Pinhome

Anatomi Katak

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 17 July 2021 ∙ 6 menit membaca

Anatomi Katak – Setelah beberapa waktu lalu kita mempelajari mengenai pengertian anatomi, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai anatomi katak dengan lengkap.

Materi mengenai anatomi katak tentu begitu penting bagi kalian yang sedang atau hendak belajar Biologi. Dengan kita mempelajari ini, maka akan membantu kita untuk mengetahui struktur tubuh katak secara lengkap.

Bahkan para pelajar ditingkat Universitas seringkali melakukan pratikum pembedahan pada katak, yang tentunya untuk mengetahui struktur tubuh katak secara mendalam.

Berikut pembahasan mengenai anatomi katak secara lengkap.

Baca juga: Morfologi Ikan

Klasifikasi Katak Sawah

Klasifikasi Katak Sawah
Sumber: Wikipedia
KingdomAnimalia
PhylumChordata
SubphylumVertebrata
ClassAmphibia
OrdoAnura
FamiliaRanidae
Genusfejervarya
SpeciesFejervarya cancrivora
Tabel klasifikasi katak sawah

Sekilas Mengenai Katak

tentang katak
Sumber: Pixabay

Katak merupakan hewan jenis amphibia, yaitu hewan yang hidup di dua tempat. Seperti yang kita ketahui katak mula-mula hidup di air, dan kemudian setelah dewasa pindah ke darat.

Katak hidup di air ketika alat reproduksi mereka belum sempurna, keadaan ini biasa disebut dengan fase larva atau yang sering kita kenal berudu.

Amphibia sendiri merupakan chordata yang hidup di daratan. Saat katak telah menjadi dewasa dan siap hidup di darat, kondisi tubuh mereka secara alamiah menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

Akan tetapi yang menjadi unik, meski katak telah hidup di darat, oragan mereka masih berfungsi dengan baik di air.

Katak sendiri bukanlah hewan yang asing,  sebab di Indonesia begitu mudah ditemukan dengan ciri-ciri yang sangat mudah dikenali. Salah satu ciri yang sangat mudah kita kenali adalah bagian kulit dengan bintik-bintik, bintil-bintil atau berbingul-bingul.

Baca Juga: Anatomi Ikan

Selain katak memiliki kulit yang seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, sebagian katak memiliki lipatan kulit yang berkelenjar. Lipatan tersebut dikenal dengan lipatan dorsorateral. Katak sendiri masih memiliki ciri-ciri lain, selain yang terdapat pada kulitnya.

Mengenal Anatomi Katak

Anatomi Katak
Sumber: Dunia Pendidikan

Dalam bagian ini kita akan membahas anatomi katak secara lengkap meliputi, bagian kepala, bagian badan, bagian kaki, sistem pencernaan, sistem reproduksi dan sistem pernapasan.

Baca juga: Macam-macam Simbiosis

#1. Bagian Kepala

Kepala katak atau disebut dengan caput terdiri dari beberapa bagian diantaranya.

  1. Mata
  2. Hidung
  3. Mulut
  4. Telinga

Mata katak terdiri dari satu pasang dengan bentuk menonjol keluar, berada tepat di dekat postero norsal dari nares atau hidung.

Bagian mata tersebut dilindungi oleh palebra inferior yaitu sebuah kulit yang tidak dapat digerak-gerakan pada bagian kelopak mata.

Selain mata dilindungi oleh palebra inferior, mata juga dilindungi dengan yang disebut membran nictitans. Bedanya membran ini berfungsi sebagai pelindung bagian mata saat katak sedang berada dalam air.

Mulut katak memiliki fungsi sebagai alat pengambilan makanan serta alat pernapasan. Mulut katak terletak pada bagian anterior pada caput. Katak memiliki gigi kecing pada bagian atas, sedang untuk bagian bawahnya, katak sama sekali tidak memiliki gigi.

Hidung katak atau nares memiliki struktur yang disebut dengan choance, struktur tersebut berhubungan langsung dengan hidung katak.

Telinga katak memiliki selaput gendang yang terletak pada poste lateral dari mata. Mata tersebut dikelilingi oleh cincin rawan yang ditengahnya membayang.

