Review Wisata Air Terjun Nglirip Tuban

Dipublikasikan oleh Pinhome dan Diperbarui oleh puri ∙ 15 May 2023 ∙ 4 menit membaca

Air terjun jadi salah satu opsi terbaik untuk Pins yang suka wisata alam. Kombinasi antara aliran air yang jernih nan segar dengan hijaunya alam sekitar membuat obyek wisata ini sulit dilewatkan. Butuh rekomendasi untuk liburan akhir pekan nanti? Kamu bisa banget mampir ke Air Terjun Nglirip Tuban.

Tempat wisata ini menyuguhkan banyak sekali keeksotisan serta keindahan alam yang masih sangat terjaga dengan baik.

Baca juga:

Mitos dan Sejarah Air Terjun Nglirip Tuban

(Dowes29)

Tak ada yang bisa menolak pesona air terjun dengan warna toska yang cantik ini. Ketinggian air terjun yang mencapai 40 meter juga membuat obyek wisata ini cantik di mata dan juga lensa kamera. Air terjun ini bersumber dari hutan Karawak yang ada di sekitarnya. Eits,, tapi kamu jangan hanya terpana dengan pesonanya saja.

Lebih dari itu, ternyata obyek wisata yang satu ini juga tak luput dari mitos atau sejarah yang melatarbelakangi. Dari informasi masyarakat sekitar, air terjun ini memiliki kisah cinta tang tragis di dalamnya.

Pada zaman dahulu ada seorang laki- laki dan perempuan yang saling jatuh cinta namun tidak di restui oleh orang tuanya karena perbedaan status sosial. Akan tetapi sang anak tidak menuruti perintah orang tuanya, sehingga orang tua sanga laki- laki tersebut menyuruh pengawal untuk membunuhnya.

Perempuan yang di tinggalkan masih belum bisa menerima kenyataan tersebut, sehingga dia melakukan semedi di air terjun ini sampai hilang raganya. Karena itulah Air Terjun Nglirip ini juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Putri Nglirip.

Dari mitos ini, kabarnya pengunjung tidak disarankan memadu kasih atau bahkan membawa pacar ke sini. Takutnya bisa putus setelah pulang. Tapi ini hanya mitos saja. Pins boleh percaya ataupun tidak.

Lokasi Air Terjun Nglirip Tuban

(Sikidang)

Lokasinya ini memang jaraknya lumayan jauh dari kota, kamu perlu menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 37 Km untuk sampai ke air terjun. Air terjun ini lebih tepatnya terletak di desa Mulyo Agung Kecamatan Singgahan, bagi kamu yang belum mengetahui lokasinya dapat menggunakan GPS ataupun aplikasi maps lainnya untuk membantu dan memudahkan kamu sampai di lokasi tujuan dengan cepat.

Air terjun nglirip merupakan air terjun yang indah, selain itu banyak pepohonan yang rindang di sekeliling air terjun nglirip tentunya di lengkapi dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan menyegarkan. Wisata air terjun ini sangat di rekomendasikan bagi kamu para pecinta alam dan pemburu background foto alam.

Baca juga:

Rute

(Shutterstock)

Untuk menuju air terjun nglirip ini setidaknya terdapat 2 rute yang bisa wisatawan gunakan, pertama adalah ketika sudah sampai di Tuban kamu langsung menuju Kecamatan Montong untuk selanjutnya menuju wisata air terjun. Rute ke dua yang dapat kamu lalui jika ingin pergi ke air terjun bila dari Tuban langsung menuju ke Kecamatan Singgahan.

Jika memilih rute yang ke dua maka perjalanan yang di lalui akan cukup panjang. Hal pertama yang harus di lakukan adalah mencari angkutan umum dengan tujuan Jatirogo dan turun di Warung Anjlok dusun Jojogan. Setalah sampai situ, maka kamu tinggal naik angkutan umum dengan tujuan tempat wisata ini yang berjarak sekitar 1 Km lagi.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas

air terjun nglirip
(Nativeindonesia.com)

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun nglirip ini setiap pengunjung atau wisatawan akan di kenakan biaya tiket sebesar Rp 5000 per orang. Sementara itu untuk biaya parkir sepeda motor Rp 2.000 dan kendaraan roda empat Rp 3.000.

Bagaimana dengan fasilitas lain?

Meski tidak selengkap obyek wisata di Tuban yang lain, namun pengunjung bisa duduk bersantai di tempat duduk yang tersedia. Kamu juga bisa membeli makanan di beberapa warung yang ada di sekitar air terjun. Jadi jangan khawatir kelaparan ya..

Baca juga:

Featured Image Source: Shutterstock

Editor: Nurchalimah


Temukan pilihan rumah sekunder terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.