah koordinat yang membantu seseorang menemukan sebuah lokasi.

Ini menjadi salah satu contoh bahwa garis lintang dan bujur mempunyai peranan yang cukup penting dalam membantu banyak sektor. Di dalam dunia nyata peran garis lintang dan bujur juga penting. Google maps adalah salah satu aplikasi yang sering Anda gunakan bukan? Nah aplikasi ini memanfaatkan dua garis koordinat tersebut untuk menentukan lokasi yang Anda tuju.

Kira-kira apa lagi ya fakta menarik mengenai garis lintang dan bujur untuk kehidupan sehari-hari? Yuk kita simak bersama!

Baca Juga: Arti Skala 1 : 100 Pada Gambar Desain Bangunan

Sejarah Terciptanya Garis Lintang dan Garis Bujur

(Tirto Id)

Garis lintang dan garis bujur ditemukan oleh Abu Abdullah Muhammad bin Muhammad bin Abdullah bin Idris ash-Shiqili. 

Al Idrisi merupakan seorang pakar geografi, kartografi, mesirologi, zoologi dan botani yang sangat terkenal. Beliau lahir di kota Afrika Utara Ceuta (Sabtah) tahun 1100 M. Lalu beliau tumbuh dan berkembang di Cetua. Belua menempuh pendidikan di Cordova, Spanyol, dan meninggal dunia tahun 1166 Masehi di Sisilia.

Al Idrisi menggambar dan merancang peta dengan cara menggabungkan pengetahuan dari Afrika, Samudera Hindia, dan Timur Jauh. Lalu ia mengumpulkan pengetahuan para penjelajah serta para pedagang Islam dalam bentuk peta Islam. Karyanya banyak menyajikan data komprehensif dari setiap wilayah di dunia sehingga Al-Idrisi menjadi sangat dikenal dan mulai dilirik oleh kalangan navigator laut Eropa serta kalangan militer.

Popularitas seorang Al-Idrisi saat itu menggema ke penjuru negeri dan didengar oleh  Raja Roger II, raja Norman dari Sisilia. Al-Idrisi setelah itu diperintahkan untuk datang ke istana oleh Raja Roger II. 

Raja Roger II meminta Al Idrisi untuk membuat peta dunia. Al-Idris menyanggupi hal tersebut, namun Al Idrisi mengajukan syarat. Ia meminta agar di dalam peta itu tercantum data bahwa Sisilia pernah berada di dalam naungan kekuasaan kaum muslim sebelum Raja Roger berkuasa. 

Mega proyek pembuatan peta dunia tersebut melibatkan 12 sarjana, 10 diantaranya adalah ilmuwan muslim. Pengerjaan tersebut dikerjakan di kota Palermo. Al-Idrisi menggali informasi dari setiap navigator yang tengah beristirahat di Palermo dalam membuat peta dunia yang lengkap dengan garis lintang dan bujur.

Baca Juga: Jangan Sampai Lakukan Kesalahan Ini Saat Buat Denah Rumah Minimalis

Mengenal Garis Lintang dan Garis Bujur

(Yuk Sinau)

Pertama ada garis lintang. Garis lintang merupakan garis bantu yang dipergunakan dalam menentukan lokasi di bumi terhadap garis khatulistiwa. Jarak setiap garis akan dihitung dengan menggunakan satuan derajat. Garis lintang di sebelah selatan garis khatulistiwa disebut Lintang Selatan (LS). Sementara itu, garis yang terletak di utara garis khatulistiwa adalah Lintang Utara (LU). 

Selanjutnya, mari mengenal garis bujur. Garis bujur merupakan sebuah garis khayal yang menghubungkan kutub utara sampai dan kutub selatan. Garis ini menunjukkan posisi timur dan barat. Garis bujur utama atau Bujur 0° melalui kota Greenwich di Inggris. Garis bujur yang ada di sebelah timur kota Greenwich disebut Bujur Timur (BT). Sementara itu garis bujur yang lokasinya berada di sebelah barat Greenwich merupakan Bujur Barat (BB). 

Fungsi Garis Koordinat dalam Kehidupan Sehari-hari

Keberadaan garis koordinat lintang dan bujur bukan semata-mata hanya untuk membantu Anda dalam membaca globe dan peta. Ada banyak fungsi garis koordinat ini dalam praktiknya di masyarakat dunia. Berikut ini fungsi garis koordinat tersebut.

Fungsi Garis Lintang

apa yang dimaksud dengan garis lintang
(Arah Saya)

Beberapa fungsi dari garis lintang adalah sebagai berikut,

  • Menentukan lokasi sebuah area. Hal ini menjadi fungsi dasar dari sebuah garis lintang. Dalam pelayaran dan penerbangan, garis lintang mempunyai peran penting dalam menentukan koordinat sebuah area. Nahkoda kapal yang berada di tengah laut akan kebingungan apabila tidak terdapat koordinat yang jelas, hasilnya mereka tidak akan tahu lokasi saat ini. Maka dari itu jika Anda bepergian dari satu pulau ke pulau lain dengan melewati sebuah selat, maka kapal akan berjalan menggunakan arahan garis koordinat.
  • Garis lintang juga mempunyai fungsi dalam membagi iklim di dunia. Di dunia terdapat area yang beriklim tropis, subtropis, sedang dan dingin. Untuk memahami area mana saja yang mengalami iklim tersebut, maka kehadiran garis lintang membantu Anda dalam membedakan setiap iklim di area tersebut saat membaca peta atau globe. 

Fungsi Garis Bujur

apa yang dimaksud dengan garis lintang
(TribunNews)

Beberapa fungsi dari garis bujur adalah sebagai berikut,

  • Sama seperti garis lintang, garis bujur juga mempunyai fungsi untuk menentukan lokasi atau daerah berdasarkan koordinat yang tepat. Peran garis bujur juga penting dalam navigasi penerbangan dan pelayaran. Seorang pilot akan menggunakan koordinat garis bujur dan lintang dalam menjalankan pesawat terbang. 
  • Garis bujur membantu dalam pembagian waktu di setiap zona yang berbeda. Seperti yang kita ketahui waktu di setiap dunia berbeda-beda. Ketika di Indonesia bagian barat saat ini jam 10 pagi, maka di Kanada masih jam 4 pagi. 

Nah itu saja informasi tentang apa yang dimaksud dengan garis lintang dan garis bujur. Semoga bermanfaat untuk Anda ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel