BlogPemilik PropertiDesain HunianCatat! 5 Alasan Lantai Marmer Lebih Mahal Dibandingkan Keramik Biasa
0
0

Catat! 5 Alasan Lantai Marmer Lebih Mahal Dibandingkan Keramik Biasa

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 18, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Marmer merupakan jenis lantai yang biasa digunakan pada rumah, hotel, dan perkantoran. Alasan sebagian orang memilih lantai marmer adalah karena nuansanya yang mewah. Marmer sendiri merupakan batuan alam hasil metamorfosis batu kapur. Garis dan motif yang indah pun lahir dari proses ini. Marmer biasanya dipotong-potong besar lalu dipotong-potong. Marmer tersebut kemudian diampelas hingga berkilau tinggi. Berikut Pinhome jabarkan alasan lantai marmer lebih mahal!

Apa itu Lantai Marmer

Marmer adalah jenis batuan yang memiliki struktur kristal dan poros ringan, yang membuatnya tampak berkilau dibandingkan dengan jenis batuan alam lainnya. Lantai marmer memiliki karakteristik yang tahan terhadap air, namun rentan terhadap zat asam.

Baca juga:

Kelebihan Lantai Marmer

Berikut ini adalah kelebihan dari lantai marmer yang perlu kamu ketahui:

1. Kuat dan Tahan Lama

Source : Pixabay

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, marmer merupakan batu alam, sehingga tidak heran jika lantai jenis  ini sangat tahan lama. Marmer juga cocok digunakan di luar ruangan karena dapat beradaptasi dengan baik dengan iklim dan tahan gores.

2. Perawatan Mudah

Lantai marmer relatif mudah perawatannya. Butuh waktu lama agar marmer menjadi kusam. Untuk perawatan sehari-hari cukup menyapu dan mengepel saja, sama seperti lantai biasa. Hindari penggunaan cairan abrasif karena akan menumpulkan warna marmer. Jika marmer Kamu terlihat kusam, Kamu dapat memperbaikinya dengan memolesnya.

Namun perlu diingat bahwa pemolesan marmer harus dilakukan oleh teknisi berpengalaman agar hasilnya bersih dan berkilau.

3. Memiliki Banyak Variasi

Source : Pixabay

Seperti yang Kamu ketahui, marmer mempunyai motif marmer berupa garis-garis dan urat. Garis ini terbuat dari mineral bercahaya. Karena kandungan mineralnya yang tinggi, setiap marmer memiliki tampilan yang berbeda-beda.

Cocok untuk semua ruangan Lantai marmer dapat digunakan di semua ruangan, mulai dari teras hingga ruang tamu, dari dapur hingga kamar mandi. Kamu dapat memilih dari berbagai marmer yang sesuai dengan ruangan Kamu. Misalnya, Kamu tidak membutuhkan marmer dengan pola yang terlalu rumit di kamar mandi Kamu.

4. Tahan Panas

Tahukah Kamu bahwa marmer mempunyai khasiat mendinginkan ruangan?Merupakan batu yang tahan panas dan tidak mudah terbakar. Oleh karena itu lantai marmer sangat cocok digunakan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Kekurangan Lantai Marmer

Source : Pixabay

Berikut ini adalah kekurangan lantai marmer yang perlu Kamu pertimbanglan:

1. Licin

Licin Karena permukaan marmer rata, maka cenderung licin. Orang yang tinggal bersama anak-anak atau orang tua harus menghindari terpeleset di dalam rumah.

2. Harga yang Mahal

Marmer tidak murahan karena warna dan motifnya yang indah. Harganya bisa lebih dari tiga kali lipat dari keramik biasa. Namun harga tersebut tentunya sesuai dengan kualitas yang Kamu terima.

3. Sulit Diperbaiki

Marmer memang tahan lama, namun bukan berarti tidak bisa rusak. Kerusakan tersebut dapat terjadi dalam bentuk retakan, lubang, bahkan pecah. Untuk perbaikan, percayakan pada jasa pemolesan dan perbaikan lantai marmer kami. Teknisi akan memperbaiki area yang rusak dengan resin. Jika tidak menginginkan hal tersebut, solusinya cukup dengan menggantinya dengan marmer yang baru. Oleh karena itu, marmer harus dirawat dengan sebaik-baiknya.

Alasan Lantai Marmer Lebih Mahal

Source : Pixabay

Setelah mengetahui mengenai kekurangan dang kelebihannya, mari Pinhome bahas mengenai alasan lantai marmer lebih mahal:

1. Desain yang Berbeda Tiap Produk

Marmer merupakan bahan yang terbuat dari batu alam. Karena penggunaan bahan alami, setiap produk memiliki corak yang berbeda-beda. Oleh karena itu,  lantai marmer bisa menaikkan harga rumah Kamu dibandingkan rumah  keramik biasa.

2. Membuat Rumah Sejuk

Marmer merupakan konduktor panas yang baik. Lantai jenis ini  menyerap panas dengan baik, sehingga Kamu tidak akan merasakan panas saat ditinggalkan atau diinjak di luar. Namun jika udaranya dingin, marmer mungkin akan terasa lebih dingin dari biasanya.

3. Memberi Nilai Tambah pada Harga Rumah

Pembiayaan yang dibutuhkan untuk  lantai marmer yang mahal secara tidak langsung mempengaruhi harga jual kembali rumah tersebut. Namun tergantung kondisi seperti lokasi rumah dan waktu penjualan.

4. Memberikan Efek Kaca

Sebagian besar lantai di Indonesia memiliki tampilan yang mengkilat seolah-olah dilengkapi dengan kaca. Efek kaca pada lantai juga dapat memberikan tampilan rumah Kamu yang elegan dan  bersih. Lantai marmer dapat mencapai efek ini, meskipun warnanya gelap.

Itulah dia alasan lantai marmer lebih mahal beserta kurang dan lebohnya. Semoga Bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download