Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Istidraj Adalah Salah Satu Bentuk Azab dari Allah. Begini Penjelasannya

Istidraj Adalah Salah Satu Bentuk Azab dari Allah. Begini Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins barangkali pernah melihat atau mengetahui seseorang yang jarang beribadah tapi memiliki harta dan kekayaan yang berlimpah? Jika memang demikian, maka Pins tidak perlu iri. Barangkali mereka justru termasuk dalam golongan istidraj. Nah, sebetulnya apa itu istidraj? 

Pinhome – Dalam ulasan berikut, akan dijelaskan istidraj artinya apa serta bagaimana hukum dan ketentuannya dalam Islam. Dengan mengetahui makna dari istidraj ini, Pins diharapkan untuk tak menjadi salah satu di antaranya mereka. Berikut pengertian istidraj lengkap dengan penjelasan lainnya. 

Apa Itu Istidraj? 

(Pexels)

Baca Juga: Sifat-Sifat Yang Dimiliki Oleh Umar Bin Khattab Adalah Sebagai Berikut!

Istidraj berasal dari kata ‘daraja’ dalam Bahasa Arab yang artinya naik satu tingkat ke tingkat berikutnya. Secara definisi sendiri, istidraj artinya adalah nikmat yang diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang membangkang-Nya. Walau tampaknya nyaman dan menyenangkan, sayangnya istidraj justru merupakan hukuman dari Allah SWT. Mereka yang terjerumus dalam istidjrat bisa dikatakan sebagai golongan orang yang tersesat. 

Beberapa ulama pun turut membagikan pengertian mereka mengenai istidraj. Imam Al-Ghazali dalam “Ensiklopedia Tasawuf” menyebut bahwa istidraj artinya pembiaran. Maksudnya adalah pemberian karena kaum atau orang tersebut tidak berhenti melakukan maksiat sekalipun sudah diberi peringatan. 

Sementara itu, Malik Al-Mughis dalam bukunya “Demi Masa” mengatakan bahwa istidraj adalah pemberian kenikmatan untuk orang-orang yang dimurkai Allah SWT. Hal ini dilakukan agar mereka terus lalai dan abai. Hingga suatu ketika kenikmatan tersebut diambil oleh-Nya, dan mereka pun mendapati dirinya berada dalam penyesalan. 

Hadits tentang Istidraj

(Max Pixel)

Baca Juga: Definisi Serta Sifat Baja Lengkap Dengan Kekuatan Dan Kekurangannya

Dalam Al-quran penjelasan mengenai apa itu istidraj disebutkan pada beberapa surah. Salah satunya yakni dalam surah Al-Qalam ayat 44 yang berbunyi sebagai berikut.

فَلَمَّا نَسُوا۟ مَا ذُكِّرُوا۟ بِهِۦ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَٰبَ كُلِّ شَىْءٍ حَتَّىٰٓ إِذَا فَرِحُوا۟ بِمَآ أُوتُوٓا۟ أَخَذْنَٰهُم بَغْتَةً فَإِذَا هُم مُّبْلِسُو

Arab latin: Fa lammā nasu mā żukkiru bihī fatahnā ‘alaihim abwāba kulli syaī`, hattā iżā farihu bimā utū akhażnāhum bagtatan fa iżā hum mublisun

Artinya: “Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.”

Allah SWT dalam surah Al-A’raf ayat 182 pun berfirman: 

وَٱلَّذِينَ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا سَنَسْتَدْرِجُهُم مِّنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui.

Ayat di atas, ditafsirkan oleh Imam Al-Qurthubi dalam “Tafsir Al-Jami’ Li’ Ahkamil”. Dalam tafsir tersebut, ia menyebutkan bahwa ayat tersebut merupakan pesan tersirat dari Allah SWT yang akan menghukum hamba-Nya yang durhaka dan berbuat maksiat dengan cara istidraj.

Ciri-ciri Istidraj

(Pexels)

Memahami istidraj tak sebatas pengertiannya saja. Pins pun perlu mengetahui juga ciri-ciri istidraj ini. 

Di bawah ini dijelaskan beberapa ciri-ciri istidraj menurut Islam. Berikut uraiannya: 

Jarang beribadah tapi kenikmatan berlimpah

Jika kamu mendapati dirimu jarang beribadah tapi pekerjaan dan rezekimu terasa lancar, bisa jadi hal tersebut merupakan istidraj. Hal tersebut sebetulnya ialah ujian yang diberikan Allah SWT karena melihatmu lalai dan meninggalkan ibdaha. 

Ibnu Athaillah pernah berkata seperti berikut: 

“Hendaklah engkau takut jika selalu mendapat karunia Allah, sementara engkau tetap dalam perbuatan maksiat kepada-Nya, jangan sampai karunia itu semata-mata istidraj oleh Allah SWT.”

Selalu merasa tenang meski tidak pernah beribadah

Seorang muslim yang termasuk dalam golongan istidraj umumnya akan senantiasa merasa tenang sekalipun jarang beribadah. Ia tak pernah merasa gelisah dan menyesal sedikit pun meski lalai terhadap perintah Allah SWT. 

Kikir namun banyak harta

Umat Islam dianjurkan untuk senantiasa bersedekah. Namun ketika kita diselimuti rasa kikir, maka amalan tersebut akan kerap ditinggalkan. Bahkan tak jarang ada pula ada yang enggan mengulurkan bantuan kepada orang lain. Namun demikian, justru ada beberapa golongan orang kikir yang hartanya melimpah. Jika Pins merupakan salah satunya, maka artinya kamu adalah golongan orang istidraj. 

Jarang sakit

Sakit merupakan salah satu ujian yang dapat mendekatkanmu kepada Allah SWT. Sebab, ketika sakit seorang muslim yang taat akan senantiasa memohon kepada-Nya. 

Namun, jika Pins merasa jarang sakit dan sering melakukan perbuatan maksiat, maka coba lakukan introspeksi diri. Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa kamu istidraj.

Umumnya istidraj diberikan kepada orang-orang yang tertutup atau mati hatinya. Mereka ialah golongan orang yang tak pernah bersedih dan menyesal bila telah melakukan perbuatan maksiat. 

Guna menghindari istidraj, maka Pins perlu memahami perbedaan antara kemurahan Allah dan istidraj itu sendiri. Cara mengetahuinya yakni dengan sering melakukan introspeksi diri, sentiasa berdoa, dan mengerjakan banyak amalan shalih. 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya demikian: 

“Apabila engkau melihat Allah memberikan sebagian keduniaan kepada hamba-Nya, apa saja yang diingininya dengan serba-serbi kemaksiatannya maka pemberian yang demikian adalah istidraj.” – HR. Ahmad. 

Sebagai seorang muslim, agaknya Pins perlu berhati-hati terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karenanya, kita diperintahkan untuk menafkahkan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan. Dengan demikian, Pins akan dihindarkan dari istidraj. 


Temukan pilihan rumah, apartemen dan cari tahu harga tanah seperti harga tanah di Jakarta Selatan terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel