Amerika Serikat menarik pasukan dari Vietnam

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ October 14, 2022 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Hari ini – Dua bulan setelah penandatanganan perjanjian damai Vietnam, pasukan tempur Amerika Serikat meninggalkan Vietnam Selatan saat Hanoi membebaskan sisa tawanan perang Amerika yang ditahan di Vietnam Utara. Intervensi langsung Amerika selama delapan tahun dalam Perang Vietnam telah berakhir.

Di Saigon, sekitar 7.000 pegawai sipil Departemen Pertahanan AS tetap tinggal untuk membantu Vietnam Selatan dalam melakukan apa yang tampak sebagai perang sengit dan berkelanjutan dengan komunis Vietnam Utara.

Pada tahun 1961, setelah dua dekade bantuan militer tidak langsung, Presiden AS John F. Kennedy mengirim pasukan besar pertama personel militer AS ke Vietnam untuk mendukung rezim otokratis Vietnam Selatan yang tidak efektif melawan komunis Utara.

Tiga tahun kemudian, dengan runtuhnya pemerintah Vietnam Selatan, Presiden Lyndon B. Johnson memerintahkan serangan bom terbatas di Vietnam Utara, dan Kongres mengizinkan penggunaan pasukan AS.

Pada 1965, serangan Vietnam Utara membuat Presiden Johnson memiliki dua pilihan: meningkatkan keterlibatan AS atau menarik diri. Johnson memerintahkan yang pertama, dan jumlah pasukan segera melonjak menjadi lebih dari 300.000 ketika angkatan udara AS memulai kampanye pemboman terbesar dalam sejarah.

Selama beberapa tahun berikutnya, lamanya perang, tingginya jumlah korban AS, dan terbukanya keterlibatan AS dalam kejahatan perang, seperti pembantaian di My Lai, membantu mengubah banyak orang di Amerika Serikat menentang Perang Vietnam.

Serangan Tet komunis tahun 1968 menghancurkan harapan AS akan segera berakhirnya konflik dan memicu penentangan AS terhadap perang. Sebagai tanggapan, Johnson mengumumkan pada Maret 1968 bahwa dia tidak akan mencari pemilihan kembali, dengan alasan apa yang dia anggap sebagai tanggung jawabnya dalam menciptakan divisi nasional yang berbahaya di Vietnam. Dia juga mengizinkan dimulainya pembicaraan damai.

Pada musim semi tahun 1969, ketika protes terhadap perang meningkat di Amerika Serikat, kekuatan pasukan AS di negara yang dilanda perang mencapai puncaknya pada hampir 550.000 orang. Richard Nixon , presiden AS yang baru, memulai penarikan pasukan AS dan \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” Vietnamisasi \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” upaya perang tahun itu, tetapi dia mengintensifkan pemboman.

Penarikan pasukan AS dalam jumlah besar berlanjut pada awal 1970-an ketika Presiden Nixon memperluas operasi udara dan darat ke Kamboja dan Laos dalam upaya memblokir rute pasokan musuh di sepanjang perbatasan Vietnam. Perluasan perang ini, yang hanya mencapai sedikit hasil positif, menyebabkan gelombang protes baru di Amerika Serikat dan di tempat lain.

Akhirnya, pada Januari 1973, perwakilan Amerika Serikat, Vietnam Utara dan Selatan, dan Vietcong menandatangani perjanjian damai di Paris, yang mengakhiri keterlibatan langsung militer AS dalam Perang Vietnam. Ketentuan utamanya termasuk gencatan senjata di seluruh Vietnam, penarikan pasukan AS, pembebasan tawanan perang, dan penyatuan kembali Vietnam Utara dan Selatan melalui cara-cara damai.

Pemerintah Vietnam Selatan akan tetap di tempat sampai pemilihan baru diadakan, dan pasukan Vietnam Utara di Selatan tidak akan maju lebih jauh atau diperkuat.

Kenyataannya, bagaimanapun, perjanjian itu tidak lebih dari sekedar isyarat penyelamatan muka oleh pemerintah AS. Bahkan sebelum pasukan Amerika terakhir berangkat pada 29 Maret, komunis melanggar gencatan senjata, dan pada awal 1974 perang skala penuh telah dimulai.

Pada akhir tahun 1974, pihak berwenang Vietnam Selatan melaporkan bahwa 80.000 tentara dan warga sipil mereka telah tewas dalam pertempuran selama tahun itu, menjadikannya yang paling mahal dalam Perang Vietnam.

Pada tanggal 30 April 1975, beberapa orang Amerika terakhir yang masih berada di Vietnam Selatan diterbangkan ke luar negeri saat Saigon jatuh ke tangan pasukan komunis. Kolonel Vietnam Utara Bui Tin, yang menerima penyerahan Vietnam Selatan di kemudian hari, berkomentar, “Anda tidak perlu takut; antara orang Vietnam tidak ada pemenang dan tidak ada yang kalah. Hanya Amerika yang telah dikalahkan.”

Perang Vietnam adalah perang asing terpanjang dan paling tidak populer dalam sejarah AS dan menelan korban 58.000 nyawa orang Amerika. Sebanyak dua juta tentara Vietnam dan warga sipil tewas.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia