Pinhome

Ampuh! Beragam Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 27 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam dunia kesehatan, sudah banyak pakar yang menggunakan pengobatan alternatif atau pengobatan klasik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Tak sedikit orang yang mulai beralih dari obat kimia ke obat herbal yang lebih aman penggunaan dan minim efek samping. Tanaman obat yang penuh manfaat seperti daun binahong cukup mudah Pins temukan di Indonesia yang notabene berstatus sebagai negara iklim tropis. 

Dengan hutan yang membentang luas dan kebun-kebun yang kaya akan sumber daya alam, pastinya memudahkan Pins untuk mendapatkan tanaman obat. Tanaman obat diakui masyarakat Indonesia ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit dalam tubuh. 

Salah satu tanaman obat yang memiliki beragam khasiat dalam satu tumbuhan ialah daun dari tanaman Binahong. Salah satu khasiat yang paling dicari-cari oleh orang dari daun ini adalah manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Tanaman dengan nama latin heartleaf maderavine madevine ini merupakan jenis tanaman rambat yang dapat Pins temukan di dataran rendah Indonesia. 

Walaupun asal tanaman obat ini dari Korea, daun Binahong sudah tersebar cukup luas ke negara-negara benua Asia lainnya. Pasti Pins penasaran seperti apa itu daun binahong dan apa saja manfaat yang bisa Pins peroleh dari tanaman obat satu ini.

Mari simak pembahasan tentang manfaat daun binahong untuk wajah dan bagi kesehatan berikut ini. 

Apa Itu Daun Binahong?

(Halodoc)

Pinhome Daun Binahong, atau biasa disebut dengan nama Gendola, merupakan salah satu tanaman yang sudah lama dikenal bermanfaat bagi kesehatan dan dapat mengatasi berbagai penyakit. Ciri-ciri dari tumbuhan Binahong antara lain tumbuh menjalar, memiliki batang yang lunak, berdaun tunggal, dan berbunga majemuk. 

Alasan mengapa daun Binahong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu karena daun binahong mengandung vitamin A, vitamin C, alkaloid, beta karoten, saponin, dan lain-lain. Aplikasi daun Binahong yang paling umum adalah dengan merebus helai daun terlebih dahulu. Setelah daun mengeluarkan ekstraksinya, barulah dapat diminum untuk mendapatkan manfaatnya secara praktis. 

Seperti yang Pins ketahui di atas, daun Binahong memiliki sangat banyak manfaat dengan berbagai kandungannya. Namun, Pins juga perlu mengetahui bahwa tumbuhan ini memiliki efek samping yang mungkin timbul setelah dikonsumsi. 

Efek samping dari daun Binahong salah satunya adalah dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur, gelisah, pusing, insomnia, dan sakit kepala. Selayaknya herbal yang bersifat alami, daun Binahong tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat kimia yang salah satunya didapat dari resep dokter. 

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

(Sehatq)

Mungkin banyak orang hanya mengetahui manfaat daun Binahong bisa dirasakan dari ekstraksi yang diminum. Ternyata daun binahong juga sangat bermanfaat untuk perawatan wajah. 

Daun ini terbukti mampu menjaga kestabilan nutrisi pada organ dan kulit karena kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang daun Binahong dapat berikan pada kesehatan dan kecantikan wajah Pins.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat pertama dari daun Binahong yang paling banyak dicari dan didambakan oleh Pins yang sangat memperhatikan kecantikan adalah dapat mencegah penuaan dini. Penuaan merupakan hal yang alami dan normal terjadi. 

Namun, adanya pengaruh dari radikal bebas akan membuat wajah lebih berisiko mengalami penuaan dini. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat merusak sel-sel kulit yang mengakibatkan kulit menjadi rusak dan lebih cepat keriput. 

Kandungan daun Binahong yang kaya akan vitamin A dan vitamin C diketahui sangat membantu dalam menjaga kulit supaya segar dan tetap sehat. Selain itu, kedua vitamin tersebut juga menjadikan kulit lebih elastis dan secara alami meremajakan kulit. Oleh karena itu kulit Pins menjadi terasa lebih muda dan tidak menderita penuaan dini. 

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun Binahong untuk wajah Pins lainnya adalah dapat mengatasi jerawat. Daun Binahong terbukti ampuh menghilangkan jerawat pada wajah karena mengandung antibakteri yang secara harfiah mampu membunuh bakteri wajah yang menyebabkan jerawat.

Cara untuk mengaplikasikan daun Binahong sebagai obat jerawat terbilang cukup mudah untuk Pins lakukan sendiri di rumah. Pins hanya perlu menyiapkan beberapa helai daun binahong lalu ditumbuk sampai halus. 

Setelah halus, daun Binahong dapat langsung Pins oleskan pada area wajah yang terdapat jerawat. JIka Pins ingin mendapatkan hasil yang maksimal, rebus daun Binahong dan gunakan air rebusan tersebut untuk cuci muka setelah menggunakannya sebagai masker wajah secara teratur. 

Menghilangkan Komedo

Selain kedua manfaat di atas, daun Binahong juga ampuh untuk mengangkat dan menghilangkan komedo pada wajah Pins. Masih dengan cara yang sama, Pins hanya perlu merebus daun Binahong. Lalu, air rebusan tersebut Pins gunakan untuk mencuci muka secara rutin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Pins aplikasikan cara ini secara rutin sebanyak tiga kali dalam sehari. 

Menghaluskan dan Memutihkan Wajah

Manfaat daun ini sangat berguna bagi Pins yang memiliki wajah kasar dan kusam. Dengan kandungannya yang kaya akan manfaat, daun Binahong juga dapat membantu menghaluskan, memutihkan, serta mencerahkan kulit wajah Pins. 

Aplikasikan daun Binahong dengan cara ditumbuk dan dijadikan sebagai masker wajah. Pins bisa rutin menggunakan masker ini setiap sebelum tidur dan bilas ketika bangun di pagi hari.

Itulah informasi mengenai manfaat dari daun binahong yang ampuh untuk mengobati masalah-masalah pada wajah Pins. Semoga bermanfaat dan membuat Pins menjadi sehat secara alami. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen 

Editor: Annisa Hapsari

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Daftar Perumahan Baru di Cibubur

Cibubur merupakan salah satu kota ternyaman dan banyak menjadi incaran penggiat properti. Mengapa d

Properti
Properti 8 Daftar Perumahan Elit di Surabaya

Banyaknya pusat perbelanjaan dari yang murah hingga high end, pusat kuliner yang nikmat, sekolah, u

Properti
Properti 8 Rekomendasi Perumahan di Jakarta Selatan

Bukan rahasia lagi, daerah Jakarta Selatan selalu dikenal dengan daerah elit.  Bagaimana ti

Properti
Properti 10 Perumahan Subsidi di Depok Murah Banget

Apa yang dimaksud dengan perumahan subsidi? Dilansir dari Bisnis.com, perumahan subsidi adalah h

Properti
Properti 10 Rekomendasi Perumahan di Tangerang

Saat ini, Tangerang sudah mulai banyak digemari oleh penggiat properti, lho! Infrastrukturnya ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia