11 Alat Pendidikan Digital Untuk Guru Dan Siswa

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ October 14, 2022 ∙ 4 menit membaca

Di era baru pembelajaran, teknologi memainkan peran mendasar dalam proses pengajaran anak-anak dan remaja. Berikut adalah 11 alat yang memfasilitasi komunikasi antara guru dan siswa, antara lain.

Alat Pendidikan Digital Paling Populer Untuk Guru Dan Pelajar

Ratusan alat pendidikan digital telah dibuat dengan tujuan memberikan otonomi kepada siswa, meningkatkan administrasi proses akademik, mendorong kolaborasi, dan memfasilitasi komunikasi antara guru dan siswa. Berikut kami sajikan 11 yang terpopuler.

Alat Pendidikan Digital

Baca juga: Yang perlu Anda ketahui tentang software pendidikan, Apa saja manfaatnya?

1. Edmodo

Edmodo adalah alat pendidikan yang menghubungkan guru dan siswa, dan berasimilasi ke dalam jaringan sosial. Dalam hal ini, guru dapat membuat grup kolaboratif online, mengelola dan menyediakan materi pendidikan, mengukur kinerja siswa, dan berkomunikasi dengan orang tua, di antara fungsi lainnya.

Edmodo memiliki lebih dari 34 juta pengguna yang terhubung untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih memperkaya, personal, dan selaras dengan peluang yang dibawa oleh teknologi dan lingkungan digital.

2. Socratif

Dirancang oleh sekelompok pengusaha dan insinyur yang menyukai pendidikan, Socrative adalah sistem yang memungkinkan guru untuk membuat latihan atau permainan edukatif yang dapat diselesaikan siswa menggunakan perangkat seluler, baik smartphone, laptop, atau tablet. Guru dapat melihat hasil kegiatan dan, tergantung pada ini, memodifikasi pelajaran berikutnya agar lebih personal.

3. Projeqt

Projeqt adalah alat yang memungkinkan Anda membuat presentasi multimedia, dengan slide dinamis di mana Anda dapat menyematkan peta interaktif, tautan, kuis online, garis waktu Twitter, dan video, di antara opsi lainnya. Selama sesi kelas, guru dapat berbagi dengan siswa presentasi akademik yang secara visual disesuaikan dengan perangkat yang berbeda.

Baca juga: 5 kelebihan dan 3 kekurangan Software Pendidikan

4. Thinglink

Thinglink memungkinkan pendidik untuk membuat gambar interaktif dengan musik, suara, teks, dan foto. Ini dapat dibagikan di situs web lain atau di jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook. Thinglink menawarkan kemungkinan bagi guru untuk menciptakan metodologi pembelajaran yang membangkitkan rasa ingin tahu siswa melalui konten interaktif yang dapat memperluas pengetahuan mereka.

5. TED-Ed

TED-Ed adalah platform pendidikan yang memungkinkan pembuatan pelajaran pendidikan dengan kolaborasi guru, siswa, animator — umumnya orang yang ingin memperluas pengetahuan dan ide-ide bagus. Website ini memungkinkan demokratisasi akses informasi, baik bagi guru maupun siswa. Di sini, orang dapat memiliki partisipasi aktif dalam proses belajar orang lain.

6. cK-12

cK-12 adalah situs web yang berupaya mengurangi biaya buku akademik untuk pasar K12 di Amerika Serikat dan dunia. Untuk mencapai tujuannya, platform ini memiliki antarmuka sumber terbuka yang memungkinkan pembuatan dan pendistribusian materi pendidikan melalui internet, yang dapat dimodifikasi dan berisi video, audio, dan latihan interaktif. Itu juga dapat dicetak dan sesuai dengan standar editorial yang diperlukan di setiap wilayah. Buku-buku yang dibuat di cK-12 dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap guru atau siswa.

7. ClassDojo

ClassDojo adalah alat untuk meningkatkan perilaku siswa: guru memberikan umpan balik instan kepada siswanya sehingga disposisi yang baik di kelas \\\\\\\\\\\\\\\’dihadiahi\\\\\\\\\\\\\\\’ dengan poin dan siswa memiliki sikap yang lebih reseptif terhadap proses pembelajaran. ClassDojo memberikan pemberitahuan waktu nyata kepada siswa, seperti \\\\\\\\\\\\\\\’Bagus David!\\\\\\\\\\\\\\\’ dan \\\\\\\\\\\\\\\’+1\\\\\\\\\\\\\\\’, untuk bekerja secara kolaboratif. Informasi yang dikumpulkan tentang perilaku siswa dapat dibagikan nanti dengan orang tua dan administrator melalui web.

8. eduClipper

Platform ini memungkinkan guru dan siswa untuk berbagi dan mengeksplorasi referensi dan materi pendidikan. Di eduClipper, Anda dapat mengumpulkan informasi yang ditemukan di internet dan kemudian membagikannya dengan anggota grup yang dibuat sebelumnya, yang menawarkan kemungkinan untuk mengelola konten akademik yang ditemukan secara online secara lebih efektif, meningkatkan teknik penelitian, dan memiliki catatan digital tentang apa yang dicapai siswa selama kursus.

Demikian juga, memberikan kesempatan bagi guru untuk mengatur kelas virtual dengan siswa mereka dan membuat portofolio di mana semua pekerjaan yang dilakukan disimpan.

Baca juga: Express Invoice software invoice termudah dan terlengkap

9. Storybird

Storybird bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dan membaca pada siswa melalui mendongeng. Dalam alat ini, guru dapat membuat buku interaktif dan artistik secara online melalui antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Cerita yang dibuat dapat disematkan di blog, dikirim melalui email, dan dicetak, di antara opsi lainnya. Di Storybird, guru juga dapat membuat proyek dengan siswa, memberikan umpan balik yang konstan, dan mengatur kelas dan nilai.

10. Animoto

Animoto adalah alat digital yang memungkinkan Anda membuat video berkualitas tinggi dalam waktu singkat dan dari perangkat seluler apa pun, menginspirasi siswa dan membantu meningkatkan pelajaran akademik. Antarmuka Animoto ramah dan praktis, memungkinkan guru untuk membuat konten audiovisual yang menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan.

11. Kahoot!

Kahoot! adalah platform pendidikan yang didasarkan pada permainan dan pertanyaan. Melalui alat ini, guru dapat membuat angket, diskusi, atau survei yang melengkapi pelajaran akademik.

Materi diproyeksikan di dalam kelas dan pertanyaan dijawab oleh siswa sambil bermain dan belajar pada saat yang bersamaan. Kahoot! mempromosikan pembelajaran berbasis permainan, yang meningkatkan keterlibatan siswa dan menciptakan lingkungan pendidikan yang dinamis, sosial, dan menyenangkan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia