Pinhome

Apa Itu Watermark? Berikut Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 20 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Watermark atau tanda air merupakan suatu tanda yang banyak dijumpai di berbagai karya yang dibuat oleh suatu individu maupun kelompok. Arti watermark kental kaitannya dengan informasi pemilik atau pembuat dari sebuah karya baik berupa tulisan maupun gambar. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak apa itu watermark dalam ulasan artikel di bawah ini secara lengkap!

Pinhome – Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu watermark dikatakan sebagai tanda dalam kertas yang hanya tampak samar-samar bila terkena sinar, seperti manuskrip pada uang kertas. Uang kertas yang biasanya Pins gunakan, memiliki tanda air yang berfungsi sebagai pengaman untuk mengetahui keaslian dari alat pembayaran. Hal tersebut disebut tanda air, dikarenakan gambar watermark pada uang bersifat transparan layaknya air dan dapat terlihat bila terkena cahaya. 

(freepik.com)

Sebenarnya apakah fungsi dari watermark hanya terjadi pada uang kertas? Tentu tidak Pins! Arti watermark memiliki cakupan luas tidak terbatas hanya kepada uang, suatu karya yang dibuat oleh seseorang sebaiknya memiliki watermark agar kedepannya bisa dipertanggung jawabkan keasliannya. Nah, untuk itu tersaji ulasan lengkap mengenai arti watermark dan cara membuatnya untuk diaplikasikan dalam sebuah karya.

Fungsi dan Jenis Watermark

Melirik dalam hal konten maupun sebuah karya seni, arti watermark memegang peranan penting dalam sebuah karya. Fungsi watermark itu sendiri, selain sebagai pertanda akan karya seseorang, watermark artinya juga dapat berfungsi sebagai alat promosi bagi sebuah karya. Contohnya adalah dalam branding sebuah logo perusahaan makanan. Mereka akan menampilkan gambar salah satu makanan ciri khas perusahaan dengan logo yang terletak pada gambar tersebut. Hal ini menjadi sarana promosi perusahaan untuk menciptakan brand awareness bagi penikmat makanan.

Dengan adanya watermark dalam suatu flyer maupun iklan, Pins pasti akan mengerti produk yang ditawarkan tersebut dibuat atau diproduksi oleh perusahaan apa lewat watermark logo yang ditampilkan. Selain itu pula untuk penikmat karya seni, fungsi watermark membuat suatu karya dapat dengan mudah dicari oleh orang lain. Maka dari itu tidak heran secara tidak langsung watermark membuat karya yang anda buat dikenal oleh khalayak luas.

Jenis Watermark

(doxapest.co.id)

Setelah Pins mengerti apa itu watermark, sekarang Pinhome akan mengajak anda untuk mengenal jenis watermark itu sendiri. Watermark terbagi atas dua jenis yaitu :

  • Watermark Kasat Mata

Watermark kasat mata atau watermark yang dapat dilihat oleh mata memiliki ciri khas dapat dilihat langsung oleh mata dalam bentuk yang beragam dari sebuah karya. Karya yang biasanya menggunakan watermark seperti pencipta lagu, gambar foto, karya tulis, video, lukisan dan masih banyak lagi sengaja dibuat untuk menunjukkan hak cipta dari kepemilikan sebuah karya. Hal tersebut untuk melindungi karya agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak berwenang.

Ciri khas watermark yang dapat dilihat secara langsung biasanya berbentuk logo yang menempel pada gambar, nama lengkap seseorang, tanda tangan, inisial maupun nama panggung dari pencipta karya. 

  • Watermark Tak Kasat Mata

Watermark tak kasat mata atau tidak dapat dilihat langsung oleh mata, memiliki campur tangan digital dalam prosesnya. Watermark artinya adalah pertanda dari sebuah karya, maka dari itu, walau tak kasat mata, watermark tersebut tetap dapat dilihat dengan bantuan benda lain. Salah satu contohnya adalah watermark pada uang kertas. Pins dapat melihat watermark pada uang dengan bantuan pantulan cahaya dari lampu maupun sinar matahari.

Selain itu, ada pula contoh watermark tak kasat mata yang hanya dapat dilihat dengan bantuan alat digital. Digital watermark hanya dapat terbaca lewat aplikasi perangkat lunak tertentu seperti kode identitas musik, video maupun gambar. 

Cara Mudah Membuat Watermark

(freepik.com)

Watermark artinya menempelkan satu tanda dalam bentuk apapun pada sebuah karya. Nah, untuk Pins yang sudah memiliki suatu karya tapi masih bingung cara membuat watermark, terlampir tata cara mudah dalam membuat watermark terlampir.

  • Menggunakan Microsoft Word

Langkah mudah dalam pengoperasian desain watermark pada microsoft word dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Untuk pengguna sistem operasi Windows, pertama buka aplikasi microsoft word, selanjutnya klik tab design dan klik custom watermark. 

Setelah itu anda tinggal memilih ingin watermark dalam bentuk gambar ataupun teks. Bila dalam bentuk gambar, klik picture dan upload logo maupun tanda yang Pins inginkan. Bila dalam bentuk tulisan, klik pada kolom text , ketik watermark apa yang anda inginkan dan klik Ok. Dalam hal ini, watermark artinya menempelkan tanda pada karya berupa tulisan atau karya ilmiah.

  • Menggunakan Microsoft Excel

Untuk pengguna microsoft excel, jangan khawatir! Anda juga bisa menambahkan watermark pada worksheet yang telah anda buat. Caranya dapat menggunakan kolom di bagian header dan footer maupun wordArt.

Untuk menandakan watermark lewat header footer, dalam bagian atas file, klik tab insert dan setelahnya pilih header footer. Pins bisa menandakan teks pada bagian yang Pins inginkan ataupun gambar logo yang diinginkan. Untuk gambar klik insert picture, klik area lain pada worksheet selanjutnya file excel anda sudah memiliki watermark sendiri.

Bila watermark menggunakan icon wordArt, klik pada tab insert, dan pilih wordArt. Pilih desain tulisan yang kalian inginkan beserta kata watermark dan klik ok. Tetapi yang perlu diingat Pins, wordArt tidak bisa langsung digunakan dalam header footer. Pins harus mengubah file wordArt menjadi JPG atau PNG di microsoft power point baru setelahnya insert picture di bagian header footer.

  • Menggunakan Aplikasi Online

Bila kedua cara di atas masih membuat Pins bingung, Pins dapat menggunakan cara instan dari situs online yang menyediakan pembuatan secara gratis untuk logo produk maupun watermark yang Pins inginkan. Apa itu watermark yang cocok untuk karya Pins, dapat Pins cari dan sesuaikan dengan preferensi. Ragam web seperti Canva, Zyro, Oberlo, LogoMakr dapat Pins gunakan dan membuat watermark menjadi file PNG atau JPG yang dapat Pins gunakan seterusnya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu watermark yang dapat membantu Pins dalam membuat tanda hak cipta untuk karya buatan Pins sendiri. Semoga dapat membantu ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel