Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini ∙ January 5, 2023 ∙ 6 menit membaca

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pada 2021 lalu. Cryptopunk menjadi salah satu NFT pertama dengan harga paling mahal yang pernah terjual, bahkan mencapai harga triliunan rupiah. Sebenarnya, apa itu cryptopunk?

Mengutip dari Cryptopotato, Cryptopunks adalah proyek NFT yang memulai debutnya sekitar tahun 2017. Proyek seni dalam bentuk digital ini adalah buah karya dari Larva Labs, sebuah studio dari Amerika Serikat dengan John Watkinson dan Matt Hall sebagai dua orang yang menjalankannya. 

Baca juga: 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Apa Itu Cryptopunk?

(Freepik)

Cryptopunk adalah suatu proyek NFT sebagai aset kripto yang menunjukkan karakter unik dengan wujud berupa gambar piksel. Ada pula yang menyebutkan kalau cryptopunk adalah kumpulan dari 10 ribu gambar piksel, yang mana setiap gambar memperlihatkan kepribadian, gabungan, dan karakteristik yang hadir secara acak. 

Setidaknya, dari 10 ribu gambar piksel cryptopunk, ada sekitar 3.840 karakter punk wanita dan 6.039 karakter punk pria. Beberapa karakter memakai lipstik warna merah, kacamata 3D, memakai ikat rambut, beanie, memiliki gigi buck, dan pipi yang merona merah. Tak hanya itu, ada pula gambar punk yang tidak punya karakter khusus yang bernama Genesis Punk.

Menjadi proyek NFT paling pertama pada rantai blok kripto Ethereum, Cryptopunk berhasil mencapai popularitas paling tinggi dengan harga jual yang sangat fantastis. Laman resmi Decrypt menuliskan, volume trading Cryptopunk pada bulan September 2021 lalu mencapai lebih dari 1,18 miliar dolar AS atau sama dengan Rp16,7 triliun.

Harga Cryptopunk Termahal

Jadi, kamu sudah mengetahui apa itu Cryptopunk, aset kripto NFT pertama dengan harga yang sangat mahal. Sejak debut pertamanya pada tahun 2017, Cryptopunk telah laku terjual dengan harga yang luar biasa mahal. Adapun jenis Cryptopunk yang terjual dengan harga yang sangat fantastis yaitu:

Cryptopunk #7523

(Cryptopotato.com)

CryptoPunk #7523 hadir dalam bentuk punk berwajah alien yang menggunakan masker bedah. Hal yang menarik adalah, seri Cryptopunk ini hanya ada sebanyak sembilan buah. Inilah sebabnya, seri #7532 menjadi salah satu yang paling langka yang pernah ada. 

Shalom Meckenzie, salah seorang pemegang saham perusahaan olahraga sekaligus anggota dewan membeli Cryptopunk seri ini dengan harga 11,75 dolar AS atau sama dengan Rp170,69 miliar. Shalom membeli Cryptopunk seri ini pada platform lelang yang cukup populer, London Sotheby’s.

Cryptopunk #4156

(Cryptopotato.com)

Sekitar bulan Desember tahun 2021 lalu, seorang investor rela merogoh kocek sebanyak 10,26 juta dolar AS atau sama nilainya dengan Rp149,04 miliar hanya untuk memiliki Cryptopunk seri #4156. Angka jual yang besar ini membuat seri ini berhasil menjadi seri Cryptopunk nomor dua dengan harga paling mahal yang pernah terjual.

Cryptopunk #7804

(Cryptopotato.com)

CryptoPunk #7804 merupakan seri Cryptopunk dengan bentuk alien yang memakai kacamata warna hitam, topi, dan merokok dengan pipa. Seri Cryptopunk ini berhasil laku dengan harga 7,56 juta dolar AS atau sama dengan Rp109,83 miliar kepada Dylan Field, seorang CEO perusahaan alt desain berbasis awan, Figma. 

Dylan membeli seri #7084 pada Maret tahun 2021, dan menjadi konsolidasi lanjutan dari koleksi dan teknologi berbasis digital. Bahkan, beberapa pengamat mengatakan bahwa seri ini adalah Monalisa Digital. 

Cryptopunk #3100

(Cryptopotato.com)

Masih sekitar bulan Maret tahun 2021, seri Cryptopunk dengan nomor #3100 yang memiliki tampilan alien punk dengan ikat kepala berwarna biru-putih berhasil terjual dengan harga 7,51 juta dolar AS atau sama dengan Rp109,10 miliar. Ini adalah seri punk paling sederhana yang masuk dalam deretan Cryptopunk paling mahal. 

Cryptopunk #5217

(Cryptopotato.com)

Ada pula CryptoPunk #5217, punk berwajah kera yang memakai rantai emas dan topi rajut warna merah. Seri ini terjual dengan harga 5,44 juta dolar atau sama dengan Rp79 miliar. CryptoPunks #5217 sendiri merupakan salah satu dari total 24 punk yang mendapat harga astronomis dalam lelang.

Rarity Tools menyebutkan, seri #5217 menduduki peringkat nomor 34 untuk NFT yang memiliki harga paling mahal. Angka kelangkaan seluruhnya untuk NFT Cryptopunk seri ini adalah 929,26.

Baca juga: 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Cryptopunk #2338

(Wealthygorilla.com)

CryptoPunk #2238 merupakan salah satu seri dari total 88 karakter zombie yang mempunyai satu atribut saja. Koleksi dengan ciri khas rambut tipis bergaya mohawk ini laku dengan harga 4,37 dolar AS atau sama dengan Rp63,8 miliar pada bulan Agustus 2021 lalu. Sebelumnya, seri ini hanya laku seharga 458 dolar AS atau sama dengan Rp6,6 juta pada bulan November 2017.

Cryptopunk #2140

(Wealthygorilla.com)

Sementara itu, Cryptopunk seri #2140 sudah terjual sebanyak tiga kali sejak muncul tahun 2017. Saat penjualan terakhir pada bulan Juli 2021, harga serinini sudah mencapai 3,76 juta dolar AS atau sama dengan Rp54,9 miliar. Seri Cryptopunk ini hanya punya dua perlengkapan, yaitu bayangan kecil dan topi rajut warna oranye. 

Cryptopunk #8888

(Wealthygorilla.com)

Koleksi paling mahal berikutnya adalah nomor #8888, salah satu dari total 3.840 Cryptopunk wanita. Atributnya juga hanya ada dua, yaitu model rambut mohawk dengan warna merah dan penutup mata. Harga jualnya pada bulan Agustus tahun 2021 lalu mencapai 2,87 juta dolar AS atau sama dengan Rp41,8 miliar. 

Cryptopunk #7252

(Wealthygorilla.com)

CryptoPunk 7252 memiliki ciri khas memakai anting emas pada salah satu telinga dan adanya chinstrap. Selain itu, seri ini juga memiliki rambut warna merah cerah dengan tampilan yang sangat berantakan. Cryptopunk seri 7525 terjual oleh investor yang memiliki nama akun pengguna thebeautyandthe dengan harga 2,53 juta dolar AS atau sama dengan Rp36,9 miliar.

Cryptopunk #3831

(Wealthygorilla.com)

Terakhir adalah seri 3831, salah satu punk zombie dengan tiga atribut, yaitu kacamata berukuran besar warna ungu, masker medis, dan rambut ala vampir. Sekitar bulan Juni tahun 2021 lalu, seri ini berhasil laku terjual dengan harga 2,08 juta dolar AS atau sama dengan Rp30,3 miliar. 

Baca juga: 5 Tips dan Cara Agar NFT Cepat Laku Terjual

Cara Membeli NFT Cryptopunk

(Freepik)

Apabila kamu ingin membeli dan menjadikan NFT Cryptopunk sebagai aset investasi masa depan, kamu bisa segera memulai. Berikut cara membeli NFT Cryptopunk yang bisa kamu cermati.

  1. Buatlah akun pada OpenSea.
  2. Selanjutnya, hubungkan dompet kripto pada platform. Metamask adalah jenis dompet kripto dengan pengguna paling banyak pada OpenSea. 
  3. Setelah itu, kamu bisa langsung mulai membeli seri Cryptopunk. Pembelian bisa kamu lakukan pada investor yang sudah mempunyai koleksi ini. Harganya berkisar dari satu sampai beladan Ethereum.

Itu tadi informasi seputar apa itu Cryptopunk, seri paling mahal yang pernah terjual, dan bagaimana cara membelinya. Menjadikan kripto sebagai bentuk investasi memang sangat menggiurkan, ya, Pins? Namun, kamu juga harus mengerti dan siap untuk menghadapi risikonya. Sebab, kripto menjadi aset investasi dengan tingkat risiko yang tinggi. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan The Infinitiy dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti Mending Mana Beli Rumah Tanpa Perantara vs Melalui Agen

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk membeli rumah impian. Mulai dari survei langsung ke peru

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Membuat Undangan Simple Dan Estetik

Di zaman yang serba digital ini, segala macam urusan kita dapat kita selesaikan dengan mudah berkat

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi Aplikasi Nonton Film India Terbaik

Suka nonton film India tapi bingung mau nonton dimana? Niatnya mau ikuti seri film India di TV loka

Lifestyle
Lifestyle 11 Rekomendasi Aplikasi Membuat Brosur Terbaik

Perkembangan zaman semakin merambah pada hal-hal yang rumit sehingga bisa dilakukan oleh semua oran

Lifestyle
Lifestyle 12 Aplikasi PDF Reader Untuk Semua Berkas

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Saat ini, dokumen PDF adalah salah satu jenis d

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia