Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 86+ Kata Ucapan Belasungkawa, Tanda Simpati Kepada Sesama

Lifestyle

86+ Kata Ucapan Belasungkawa, Tanda Simpati Kepada Sesama

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah ∙ 26 December 2020 ∙ 13 menit membaca

Ucapan Belasungkawa – Secara umum, kata belasungkawa merupakan sebutan bagi seseorang yang dikirimkan kepada seseorang, baik itu teman, kerabat, ataupun masyarakat sekitar yang sedang mengalami kemalangan / musibah kematian. Ungkapan Dukacita ini bertujuan sebagai bentuk simpati dan kepedulian.

Sebagai contoh, Kata Kata Belasungkawa akan sering terdengar dalam bentuk ucapan atau tulisan dari seseorang, untuk orang lain yang sedang dilanda musibah kematian. Kesannya, orang yang mengucapkannya juga turut serta merasakan musibah yang dirasakan oleh orang-orang yang mengalaminya. Dengan kata lain, istilah ini erat kaitannya dengan kesedihan.

Nah, bagi kamu yang saudara, kerabat, teman ataupun di sekitaran masyarakatnya sedang ada yang terkena musibah kematian, maka beberapa Kata Ucapan Belasungkawa paling sedih dan menyentuh di bawah ini akan bisa kamu ungkapkan atau tuliskan untuk mereka. Silakan simak ulasan selengkapnya di bawah ini sampai selesai :

Ucapan Belasungkawa Islam

Ucapan belasungkawa sedih
Pilartimes.com

Bagi sebagian orang, jika ada orang-orang terdekatnya yang sedang dilanda musibah kemalangan, maka biasanya dia juga akan merasakan hal yang sama. Bahkan, kesedihan yang muncul kadang tak bisa ditutupi. Dukacita yang dirasakan kadang menciptakan haru yang tak tertahankan. Namun, kita hanya bisa menerima dengan lapang dada. Berikut, beberapa Ucapan Belasungkawa Islami :

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, turut berdukacita atas kepulangan beliau. Semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, turut berdukacita sedalam-dalamnya kawan, tetap sabar dan berserah diri. Semoga almarhum dikumpulkan diantara orang-orang yang Sholeh. Amin.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, tak disangka begitu cepat ia pergi meninggalkan kita semua. Yang sabar ya, semoga arwah beliau bisa tenang dan mendapatkan tempat istimewa di sisi-Nya di surga. Aamiinn.

Turut berdukacita atas kepulangan beliau ke Rahmatullah, jangan pernah berhenti untuk mendo’akannya di setiap do’amu, kawan. Tabahkan hati dan bertawakallah, semua pasti ada hikmahnya.

Aku begitu sedih melihat kau yang sangat terpukul karena kepergian beliau. Namun bagaimanapun, ini semua adalah takdir dari Yang Maha Kuasa, dan telah ditetapkan sejak sebelum ia lahir. Buatmu, tetap sabar dan tabah menjalani semua ini.

Turut berdukacita atas berpulangnya beliau pada Sang Khalik, semoga dia ditempatkan di barisan para pejuang agama Allah, diberi kemudahan, cahaya dan kelapangan kubur. Amin.

Ini memang pedih, kawan, aku tahu itu. Namun, kita juga jangan sampai lupa bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mengalami mati. Untuk itu, ikhlaskan semuanya karena Allah, lalu lanjutkan perjalanan hidupmu.

Kawan, hentikan tangismu, sudahi sedihmu, tegakkan kepalamu. Yang lalu biarlah berlalu, ini sudah menjadi ketetapan Allah SWT, dan kita wajib mengimaninya. Cukup doakan selalu agar beliau mendapat tempat terbaik di sisi Rabb-Nya.

Aku mengenalmu sebagai pribadi yang Sholeh dan kuat dalam menghadapi segala masalah hidup. Meski kali ini terasa begitu pedih, namun aku yakin kau bisa melewatinya dengan tegar. Aku turut berdukacita dengan kepergian orang tercintamu. Sabar.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, turut berdukacita atas wafatnya ayahandamu, kawan. Jadilah pemuda yang tegar lagi kuat, perjalanan hidup masih panjang, hentikan air matamu, bangkitlah, dan beri yang terbaik buat beliau. Allah akan mendengar segala do’a-do’amu.

Ucapan Belasungkawa Singkat Dan Pendek

Tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang mengetahui kapan Allah akan memanggilnya. Itulah kenapa sering terjadi kemalangan di keluarga sendiri atau sanak famili, padahal kita sedang berada jauh dari rumah. Sehingga, hanya kata-kata terakhir yang bisa kita ungkapkan atas kepergiannya. Berikut, beberapa Ucapan Belasungkawa Pendek Dan Singkat :

Buat kamu, yang sabar ya menghadapi cobaan ini, aku tahu kamu kuat dan pasti segera bisa mengikhlaskan kepergian beliau.

Ini memang pedih dan menyayat. Namun bagaimanapun, ini juga sudah menjadi janji beliau dengan Tuhan, semoga kamu bisa menghadapinya.

Bagaimanapun, kesedihan yang berlarut-larut serta air mata tak henti menetes, takkan mampu mengembalikan dia ke dunia. Ikhlaskan, dan semoga dia pergi dengan tenang.

Kematian ialah kehendak yang maha kuasa, kita hanya bisa menerima dengan ikhlas dan lapang dada. Semoga kita tenang melepasnya, dan dia pergi dengan sebaik-baiknya.

Turut berbelasungkawa atas kepergian beliau. Semoga kita yang tertinggal bisa senantiasa mengirim do’a untuknya yang telah mendahului kita semua.

Beliau memang telah pergi, kamu harus bisa bersabar. Meski raganya tak lagi di sini, namun kenangan kita semua dengannya akan selalu abadi dan kekal sepanjang masa.

Aku turut berdukacita atas berpulangnya beliau ke sisi Allah. Semoga segala amal dan perbuatan baiknya semasa di dunia bisa menjadi bekal penyelamat baginya di akhirat.

Aku tahu kau begitu sedih, karena kepergian beliau akan menciptakan kesepian dalam hidupmu. Namun, kau harus bisa bangkit dari duka ini dan memberi yang terbaik buatnya.

Dari wafatnya beliau, kesedihan hadir bak ombak keras yang menampar karang. Aku merasakan apa yang engkau rasakan saat ini, semoga kita dianugerahi kesabaran yang tak terhingga.

Selamat jalan wahai saudara, aku disini hanya bisa memanjatkan sehntai doa untukmu, agar diberi kemudahan dan kelapangan kuburmu.

Ucapan Belasungkawa Bahasa Arab

Kata kata turut berduka cita
Initu.id

Memberi ucapan tanda kepedulian kita terhadap orang yang sedang dilanda musibah kemalangan, adalah bukti bahwa kita bersimpati atas kesedihan yang ia rasakan. Artinya, kita seakan-akan berada disamping hatinya yang tengah berduka. Berikut, beberapa Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Arab untuk kalian semua :

لِلَّهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى

.فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ

Inna lillahi maa akhodza, walahu maa a’atho wa kullu syai in ‘indahu bi ajalim musammaa faltashbir waltahsib.

Artinya :

Sesungguhnya milik Allah segala sesuatu apa yang diambil dan juga baginta apa yang diberikan.

رَحِمَكَ اللهُ وَآجَرَكَ

Artinya:

“Semoga Allah merahmatimu dan memberikanmu pahala. ( HR. Tirmidzi )

اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاكَ وَرَحِمَ مَيِّتَكَ.

Allahu Ajroka wa ahsana ‘azaaka wa rohima mayyitaka.

Artinya :

“Semoga Allah memberimu pahala yang berlipat, memberimu pelipur lara nan baik dan semoga Allah  memberikan rahmat pada si mayyit.

 اللٰهُ عَزَاكَ ,وَجَبَرَ مُصَابَكَ، وَغَفَرَ لِمَيِّتَكَ وَرَحِمَه وَخَلَفَهُ فِيۡ عَقَبِهِ بِخَيۡرٍ

Ahsanallahu ‘azaaka, wa jabaro mushobaka, wa ghofaro limayyitaka wa rahimahu wa kholafahu fii ‘aqibihi bikhoirin.

Artinya :

Semoga Allah memberimu pelipur lara, memberi kebaikan atas musibahmu, mengampuni mayyit, melimpahkan rahmatnya serta menggantikan dengan sesuatu yang lebih baik.

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Innalillahi wa innalillahi rooji’un.

Artinya :

Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali). (Al-Baqarah 2:156).

Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris

Jika bisa memilih, tak ada satupun manusia di dunia ini menginginkan kehilangan orang-orang terdekatnya, baik itu dari pihak keluarga, sahabat dan lainnya. Namun bagaimanapun, takdir adalah takdir, maut memang sudah menjadi janji setiap orang dengan Rabb-Nya sebelum dilahirkan ke dunia. Berikut, beberapa Kata Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Inggris :

I am sorry to hear about your loss.

Artinya :

Saya turut berduka cita atas kehilangan yang menimpamu.

I am sorry, but I am at a loss words.

Artinya :

Saya turut berduka cita.

Please accept my condolences, Jimmy will always be missed.

Artinya :

Saya turut berduka cita, Jimmy akan selalu dirindukan.

We are really sorry to hear that. May she / he get a beautiful place up there.

Artinya :

Kami ikut berduka cita. Semoga dia mendapatkan tempat terbaik di atas sana.

We are mourning to hear your lost. Be strong.

Artinya :

Kami sangat sedih mendengar kabar duka ini. Tetap kuat ya.

May God give her / him a decent place.

Artinya :

Semoga Tuhan memberikan dia tempat yang layak disisi-Nya.

I am so sorry to hear that disaster you are experienced.

Artinya :

Aku turut berduka cita mendengar musibah yang kau alami ini.

She / He has been a more peaceful place right now. It’s okay.

Artinya :

Dia sudah berada di tempat yang damai sekarang. Jangan khawatir.

We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence.

Artinya :

Kami turut berkabung atas kehilangan yang sangat dalam dengan simpati dan belasungkawa yang sangat dalam.

There’s nothing, not even time that can ease the pain from the loss of your loved ones. But God with you, and we are all too.

Artinya :

Tidak ada yang bisa, bahkan waktu sekalipun, yang dapat meringankan rasa dari kehilangan orang yang Anda cintai. Tapi Tuhan bersamamu, begitupun dengan kami.

Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa

Ucapan belasungkawa bahasa jawa
Bola.com

Selain bahasa Arab dan Inggris, bagi kamu uang berasal bukan dari suku Jawa dan ingin memberikan Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Jawa kepada teman atau orang tertentu, berikut beberapa contoh kalimat beserta artinya yang bisa kamu pakai :

“Nderek belasungkawa, mugi arwahipun saget dipun tampi dumateng ngarsanipun Pangeran”.

Artinya :

Turut berduka cita, semoga arwahnya diterima oleh Tuhan.

“Mugi-mugi sedanten kekilafan lan kesalahan dingapunten dateng Allah, lan diparingi panggen ingkang sae.”

Artinya :

Semoga semua kekhilafan dan kesalahan dimaafkan Allah, dan diberikan tempat yang baik.

“Donya mung ngeterke tekan pecate nyawa. Ananging derma nggandeng manungsa tekan lawange suwargonipun Gusti Allah”.

Artinya :

Dunia hanya mengantarkan hingga hilangnya nyawa. Akan tetapi, sedekah membawa manusia hingga ke surga Allah.

“Kulo ngaturaken nderek belasungkawa ingkang sakageng-agengipun. Mugi-mugi Gusti paring kekiatan dhateng keluarga ingkang dipun tilar lan mugi-mugi panjenenganipun almarhum dipun tampi sedaya amal lan ibadahipun”.

Artinya :

Saya menyampaikan turut berbelasungkawa yang sebesar-besarnya. Semoga Tuhan memberikan kekuatan untuk keluarga yang ditinggalkan dan semoga semua amal dan ibadah almarhum diterima.

“Mugi-mugi amal kesaenanipun almarhum/almarhumah ditampi kaleh Gusti Allah lan dhateng kaluarga kaliyan ahli waris dipun paringi kesabaran lan ketabahan. Aamiin ya rabbal ‘alamiin”.

Artinya :

Semoga amal kebaikan almarhum/almarhumah diterima Allah dan keluarga serta ahli waris diberi kesabaran dan ketabahan. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.

“Nderek asung belo sungkowo,mugi konduripun ingkang bopo tansah pinaringan panggenan swarganipun gusti ingkang nggelar jagat.”

“Sugeng tindak Bapak / Ibu…Mugi Gusti paring padang lan jembar kuburipun..Mugi Gusti paring kasuwargan. Mugi kaluargi ingkang di tinggal tansah pinaringgan kesabaran.”

“Sugeng tindak wonten ing alam sejati. Mugi panjenengan wonten ing papan kaswargan kanti prayogo.”

“Nderek belasungkawa. Mugi-mugi pikantuk papan palenggahan ingkang langkung sekeca…papan ingkang kinayoman sih rahmating Gusti kang maha welas…amin.”

“Ndherek belasungkawa .. Mugi sowanipun kadang sepuh panjenengan tinampi dening Gusti ing papan kasuwargan jati.”

Baca Juga : Ucapan Semoga Cepat Sembuh

Ucapan Belasungkawa Untuk Teman

Ketikan seorang teman sedang diberatkan dengan sebuah musibah kemalangan, atau kamu telah kehilangan seorang teman, kita sebagai teman dekatnya sehari-hari pasti juga akan ikut merasa sedih. Namun, kamu bisa sedikit meringankan dan mengobati hatinya dengan kepedulian, melalui beberapa Ucapan Belasungkawa Buat Sahabat di bawah ini :

Sahabatku, aku tahu ini berat bagimu, namun di balik itu aku juga yakin bahwa kau pasti kuat menghadapinya. Ikhlaskan dia dan marilah memulai semuanya dengan semangat seperti semula.

Innalilahi wainnailahi Raji’un, turut berbelasungkawa atas kepergian kakakmu, teman. Semoga beliau ditempatkan diantara orang-orang yang beriman dan beramal shaleh.

Kulihat air mata mengalir di pipimu, Isak tangis terdengar bergemuruh dari mulutmu, melepas kepergian orang yang sangat kau cintai. Aku sebagai teman, hanya bisa mendoakan agar semuanya baik-baik saja setelah ini berlalu.

Kepiluan yang kau rasakan saat ini adalah kesedihan yang amat dalam bagiku, kau terpukul karena orang yang kau cintai telah pergi. Tambahkan hatimu, teman, kuatkan jiwamu dan do’akan selalu agar dia tenang di alam sana.

Turut berdukacita atas berpulangnya ayahandamu ke Rahmatullah, semoga segala apa yang ia tinggalkan di dunia, dan yang ia bawa ke akhirat, bisa memberi pertolongan untuknya.

Tak sadar, air mataku mengalir deras melihat kau menukik meratapi nasib yang tengah menimpamu. Ikhlaskan lah semuanya, sudahi ratapanmu dan mari gandeng tanganku.

Kita semua memang tak menyangka bahwa dia akan pergi secepat ini, meninggalkan kita semua. Semoga kau bisa menjadi tegar selayaknya pohon di tepi jalan, meski di tepar angin dan debu, kau harus tetap sabar, kawan.

Kematian adalah rahasia Yang Maha Kuasa, kita hanya bisa pasrah bila waktunya telah tiba. Dan hari ini, waktu beliau telah datang, kawan. Aku harap, kau ikhlas dan menerimanya dengan lapang dada.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani ini semua.

Selamat jalan sahabat baikku semoga engkau mendapat tempat terindah disisiNya kini, yaitu di surgaNya yang sangat indah. Amin Ya Rabbal Alamin.

Kata Kata Turut Berduka Cita Sedih

Kata kata selamat tinggal sedih
Seruni.id

Kepergian orang yang disayang memang sangat menyakitkan dan menyayat hati, namun ketika waktunya telah tiba, siapapun manusia di atas dunia ini harus bisa ikhlas dan menerimanya dengan lapang dada. Semoga kita semua tergolong orang-orang yang ikhlas dan berserah diri. Berikut, beberapa Kata Kata Ucapan Belasungkawa Sedih atas kepergian seseorang yang berarti dalam hidup kita :

Kita tidak bisa mendapatkan semua yang kita inginkan, termasuk mengkehendaki orang yang kita sayang akan selalu bersama kita, karena ada takdir Allah yang mengatur. Untuk itu, kepergian saudaramu adalah bukti takdir tersebut, dan kita hanya bisa menerimanya.

Rasanya, aku belum sepenuhnya percaya dengan apa yang aku alami sekarang, mengapa kau begitu cepat pergi meninggalkan kami semua di sini. Kawan, pergilah dengan tenang,  semoga kau damai di alam barumu.

Isak tangis air mataku tak terbendung ketika melihat kau tergeletak diam terkulai dalam kaku, seketika terbayang segala kenangan yang indah diantara kita. Selamat jalan, teman baikku, semoga arwahmu tenang dan damai disisi-Nya.

Padahal, baru tadi malam kita bersama, saling berbagi cerita dan bercengkrama ria. Hari ini, suasana berubah total menjadi haru yang memilukan. Kawan, kenapa kau tinggalkan aku secepat ini? Bukanlah kita telah berjanji untuk melanjutkan cerita tadi malam? Kawan, selamat tinggal untuk selama-lamanya.

Di hari kepergian mu ini, kukirimkan do’a dan harapan ke hadapan Allah SWT, semoga arwahmu diterima dan segala amal kebaikanmu menjadi penolong bagimu. Selamat berpisah, teman.

Sebuah kepastian akan terjadi segera, yakni kesepian dan kesunyian yang akan aku rasakan karena kepergianmu untuk selama-lamanya. Selamat berpisah dan selamat jalan, teman.

Ya Allah, ampunilah segala dosa-dosa teman baikku ini, dia menghadap kepada-Mu di usianya yang masih muda. Semoga Kau tempatkan ia di antara orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Aamiinn..

Aku menyadari bahwa kesedihanku saat ini takkan merubah apa-apa, tapi izinkan aku memberikan tangisan terakhirku atas kepergian mu yang membuat pilu ini. Selamat jalan, kawan.

Semoga kau dilancarkan menuju surga. Kami akan berusaha tidak berlarut-larut menangisi kematianmu. Sebagai sahabat, kami akan selalu melantunkan doa baik untukmu.

Kami tak menyangka kau akan pergi secepat ini, Kawan. Semoga ibadahmu diterima di sisi-Nya. Semoga keluargamu tetap tabah.

Baca Juga : Kata Kata Perpisahan

Cara Membalas Ucapan Belasungkawa Islam

Ketika kamu sedang menghadapi musibah kemalangan, tentunya akan sangat banyak sekali orang-orang yang mengucapkan dan mengirimkan Kata Kata Ucapan Belasungkawa kepada kamu. Untuk membalasnya, kamu bisa menggunakan beberapa kalimat sebagai Cara Membalas Ucapan Belasungkawa Islam dari mereka :

Terima kasih atas simpati dan kepedulianmu terhadap keluargaku yang sedang ditimpa kemalangan ini, aku sangat menghargai itu semua.

Aku hanya bisa mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya, atas segala bentuk ungkapan simpati dan kepedulian dari kalian. Aku sangat menghargai kasih sayang dan persahabatan diantara kita.

Aamiinn, semoga segala bentuk do’a dan harapan yang kalian curahkan atas wafatnya ayahku, menjadi pahala bagi kalian semua. Terima kasih.

Terima kasih banyak, teman, kau telah menunjukkan bentuk kepedulian yang sangat berharga bagiku.

Terima kasih untuk kalian semua, rasa simpati yang kalian berikan setidaknya bisa meredakan kepiluan dan kegundahan yabg aku rasakan kini.

Dukungan dari kalian semua sangat berharga bagiku, aku begitu berterima kasih atas kehadiran dan pemberian dari kalian, teman-teman.

Terima kasih atas kepedulian kalian, aku harap kalian semua bisa memaafkan segala salah dari almarhum, semoga ia tenang di alam sana.

Penutup

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai beberapa Kata Kata Ucapan Belasungkawa islami, buat teman, sedih dan tema lainnya. Semoga ulasan si atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih.

Tags :

Bagikan Artikel