Pinhome

Lifestyle

Amalan dan Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 8 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Bulan Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Sebab, di bulan yang penuh keberkahan ini, Pins dapat mengumpulkan pahala yang melimpah. Selain menjalankan puasa Ramadhan, di bulan ini pun terdapat banyak amalan sunnah untuk menambah ladang pahala. Beberapa amalan tersebut ada di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. 

Pinhome – Lantas, apa saja amalan 10 hari terakhir bulan Ramadhan? Serta, bagaimana keutamaan 10 hari terakhir Ramadan ini?  Lebih jelasnya, simak ulasan berikut yuk!

Baca Juga: 13 Dekorasi Ramadhan Simple Yang Pastinya Membuat Hunian Syahdu

Hadis Keistimewaan 10 Hari Terakhir Ramadan

(Pexels)

Baca Juga: Inspirasi Hiasan Menyambut Ramadhan Untuk Mempercantik Rumah

Salah satu momen yang paling ditunggu saat Ramadan tiba yakni pada 10 hari terakhirnya. Masing-masing hari pada 10 hari terakhir Ramadan ini memiliki keutamaan berbeda. 

Keutamaan tersebut termuat dalam hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi. Berikut arti dari bacaan hadisnya: 

“Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.” 

Sementara itu, ada pula hadis lain yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pun mengingatkan ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh-sungguh di 10 terakhir di bulan Ramadhan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya.” – HR. Muslim dan Ahmad.

Jika melihat dari hadis di atas, maka diketahui bahwa 10 hari terakhir Ramadan merupakan hari spesial untuk beribadah. Bahkan, Rasulullah SAW pun meyakini dan menjalankan ibadah dengan lebih kencang di 10 hari tersebut. 

Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadan

(Pexels)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa 10 hari terakhir Ramadan merupakan momen yang istimewa dan spesial. Berikut ini beberapa keutamaan 10 hari terakhir Ramadan yang akan membuat Pins termotivasi menjalankan amalannya. 

  1. 10 hari terakhir Ramadan merupakan penutup bulan yang penuh berkah. Selain itu, setiap amalan manusia juga dinilai dari amalan penutupnya. 
  2. 10 malam terakhir bulan Ramadan ialah malam-malam yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. Hal ini dapat dilihat dari beberapa arti bacaan hadis di atas. 
  3. Kerinduan akan keindahan malam kemuliaan atau lailatul qadar juga menjadi salah satu keistimewaan 10 hari terakhir Ramadan. Sebab, pada malam ini ibadah yang dilakukan sama dengan beribadah 1000 bulan.
  4. 10 hari terakhir Ramadan juga dapat menjadi pengingat supaya kita tidak terlena dan malah sibuk mempersiapkan kebutuhan Idulfitri. Sementara, ibadah Ramadan justru mulai ditinggalkan. 

Amalan 10 Hari Terakhir Ramadan

(Pexels)

Terdapat beberapa amalan 10 hari terakhir Ramadan yang dapat Pins kerjakan. Beberapa di antaranya pun kerap dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berikut uraian lengkapnya:

Memperpanjang salat malam

Pada 10 malam terakhir, Rasulullah SAW tidak tidur. Beliau mengisi malam-malam tersebut dengan beribadah, berzikir, dan melakukan amalan lainnya hingga tiba waktu subuh. 

Kebiasaan beribadah pada 10 malam terakhir ini juga ditularkannya kepada seluruh anggota keluarga. Jadi, mereka sama-sama menikmati 10 malam terakhir Ramadan dengan penuh suka cita. 

Memperbanyak sedekah 

Pins pun dapat memperbanyak sedekah di 10 hari terakhir Ramadan. Hal ini dilakukan sebagai ucapan syukur atas nikmat dipertemukan Ramadan serta penyempurnaan ibadah puasa. 

Amalan memperbanyak sedekah ini termuat dalam surah As-Sajdah ayat 16. Berikut arti bacaannya: 

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.”

Perlu diketahui bahwa bersedekah pada 10 hari terakhir ini tidak hanya diartikan sebagai zakat fitrah atau zakat mal. Namun juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah sunah seperti berbagi hidangan berbuka atau sahur. 

Iktikaf

Iktikaf adalah aktivitas berdiam diri di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. Seseorang yang beriktifkan umumnya tidak keluar dari masjid kecuali buang hajat. 

Dalam buku “12 Bulan Mulia, Amalan Sepanjang Tahun”, Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny menuliskan bahwa Nabi Muhammad melakukan itikaf di 10 hari terakhir Ramadan. Hal ini sesuai dengan salah satu hadis yang memiliki arti demikian: 

“Sungguh saya beri’tikaf di di sepuluh hari awal Ramadan untuk mencari malam kemuliaan, kemudian saya beri’tikaf di sepuluh hari pertengahan Ramadhan, kemudian Jibril mendatangiku dan memberitakan bahwa malam kemuliaan terdapat di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Barangsiapa yang ingin beri’tikaf, hendaklah dia beri’tikaf (untuk mencari malam tersebut).”

Dengan menjalankan iktikaf, harapannya seorang muslim akan memiliki kekhusyukan dalam beribadah sehingga bisa lebih dekat dengan Allah SWT. Saat beriktikaf, Pins dapat menjalankan amalan-amalan, seperti berzikir, berdoa, membaca Quran, atau menjalankan salat.

Walau merupakan salah satu amalan baik di 10 hari terakhir Ramadan, tapi sebetulnya iktikaf ini dapat dilakukan kapan saja. Tidak harus saat Ramadan. 

Tilawah Al-quran

Amalan 10 hari terakhir Ramadan yang dapat Pins lakukan yakni dengan membaca Al-quran atau bertilawah. Meski kelihatannya hal ini sepele, tapi ibadah ringan ini memiliki keutamaan yang begitu besar. Terlebih jika Pins dapat mengkhatamkannya. 

Bagi Rasulullah SAW sendiri, dengan bertilawah Al-quran ia dapat berbincang langsung dengan Allah SWT. Selain itu, ia juga merasa bahagia dan lebih tentram batinnya. 

Selain tilawah Quran, Pins juga dapat memanjatkan banyak doa dan berzikir pada 10 hari terakhir Ramadan. Dengan demikian, doa yang dipanjatkan akan semakin didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Demikian tadi ulasan mengenai amalan dan keutamaan 10 hari terakhir Ramadan. Semoga dapat inspirasi dan amalan baik bagi Pins. Selamat beribadah!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel