Burung Pemangsa Alap Alap Walet (Eurasian Hobby)

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ November 27, 2022 ∙ 3 menit membaca

Alap Alap Walet atau Eurasian Hobby merupakan salah satu jenis Alap Alap berukuran kecil dan ramping. Alap Alap salah satu dari keluarga Falconidae sama dengan alap-alap australia yang sempat kami bahas pada postingan sebelumnya.

Selain nama Eurasian Hobby dalam bahasa Inggris, burung pemangsa ini memiliki nama ilmiah yakni Falco Subbuteo. Falco Subbuteo pertama dikenalkan oleh naturalis swedia carl linnaeus pada tahun 1758 edisi ke-10 pada Systema Naturae dibawah nama present binomial.

Nama genus falco berasal dari late latin falx, falcis, sabit, yang mengacu para cakar burung pemangsa ini. Sedangkan nama subbuteo diambil dari sub latin “near to” and buteo, ” buzzard”.

Alap Alap ini hampir sama dengan Australian Hobby, dimana keduanya sama-sama memiliki topi dibagian kepala. Sedangkan untuk ukuran tubuhnya juga hampir sama, dimana untuk alap-alap australia sekitar 34-35,5 cm.

Sedangkan burung predator ini antara 29–36 cm dan rentang sayap sekitra 74–84 cm dengan berat tubuh sekitar 175–285 g (6.2–10.1 oz).

Ciri Alap Alap Walet

alap alap walet

Seperti yang sudah di singgung di atas, bahwa Alap Alap Walet salah satu jenis burung pemangsa berukuran kecil yang hanya antara 29–36 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor.

Rentang sayap sekitra 74–84 cm dengan berat tubuh sekitar 175–285 g (6.2–10.1 oz). Burung in i berwarna hitam dan putih. Sayap panjang paha dan tungging merah karat. Tubuh bagian atas abu-abu gelap, dada putih susu bercoret hitam.

Alap Alap Walet betina berukuran lebih besar, lebih coklat, lebih bercoret pada paha dan bulu penutup ekor bagian bawah. Segera dapat dibedakan dengaan Alap Alap Macan dari dada yang keputih – putihan. Iris coklat, paruh abu-abu dengan sera kuning, kaki kuning.

Penyebaran Alap Alap Walet

Alap Alap Walet atau Eurasian Hobby dapat dijumpai di daratan Afrika, Erasia, India, Cina dan Burma. Namun ketika musim dingin, mereka imigrasi berkelompok dengan skala kecil ke daerah selatan. Terdapat dua subspesies yang teridentifikasi pada burung pemangsa ini, yaitu:

    • Subbuteo Linnaeus, 1758 – Barat-laut Afrika dan Eropa Timur sampai Asia Tengah, China Utara, Kamchatka, Sakhalin, dan Jepang bagian utara. Pada musim dingin bermigrasi ke Afrika Tengah dan Selatan serta Asia Selatan.
    • Streichi Hartert & Neumann, 1907 – Cina Timur dan Selatan, mungkin juga di Burma dan Indochina bagian utara.

Kebiasaan dan Perilaku Alap Alap Walet

Alap Alap Walet menyukai lahan terbuka seperti lahan pertanian, rawa-rawa, taiga dan savana. Mereka tersebar luas di dataran rendah dengan hutan kecil yang tersebar.

Burung ini merupakan salah satu pemangsa yang handal, pemberani dan penuh rasa ingin tahu, dan pandai akrobatik sehingga burung ini sering digunakan untuk memburu burung seperti puyuh, srigunting dll oleh falconer.

Makanan Alap Alap Walet seperti serangga besar seperti capung, kelelawar, burung kecil dll. Ketika musim kawin, burung predator dapat menghasilkan 2-4 telur dengan warna cokelat bintik-bintik cokelat tua yang dierami sampai 28 hari saling bergantian, namun yang sering mengerami burung betina.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia