937 pengungsi Yahudi melarikan diri dari Nazi Jerman

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ October 12, 2022 ∙ 3 menit membaca

Sejarah hari ini – Sebuah perahu membawa 937 pengungsi Yahudi yang melarikan diri dari penganiayaan Nazi ditolak di Havana, Kuba, pada 27 Mei 1939. Hanya 28 imigran yang diizinkan masuk ke negara itu. Setelah pengajuan banding ke Amerika Serikat dan Kanada untuk masuk ditolak, sisanya dipaksa untuk berlayar kembali ke Eropa, di mana mereka didistribusikan ke beberapa negara termasuk Inggris Raya dan Prancis.

Pada 13 Mei, SS St. Louis berlayar dari Hamburg, Jerman ke Havana, Kuba. Sebagian besar penumpang banyak dari mereka anak-anak adalah orang Yahudi Jerman yang melarikan diri dari penganiayaan yang meningkat di bawah Reich Ketiga.

Enam bulan sebelumnya, 91 orang tewas dan rumah, bisnis, dan sinagog Yahudi dihancurkan dalam apa yang dikenal sebagai pogrom Kristallnacht . Semakin jelas bahwa Nazi mempercepat upaya mereka untuk memusnahkan orang Yahudi dengan menangkap dan menempatkan mereka di kamp konsentrasi. Perang Dunia II dan implementasi resmi Solusi Akhir hanya beberapa bulan dari awal.

Para pengungsi telah mengajukan visa AS, dan berencana untuk tinggal di Kuba sampai mereka dapat memasuki Amerika Serikat secara legal. Bahkan sebelum mereka berlayar, kedatangan mereka yang akan datang disambut dengan permusuhan di Kuba. Pada 8 Mei, ada demonstrasi anti-Semit besar-besaran di Havana. Surat kabar sayap kanan mengklaim bahwa para imigran yang masuk adalah Komunis.

937 pengungsi Yahudi melarikan diri dari Nazi Jerman

The St Louis tiba di Havana pada 27 Mei Kira-kira 28 orang dalam pesawat memiliki visa yang sah atau dokumen perjalanan dan diizinkan untuk turun. Pemerintah Kuba menolak menerima hampir 900 orang lainnya. Selama tujuh hari, kapten kapal berusaha bernegosiasi dengan pejabat Kuba, tetapi mereka menolak untuk mematuhinya.

Kapal tersebut berlayar mendekati Florida, berharap untuk bisa mendarat di sana, tetapi tidak diizinkan untuk berlabuh. Beberapa penumpang berusaha menghubungi Presiden Franklin D. Roosevelt untuk meminta perlindungan, tetapi dia tidak pernah menjawab.

Telegram Departemen Luar Negeri menyatakan bahwa para pencari suaka harus \\\\\\\”menunggu giliran mereka di daftar tunggu dan memenuhi syarat untuk mendapatkan visa imigrasi sebelum mereka dapat diterima di Amerika Serikat.\\\\\\\”

Sebagai upaya terakhir, St. Louis melanjutkan ke utara ke Kanada , tetapi ditolak di sana juga. “Tidak ada negara yang bisa membuka pintunya cukup lebar untuk menerima ratusan ribu orang Yahudi yang ingin meninggalkan Eropa: garis harus ditarik ke suatu tempat,” kata Frederick Blair, direktur imigrasi Kanada pada saat itu.

Karena tidak ada pilihan lain, kapal itu kembali ke Eropa. Kapal itu berlabuh di Antwerp, Belgia pada 17 Juni. Pada saat itu, beberapa organisasi Yahudi telah mendapatkan visa masuk bagi para pengungsi di Belgia, Prancis, Belanda, dan Inggris Raya. Mayoritas yang bepergian dengan kapal selamat dari Holocaust; 254 kemudian meninggal ketika Nazi menyapu benua itu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Desain Tampak Depan Rumah Mewah untuk Hunian Idamanmu

Menentukan desain rumah bisa sangat menyita waktu dikarenakan adanya banyak pertimbangan. Pertimban

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia