Apa Itu Sideways? Tips untuk Meminimalisir Risiko dalam Kondisi Ini

Diperbarui oleh Athiah Amida ∙ December 8, 2022 ∙ 5 menit membaca

Trading menjadi salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu relatif singkat. Untuk dapat menjadi trader yang memperoleh keuntungan optimal, kamu perlu memahami lebih jauh tentang hal-hal berkaitan dengan trading. Diantaranya adalah dengan mempelajari grafik kondisi pasar sideways. Apa itu sideways?

Apakah kamu sudah tahu pengertian sideways beserta indikatornya? Supaya dapat meminimalisir risiko dalam kondisi ini, disertakan juga tips trading saat sideways pada ulasan berikut.

Baca juga: Pengertian Forex dan Trading

Apa Itu Sideways dalam Trading?

(Freepik)

Secara general, sideways adalah kondisi pasar pada saat grafik harga membentuk garis datar yang bisa menimbulkan keraguan. Hal yang menyebabkan garis grafik ini datar adalah karena bullis dan juga bearish yang hampir seimbang. Kondisi ini menunjukkan harga aset tidak melewati harga tertinggi sebelumnya, dan juga tidak melewati posisi rendah dari sebelumnya.

Ciri-ciri dari kondisi sideways terliha jelas ketika grafik menunjukkan alur yang membentuk kerucut dengan warna hijau & merah yang pendek. Dikarenakan kondisinya yang menimbulkan keragu-raguan, sideways sukar untuk dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan dalam trading.

Alasannya sulit untuk memprediksi kapan pasar akan turun, atau naik. Namun, dalam kondisi seperti ini biasanya masih ada trader yang memilih untuk menginvestasikan uangnya. Investasinya ini disimpan sebagai investasi jangka panjang.

Indikator Trading Sideways

(Freepik)

Bagaimana cara untuk memperkirakan kondisi sideways? Untungnya terdapat indikator-indikator yang dapat digunakan mendeteksi trading sideways. Indikator itu adalah indikator overlay dan oscillator. Penjelasan lebih detail mengenai kedua indikator ini sebagai berikut.

Indikator Overlay

Indikator ini merupakan indikator dalam bentuk grafik yang pada saat digunakan tampilannya menumpuk di atas grafik harga. Indikator overlay terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Indikator William’s Alligator

William’s Alligator yang terbentuk dari serangkaian Moving Averages (MA), mendeteksi sideways melalui alur garis sideways. Apabila alurnya ini bergerak berlawanan, akan menghasilkan tren yang terbentuk. Akan tetapi, kalau alurnya ini dalam posisi yang menumpuk, bisa disimpulkan terjadi sideways.

  • Indikator Parabolic SAR

Parabolic SAR menjadi salah satu indikator favorit saat sideways. Untuk indikator ini, yakni dengan melihat titik sinyal. Semakin dan halus titik ini dengan grafik harga, maka semakin mudah untuk dikonfirmasi terjadinya sideways.

  • Indikator Bollinger Band

Cara Bollinger menemukan sideways adalah melalui grafik yang berbentuk alur horizontal dengan kisarannya yang semakin sempit. Saat terjadi Bollinger Bands, sebaiknya menunggu sampai indikator melebar dan baru mengambil peluang untuk masuk pasar dari batas atas/bawah.

Baca juga: Mengenal Apa itu Rising Wedge Pattern dan Tips dalam Tradingnya

Indikator Oscillator

Indikator selanjutnya, yang digunakan untuk mendeteksi sideways adalah oscillator. Indikator yang mengukur momentum perbandingan harga penutupan dengan rentang harga selama time frame tertentu ini terbagi menjadi:

  • Indikator Accelerator Oscillator

Accelerator Oscillator (AO) digunakan untuk mengecek sideways dengan cara melihat apakah terjadi atau tidaknya volatilitas (ukuran statistik) yang rendah.

  • Indikator Relative Strength Index

Cara Relative Strength Index (RSI) mendeteksi sideways dengan menunjukkan rasio kenaikan harga penutupan dengan harga penutupan rata-rata. Kondisi divergen yang absen seringkali dijadikan sebagi sinyal pasar sedang sideways.

  • Indikator Average Directional Index Movement

Cara untuk mengukurnya berdasarkan pada pergerakan garis sinyal utama ADX di level 20. Apabila sinyalnya ini berada di bawah level, menandakan bahwa harga bergerak ke sideways.

Namun, penggunaan indikator ADZ ini lebih ideal digunakan sebagai sinyal exit pasar masuk dalam kondisi sideways. Untuk entry, kurang dianjurkan karena sinyak ADX yang dianggap kurang maksimal sebagai indikator pendeteksi.

Baca juga: Begini Cara Money Management Trading yang Benar

Tips Trading Saat Sideways

(Freepik)

Dalam melakukan trading, seorang trader harus siap berhadapan dengan berbagai risiko. Termasuk ketika dihadapkan pada kondisi sideways. Meski demikian, untuk kamu yang berniat melakukan trading saat sideways, ada cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk meminimalisir riksonya, Pins. Inilah ke-3 tips yang bisa kamu lakukan.

Dengan memerhatikan kondisi saham

Ketika trading saat sideways, hal yang perlu kamu perhatikan adalah kondisi saham. Cara untuk mengecek apakah kondisi saham layak trading yakni dengan melihat harga yang bergerak pada time frame lebih tinggi.

Pertimbangankan untuk membelinya, apabila saham sudah cukup lama berada dalam sideways, serta memiliki banyak sentimen positif yang membuat peluang menggerakkan saham. Namun, kalau volumenya kecil, tidak terdapatnya sentimen positif, dan juga tidak ada banyak peminat untuk saham tersebut, sebaiknya urungkan sementara niatmu.

Menghindari trading saat pasar tidak beraturan

Pada saat pasar trading sedang tidak beraturan, di tengah kondisi sideways, sebaiknya kamu urungkan niatan melakukan trading sementara waktu. Hal ini karena sulit untuk menetapkan risk reward ratio dalam keadaan bar Candlestick yang bergerak secara tidak menentu.

Kamu dapat melakukan kembali trading pada saat terlihatnya pergerakan harga kembali, atau kondisi sideways dalam bentuk range yang clear.

Memantau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Tips berikutnya untuk melakukan trading saat sideways adalah dengan memerhatikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Apabila IHSG pergerakannya flat dan minim sentiment positif, kemungkinan besar saham akan susah naik dalam sideways. Dalam kondisi pasar yang flat, disarankan kembali untuk menunda sementara pembelian.

Itulah pembahasan mengenai apa itu sideways, beserta tips trading dalam kondisi ini. Saat risiko tinggi, sideways bisa kamu jadikan sebagai jeda sejenakan untuk menahan diri melakukan trading, Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, De Cassablanca Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia