Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Anis Sulawesi, Burung Endemik Sulawesi

Hobi

Anis Sulawesi, Burung Endemik Sulawesi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 20 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Anis Sulawesi – Anis Sulawesi merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Turdidae dan genus Cataponera, serta termasuk jenis burung Endemik Indonesia selain Anis Geomalia.

Burung yang memiliki nama latin Cataponera Turdoides Hartert, 1896 ini, merupakan satu-stunya anggota genus Cataponera dengan nama lain Sulawesi Thrush atau Celebes Mountain Thrush dalam bahasa inggris.

Ciri Anis Sulawesi

Burung Anis Sulawesi atau Sulawesi Thrush tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuhnya berkisar antara 20-25 cm.

Bulu tubuhnya secara umum terlihat berwarna coklat dan seperti bertudung. Mahkota berwarna coklat tua dengan garis berwarna hitam di atas mata.

Paruh dan lingkaran mata berwarna jingga. Termasuk kulit kaki yang juga berwarna jingga.

Penyebaran dan Jenis Anis Sulawesi

anis sulawesi

Anis Sulawesi adalah burung Endemik Sulawesi. Burung kicau dari famili Turdidae hanya bisa dijumpai di pulau Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulwesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Hingga saat ini diakui empat subspesies (ras) burung Anis ini yaitu:

  • abditiva Riley, 1918 – Sulawesi Tengah bagian Utara.
  • tenebrosa Stresemann, 1938 – Sulawesi Tengah bagian Selatan.
  • turdoides Hartert, 1896 – Sulawesi Selatan.
  • heinrichi Stresemann, 1938 – Sulawesi Tenggara. Memiliki alis yang hitam dan pendek.

Baca juga : Anis Geomalia, Sulawesi Mountain-Thrush (Geomalia heinrichi)

Habitat dan Kebiasaan

Habitat burung Anis Sulawesi adalah hutan pegunungan dataran tinggi pada ketinggian antara 1100 hingga 2400 meter dpl. Biasa ditemukan hidup sendiri atau dalam kelompok kecil yang terdiri kurang dari empat individu. Kacang juga bercampur dengan burung-burung jenis lainnya. Makanan jenis burung anis endemik ini adalah buah-buahan dan juga serangga

Populasi Anis Sulawesi

Populasi burung Anis (Cataponera Turdoides) secara keseluruhan belum diketahui dengan pasti. Meskipun merupakan burung endemik dengan daerah persebaran yang terbatas namun Birdlife International meyakini populasinya masih aman.

Maka dari itu Daftar Merah IUCN mendaftarkan burung ini dalam kategori spesies Least Concern (Resiko Rendah). Di Indonesia ini, burung Anis ini tidak termasuk daftar burung yang dilindungi.

Akan tetapi, meskipun burung ini populasinya masih aman dan tidak termasuk burung yang dilindungi sebaiknya kita tetap menjaga kelestariannya.

Baca juga : Cara membedakan kelamin anis kembang jantan dan betina

Sebab jika burung burung yang populasinya masih aman terus diburu secara liar dan tidak dilestarikan, kemunginan di masa yang akan datang burung ini bisa menjadi punah.

Maka dari itu, jenis burung Anis ini harus dijaga kelestariannya dengan cara menghindari pemburuan liar.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang jenis burung kicau Anis Sulawesi (Cataponera Turdoides).


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel