9 teknologi warisan Mesir Kuno yang jarang diketahui

Diperbarui oleh ∙ October 12, 2022 ∙ 3 menit membaca

9 teknologi warisan Mesir Kuno yang jarang diketahui – Tahukah anda bahwa banyak hal yang kita gunakan saat ini merupakan warisan kebudayaan Mesir Kuno? Sebelum manusia mampu mengembangkan teknologi modern ternyata bangsa Mesir sebelumnya telah memulainya meskipun masih sederhana. Di bawah ini adalah daftar hasil budaya orang Mesir kuno yang sangat mengagumkan ini:

1. Bahasa Tertulis

Huruf Hieroglif

Pada zaman dahulu manusia gua kuno telah mendahului orang Mesir dengan gambar dan tulisan pada gua mereka. Bangsa Mesir kuno telah memiliki budaya pertama menggunakan simbol sebagai bentuk kata yang diwujudkan dalam tulisan. Hieroglif Mesir mengandung bahasa kompleks yang terus berkembang di sepanjang zaman Mesir kuno. Selain di goa, Hieroglif juga banyak ditemukan pada bagian dalam piramid.

2. Hiasan Mata

eye liner

Apakah Anda penggemar eye-liner? Jika iya, Anda patut berterima kasih kepada orang Mesir kuno. Mereka menganggap kecantikan itu suci, karenanya mereka menemukan berbagai jenis make up termasuk eye liner. Alat tersebut terbuat dari cat mata grepond dan cat hitam kohl yang dilukiskan dengan kuas. Mereka juga menggunakan pacar air untuk mengecat kuku dan mewarnai rambut.

3. Bendungan

Bendungan Mesir Kuno

Salah satu prestasi arkeologi terbesar bangsa Mesir kuno adalah penemuan bendungan air. Sungai Nil yang tidak dapat diprediksi menyebabkan masalah seperti banjir bahkan kekeringan. Sebagai solusinya Raja Menes memerintahkan sistem irigasi pertama Mesir yang dibangun pada 3100 SM.

Hal ini memungkinkan air dari Sungai Nil dialihkan ke kanal dan danau, mengurangi kemungkinan bencana yang disebabkan oleh air. Fondasi teknologi ini masih digunakan di banyak sistem irigasi modern di seluruh dunia saat ini.

4. Kalender

Kalender Mesir Kuno

Kalender Mesir Kuno adalah kalender pertama yang diketahui paling menyerupai kalender modern. Itu adalah kalender matahari yang mencakup 365 hari. Setiap musim dibagi menjadi empat bulan yang terdiri dari 30 hari dan setiap bulan dibagi menjadi periode tiga minggu. Pada akhir periode tiga minggu ini, merupakan akhir pekan, tetapi ini hanya diperuntukkan bagi bangsawan dan anggota masyarakat kelas atas.

5. Bowling

Bowling Mesir Kuno

Bowling pertama kali ditemukan oleh bangsa Mesir kuno. Seperti yang kita lihat, bola bowling sangat mirip dengan yang kita gunakan saat ini. Satu-satunya yang membedakan dalam permainan ini adalah bahwa golnya bola mendarat di lubang daripada mengenai tenpins.

6. Kucing sebagai Hewan Peliharaan

Kucing Mesir Kuno

Kucing disembah oleh bangsa Mesir Kuno sebagai Dewa dan biasanya dipelihara sebagai hewan kesayangan. Ini adalah budaya pertama kucing dipelihara manusia, dan hingga saat ini menjadi hewan peliharaan paling populer di dunia.

7. Pasta gigi

Pasta gigi Mesir Kuno

Bangsa Mesir kuno menganggap bahwa penampilan merupakan hal penting, tidak mengherankan jika mereka juga menemukan pasta gigi. Sebuah teks Mesir kuno menggambarkan pasta yang bila dicampur dengan air liur akan membantu memutihkan gigi dengan sempurna.

8. Sepatu Hak Tinggi

Sepatu Hak Tinggi Mesir Kuno

Selain tata rias, orang Mesir kuno menyukai fashion. Sepatu hak tinggi biasanya dipakai oleh pria dan wanita. Patung dan temuan kuno menunjukkan bahwa sandal platform adalah unis*ks sedangkan wanita juga memiliki sepatu yang sangat mirip dengan sepatu hak tinggi stiletto modern.

9. Kertas

Kertas Mesir Kuno

Bangsa Mesir kuno adalah bangsa pertama yang menggunakan kertas. Mereka telah menghasilkan jenis kertas tebal yang terbuat dari papirus yang biasa mereka gunakan untuk menulis hieroglif. Penemuan ini berasal dari masa Dinasti Pertama dan dengan cepat diterima dan digunakan di seluruh dunia Barat kuno.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia