BlogLifestyleEdukasiAlat Musik Madura
0
0

Alat Musik Madura

Dipublikasikan oleh Aulia Ramadhanti

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
alat musik maduratop-right-banner

Alat Musik Madura – Indonesia memang dikenal sebagai negeri yang kaya, termasuk dalam hal kesenian dan budaya. Sebut saja alat musik daerah, di berbagai penjuru Nusantara terdapat alat musik tradisional daerah masing-masing dengan keunikannya sendiri. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah musik tradisional dari Madura.

Madura merupakan daerah yang masuk ke dalam wilayah Jawa Timur, meski demikian Madura memiliki budaya yang berbeda, termasuk soal alat musik tradisional. Madura tercatat merupakan daaerah yang memiliki 3 alat musik tradisional terkenal. Alat musik ini tentu tidak kalah dengan musik daerah lainnya seperti alat musik Sumatera Utara dan alat musik Sumatera Barat.

Penasaran bagaimana jenis dan bentuknya? Berikut masing masing penjelasan dari alat musik khas Madura. Yuk kita simak bersama Pins!

Baca juga:

3 Alat Musik Tradisional Khas Madura

Alat Musik Tradisional Khas Madura
Source : Sinergi Madura

Di wilayah Madura dan Jawa Timur, alat musik daerah yang terkenal dan familiar di kalangann masyarakat umumnya hanya ada tiga jenis. Di antara ketiga alat musik itu, cara bermainnya cukup bervariasi. Ada saronen yang merupakan jenis alat musik tiup seperti halnya terompet, kemudian tong-tong jenis alat musik pukul yang menyerupai dengan ketentngan, dan yang terakhir ialah ul daul yang menyerupai perkusi.

#1. Saronen

Saronen
Source : Validnews

Saronen adalah alat musik Madura yang dimainkan dengan cara ditiup, alat musik ini juga jika diperhatikan mirip dengan perpaduan atau gabungan antara terompet dan seruling.

Kemudian yang tidak kalah unik yaitu terdapat seprti kumis pada ujung bagian yang ditiup. Kumis kumisan tersebut bukan tanpa fungsi ya, melainkan untuk memaksimalkan udara yang masuk ke dalam saronen.

Selain itu juga untuk memudahkan pemain saronen dalam memainkan alat musiknya. Kumis kumisannya pun tidak melulu berbentuk dan berwarna sama, biasanya tergantung kreativitas pembuat saronen.

Saronen tidak dimainkan sendirian, tapi dipadukan dengan alat musik tradisional lain seperti gong, kendang, kenong, korca dan lainnya. Alat musik tiup ini ditampilkan pada acara acara tertentu, seperti pernikahan, karapan sapi dan lomba kecantikan sapi betina.

Lalu jika kita merujuk pada sejarah, saronan dahulu diadaptasi dari alat musik pengiring reog Ponorogo. Seiring perkembangannya juga saronan digunakan sebagai alat dakwah oleh ulama Madura.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Musik Tradisional Dan Musik Modern

#2. Tong-Tong

Tong-Tongv
Source : Bongkar86

Tong-tong merupakan alat musik tradisiona Madura yang sudah tidak asing lagi, pasalnya alat musik ini dikenal juga diberbagai daerah di Indonesia, termasuk daerahmu.

Hanya saja yang membedakan ialah penyebutan atau namanya saja, bisa jadi ditempat kamu alat musik pukul ini bukan bernama tong-tong. Meskipun tong-tong menyerupai kentongan, tapi bukan berarti sama ya, sebab tong-tong ini memiliki nada yang disesuaikan. Jadi, telah dibuat sedemikian rupa agar menghasilkan nada yang sesuai dan pas.

Tong-tong biasa dimainkan bersamaan dalam bentuk group, kurang lebih mirip instrumen angklung atau calung.

Selain dimainkan sebagai instrumen, alat musik khas Madura ini juga biasa mengiringi nyanyian koor, yaitu lagu yang dinyanyikan bersama-sama, kurang lebih seperti paduan suara.

Baca juga: 10 Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern

#3. Ul Daul

Ul Daulv
Source : Youtube

Dari namanya saja sudah tergambar bahwa ini merupakan alat musik yang unik.

Sebetulnya tidak jauh berbeda sama tong-tong, alat musik ini juga berasal dari kentongan yang digunakan oleh masyarakat untuk membangunkan sahur saat bulan ramadhan. Seiring perkembangannya kentongan ini dipadukan dengan instrumen lain, sehingga menghasilkan musik baru.

Bukan hanya itu saja, saat memainkan ul daul dilengkapi dengan kereta dorong yang mewah serta pemain musik dengan memakai baju seragam.Maka tidak mengherankan bila harus mengeluarkan biaya tidak sedikit apabila ingin menyelenggarakan ul daul.

Penutup

Madura sebagai daerah yang berada di kawasan jawa Timur ternyata kaya akan budaya, sudah sepantasnya kita bisa menjaga dan melestarikannya. Dengan demikian, alat musik ini juga kelak bisa masuk dalam daftar alat musik tradisional Indonesia yang mendunia.

Sebagai penerus bangsa, kita juga perlu berupaya untuk mempertahankan eksistensi alat musik ini ya Pins. Jangan sampai kekayaan bangsa kita ini terlupakan seiring berkembangnya zaman.

Nah, semoga artikel ini bermanfaat bagi kira semua.

Baca juga:

Featured image source: Sinergi Madura


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download