#2. Alat Pencernaan

Katak memiliki alat pencernaan yang tergolong pendek dimana mulut adalah sebagai alat pencernaan awal kemudian pharink, yaitu semacam lanjutan dari cavum oris dengan ukuran pendek dan menyempit. Setelah pharing terdapat oesophagus, gastrum, pylorus , intestine dan colon.

Sedangkan kelenjar pencernaan yang terdapat pada amfibhi yaitu hati dan pankreas.

Hati memiliki warna merah agak kecoklatan, hati terdiri dari dua lobus kanan. Hati memiliki fungsi sebagai organ yang mengeluarkan empedu dari kantung kemih.

Sedangkan pankreas yang terdapat di dalam tubuh katak memiliki warna sedikit kekuningan, posisinya melekat pada lambung dan usus dua jari. Pankreas memiliki fungsi mengeluarkan serta hormon.

#3. Alat Pernapasan

Alat pernafasan yang dimiliki katak yaitu insang, kulit  dan paru-paru. Masing-masing bagian pernapasan memiliki kinerja serta fungsi masing-masing.

Namun ada perbedaan sistem pernapasan pada katak muda atau larva dengan katak dewasa, dimana kata dewasa menggunakan paru-paru dalam bernapas, sedang untuk larva masing menggunakan insang. Maka inilah alasan mengapa katak memiliki paru-paru sekaligus insang.

Katak memiliki paru-paru sebanyak dua buah dengan sifatnya yang elsati, terletak di sebelah gestrum dari herpar. Dalam paru-paru terdapat lipatan-lipatan yang berguna untuk memperluar bidang pencernaan.

#4. Perdaran Darah katak

Peredaran darah pada katak merupakan jenis peredaran darah tertutup dan ganda. Apa yang dimaksud dengan peredaran darah ganda? Peredaran darah ganda ialah dalam satu peredaran darah terdapat dua kali yang melalui jantung.

Dimana darah dari jantung menuju paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung. Kedua darah yang bersumber dari jantung diedarkan dan disebarkan keseluruh tubuh, kemudian menuju jantung kembali dan seterusnya.

Baca juga: Macam-macam Ekosistem

#5. Pembuahan Pada Katak

Ada yang unik jika dibandingkan dengan hewan lain, yaitu pembuahan yang dilakukan oleh katak terjadi di luar. Saat melakukan pembuahan katak jantan akan melekat pada punggung serta memeluk dengan erat ketiak betina.

Proses pembuahan ini dilakukan di dalam air sambil berenang-renang, dengan cara memijat-mijat perut betina sebagai bentuk rangsangan.  Selanjutnya betina akan mengeluarkan telur, dan saat bersamaan juga katak jantan akan mengeluarkan sperma ke dalam air.

Sehingga telur-telur yang telah dikeluarkan oleh si betina dapat langsung dibuahi oleh katak jantan.

Setelah terjadi proses pembuahan pada telur, selanjutnya akan menjadi larva yang mencari nutrisi untuk perkembangannya, sehingga pada akhirnya menjadi seekor katak dewasa.

Cara Membedah katak

Cara Membedah katak
Sumber: Biologi Edukasi

Berikut cara-cara melakukan pembedahan pada katak.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan ialah memasukan katak ke dalam koloform, kemudian biarkan si katak lemas dan mati.
  2. Pastikan katak mati, selanjutnya letakan katak yang telah mati pada meja penelitian.
  3. Lakukan pengguntingan pada kulit katak dari bagian medio posterior sampai kulit ventral secara keseluruhan dan kemudian lepaskan.

Proses pembedahan katak di atas hanya menggunakan salah satu metode, bisa jadi masih banyak metode-metode lain yang dapat digunakan. Silahkan bereksperimen sendiri untuk memahami hal ini.

Penutup

Demikian artikel mengenai anatomi katak, semoga dapat memberikan bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa terus belajar dan terus eksplor diri kalian sampai kalian merasa paham dengan hal ini. Baca juga materi tentang anatomi tumbuhan yang tidak kalah menarik untuk kita ketahui.

Setelah memahami anatomi katak, kamu juga dapat membaca mengenai metamorfosis katak agar ilmu yang kamu dapatkan tidak terasa tanggung.

Artikel Terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Featured image source: The Conversation

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia