8 Rekomendasi Ban Tubeless Motor Matic Terbaik dan Tips Memilihnya

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ August 24, 2022 ∙ 11 menit membaca

Ban tubeless matic merupakan jenis ban yang secara khusus dirancang tanpa membutuhkan ban dalam seperti jenis ban pada umumnya. Di pasaran Anda akan menjumpai banyak sekali pilihan ban tubeless motor matic terbaik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Masing-masing dari ban tubeless matic mempunyai kelebihan dan kekurangan yang tidak sama. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli ban tubeless motor matic Anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran ban tubeless pada kendaraan matic Anda.

Tips Memilih Ban Tubeless Motor Matic Paling Bagus

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh ban tubeless yaitu tidak mudah bocor. Pada saat digunakan untuk bermanuver ban lebih stabil dan juga tahan lama. Namun sayangnya, jenis ban tubeless ini mempunyai kelemahan dari segi harganya yang tergolong lebih mahal.

Selain itu, juga tidak cocok apabila digunakan pada jalanan terjal. Pada dasarnya ban tubeless terbaik untuk motor matic disesuaikan pada tingkatan kebutuhan konsumen. Masing-masing kualitas yang dimiliki pada setiap ban tidaklah sama.

Namun sebelum menentukan pilihan ban tubeless motor matic, sebaiknya bekali diri Anda dengan informasi yang ada di bawah ini supaya tidak salah pilih:

1. Menentukan Merk

Menentukan Merk

Langkah pertama supaya benar-benar menemukan ban tubeless terbaik yaitu dengan menemukan merk ternama. Dengan memilih merk yang bagus, secara umum pasti mempunyai quality control yang sangat bagus. Ada banyak sekali merk ban tubeless yang terbaik.

Misalnya seperti IRC, Bridgestone, Michelin, FDR, Zeneos, Maxxis, dan masih banyak lagi. Semakin Anda memilih brand ternama, maka bisa dipastikan bahwa kualitas dan kenyamanan selama berkendara terjamin. Akan tetapi Anda harus mempersiapkan dana yang lebih mahal dibanding brand biasa.

2. Menyesuaikan Ukuran Ban

Menyesuaikan Ukuran Ban

Supaya dapat berkendara dengan nyaman, maka Anda harus menyesuaikan dengan ukuran ban. Untuk itu, lakukan pengecekan ukuran ban motor sebelum melakukan pembeliannya. Pilihlah ban tubeless yang mempunyai ukuran standar dan pas di kendaraan roda dua.

Perhatikan juga apakah ban kendaraan tersebut sesuai pelek atau tidak. Pilihlah profile ban tubeless yang memang tidak terlalu kecil, namun juga tidak terlalu besar. Apabila salah dalam menentukan pilihan tentu dapat mengurangi daya cengkram ban ketika berkendara.

Selain itu juga mampu memberikan risiko yang dapat merusak ban tubeless. Apabila berkeinginan untuk memilih ban tubeless ukuran besar, pilihlah ban dengan ukuran yang tidak melebihi 2 tingkat dari ukuran ban bawaan pabrik.

Contohnya ban bawaan pabrik mempunyai ukuran 90/90, untuk itu ukuran ban tubeless motor maksimal yang dapat Anda pilih yaitu 110/70.

3. Motif Ban

Motif Ban

Banyak orang yang tidak mengetahui ternyata motif dari ban tubeless ini mempunyai tujuan tertentu. Motif antara ban merk yang satu dengan merk yang lainnya memang tidaklah sama.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bahwa motif pada ban tubeless dapat disesuaikan pada kondisi jalanan yang seringkali dilalui ketika berkendara. Misalnya seperti jalanan yang tidak rata, jalanan yang basah atau licin, dan lainnya.

Pada kondisi jalanan yang kering dan di wilayah kota, maka dapat memilih ban tubeless yang mempunyai daya cengkram terbaik. Pilihlah ban tubeless dengan tipe dual purpose atau offroad apabila seringkali melewati jalanan tidak rata, berbatu, atau berpasir.

Hal ini dikarenakan tipe ban tubeless tersebut mempunyai kontur kotak-kotak. Tentunya akan membuat perjalanan Anda semakin lebih menyenangkan dan nyaman.

4. Hindari Tapak Minim

Hindari Tapak Minim

Bagi penggemar modifikasi, terutama gaya Thailook ban yang menggunakan telapak kecil pastinya menjadi hal wajib. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ban yang mempunyai tapak kecil justru mempunyai banyak kelemahan?

Misalnya mudah selip ketika mengerem mendadak maupun ketika berkendara di jalanan yang basah. Untuk itu, bagi penggemar Thailook sangat disarankan untuk memilih ban tubeless motor matic terbaik yang mempunyai telapak berukuran sedang.

Alasannya karena ban tubeless motor yang mempunyai tapak sedang sudah sesuai dengan ban bawaan dari pabrik motor. Selain itu, juga dapat memberikan daya cengkram yang sangat baik. Beberapa ukuran ban motor yang dapat dipilih bagi penggemar Thailook yaitu 2.25 maupun 70/80.

5. Tanggal Pembuatan

Tanggal Pembuatan

Segala produk ban yang berasal dari berbagai merk maupun jenis mempunyai waktu produksi yang tertulis pada ban. Anda selaku calon pembeli wajib memperhatikan tanggal produksi sebelum memutuskan untuk memasangnya.

Pada biasanya di setiap ban mempunyai kode unik tersendiri. Kode tersebut adalah informasi pembuatan atau produksi ban tersebut. Jika kode produksi ban tubeless semakin lama, maka sudah bisa dipastikan bahwa kualitasnya pun juga berkurang.

Sebaiknya pilihlah tanggal pembuatan atau produksi yang baru agar mempunyai kualitas yang masih bagus.

6. Masa Pakai

Masa Pakai

Pemahaman terhadap masa pemakaian ban tubeless menjadi hal yang sangatlah penting. Dengan mengetahui hal ini, maka Anda dapat lebih memaksimalkan potensi terbaik dari ban tubeless yang sedang digunakan.

Berbekal pengetahuan yang dimiliki maka Anda lebih siap untuk mengganti ban sesuai waktu yang dibutuhkan. Sebaiknya jangan menunggu sampai permukaan ban benar-benar kotak atau tipis agar dapat melakukan penggantian.

Tentu saja hal ini dapat membahayakan diri sendiri ketika berkendara. Ban tubeless yang mempunyai konsekuensi daya cakram optimal memang mempunyai usia yang kurang lama. Namun, hal ini tergantung bagaimana diri Anda mengendarai nya dan melakukan perawatannya.

7. Sesuai Budget

Sesuai Budget

Setelah mengetahui beberapa tips yang ada di atas, ini tips terakhir yaitu dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Apabila memiliki dana yang terbatas, maka tidak perlu memaksakan diri agar bisa membeli ban yang berasal dari merk ternama.

Hal ini sudah dipastikan bahwa ban dari merk terkenal dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, karena masih ada banyak pilihan ban tubles dengan harga murah. Pilihlah ban berdasarkan dari kualitasnya dan sesuaikan dengan budget.

Rekomendasi Merk Ban Tubeless Motor Matic Yang Bagus

Bukan perkara mudah untuk benar-benar menemukan ban tubeless terbaik khusus motor matic kesayangan Anda. Sedangkan masing-masing dari motor matic mempunyai ukuran yang berbeda dan berasal dari merk yang tidak sama.

Namun, beberapa daftar rekomendasi merk ban tubeless motor matic terbaik yang ada di bawah ini setidaknya bisa membantu supaya bisa menemukan ban tubeless yang sesuai, diantaranya seperti berikut ini:

1. Ban Tubeless Federal

Ban Tubeless Federal

Ban tubeless Federal merupakan produk original dari Honda yang mempunyai jumlah peminat cukup banyak. Federal hanya menyuguhkan satu tipe ban saja, yakni Federal KVB. Sementara ukuran yang disediakan terdapat dua pilihan yaitu 90/90-14 dan 80/90-14.

Pada dasarnya ban tubeless memang hanya dipergunakan pada jenis kendaraan gede. Misalnya seperti motor yang mempunyai cc besar maupun motor sport.

Akan tetapi, mengingat keunggulan yang dimiliki oleh merk ban tubeless terbaik untuk motor matic ini  menjadikan para produsen otomotif ikut serta menggunakan ban tubeless pada motor matic maupun motor bebek.

Tentu saja alasannya beragam, salah satunya yaitu supaya tidak mengalami bocor dan kendaraan menjadi lebih stabil. Dengan begitu, pastinya menciptakan kenyamanan selama berkendara.

2. Ban Tubeless IRC

Ban Tubeless IRC

Ban motor matic ini mempunyai banyak fitur yang cukup memukau, misalnya seperti non aromatic, oil low rolling resistance, atau Advance heat resistant compound. Fitur inilah yang dapat menstabilkan tekanan angin maupun suhu pada ban.

Khususnya ketika motor melaju kencang pada waktu yang lama. Ban tubeless jenis ini mempunyai keunggulan seperti Ultra High Speed Drift yang dapat menghasilkan performa maksimal. Selain itu, daya cengkeram yang tahan pada berbagai kondisi cuaca atau jalan.

Ban tubeless IRC mempunyai konstruksi berteknologi, sehingga bisa mengurangi tingkat guncangan ketika berkendara. Terutama saat berada di permukaan jalanan yang terjal. IRC sudah menggunakan compound secara khusus yang terbuat dari bahan kimia yang sangat aman untuk lingkungan.

Penggunaan ban IRC ini bisa mengurangi beban kerja dari mesin kendaraan. Dengan begitu, maka berpengaruh positif di konsumsi bahan bakar yang secara efektif.

3. Ban Tubeless FDR

Ban Tubeless FDR

Ban tubeless FDR ini terdiri dari flemmo, flemmo pro, Spartak dan Dozer. Dari tipe keseluruhan tersebut ban tubeless FDR ini memiliki kualitas yang sangat bagus.

Untuk ukuran ban yang bisa dipilih yaitu:

  • Flemmo 80/90-14,  70/90-14, 90/90-14
  • Dozer 70/90-14, 90/90-14, 80/90-14
  • Spartax 70/90-14, 90/90-14, 80/90-14
  • Fasio 70/90-14, 90/90-14, 80/90-14

4. Ban Tubeless Corsa

Ban Tubeless Corsa

Selain ke 3 jenis ban tubeless motor matic terbaik di atas Anda juga bisa menemukan ban tubeless Corsa yang mempunyai beragam pilihan ukuran.

Supaya tidak bingung dalam menentukan pilihan ukuran, berikut ini ada tiga pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun selera, di antaranya:

  • SS-R 80/90-14, 90/90-14
  • S-OI 70/90-14, 80/90-14, 90/90-14
  • SS-09T 70/90-14, 80/90-14

Ban ini mempunyai desain alur simetris dan searah. Dengan begitu, maka akan terlihat sangat menarik dan juga unik. Ternyata merk ban tubeless terbaik untuk motor matic ini mempunyai fitur andalan yang membuat ban ini mempunyai jumlah peminat yang cukup banyak di pasaran.

Pada biasanya untuk motor matic menggunakan tipe enviro NR91 dan mempunyai ukuran 80/90 pada ring 14. Selain desainnya yang menarik, ban tubeless Corsa juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

5. Ban Tubeless Michelin Pilot Street

Ban Tubeless Michelin Pilot Street

Michelin Pilot Street adalah ban motor yang terbuat dari bahan karet sintetis bersertifikasi. Kelebihan yang dimiliki yaitu dapat mereduksi getaran dan ketidakseimbangan karena permukaan jalanan yang tidak rata.

Dengan kualitasnya yang tinggi, maka roda ban tidak mudah mengalami aus atau kerusakan. Sehingga pengguna dapat menggunakan pada jangka waktu yang lebih lama. Saat berkendara di jalanan yang kering atau basah, maka Michelin Pilot Street ini dapat diandalkan.

Desain dari ban tubeless terbaik untuk motor matic ini yaitu berupa cekungan alur tapak yang melintang. Hal ini inspirasi dari sebuah sepeda motor balap dari Michelin Pilot Road 2 Tires. Meskipun dibanderol dengan harga yang mahal, ternyata Michelin ini sangat direkomendasikan.

Alasannya karena kemampuannya dalam menyuguhkan kenyamanan ketika berkendara. Michelin mampu memberikan tingkat kenyamanan dan daya tahan yang lebih baik, karena sudah menggunakan high Modulus Low Shrinkage atau HMLS.

Dengan begitu, maka bisa menghasilkan daya cengkram secara optimal dan mempunyai daya stabil ketika berada di jalanan bergelombang. Ban ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang hobi touring.

6. Ban Tubeless Zeneos

Ban Tubeless Zeneos

Perusahaan Gajah Tunggal terkenal sebagai perusahaan yang memproduksi ban terbesar di negara Asia Tenggara. Ban besutan dari perusahaan ternama ini dibuat melalui teknologi AGD atau Advance Group Desain dan High Speed Grip atau compound HSG.

Setiap pengendara kendaraan roda dua pastinya lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Untuk itu, produk dari Zeneos ini menyuguhkan produk ban yang dapat dijadikan pilihan dan solusi.

Terlebih lagi brand ini sudah mempunyai sertifikasi internasional dan domestik, sehingga banyak konsumen yang sudah mempercayai kualitas produknya.  Berbicara mengenai produk, Zeneos memang menjadi pilihan ban tubeless motor matic terbaik.

Hal ini dibuktikan dengan desainnya terbuat dari bahan yang kuat dan nyaman. Ukuran 100/80 dan ring 18 dengan bahan yang sudah pasti aman. Zeneos dapat memberikan pengendalian secara stabil dan juga kenyamanan selama berkendara.

Kelebihan dari bahan ini yaitu mampu bertahan lama terhadap potongan benda tajam di jalanan atau terhadap aus. Terdapat fitur non aromatic oil yang terbuat dari bahan kimia, sehingga menjadikan ban tubeless ini sangat nyaman dan ramah lingkungan.

Wajar saja apabila ban tubeless Zeneos ini mampu menghasilkan presisi yang sangat baik pada pembuangan air. Hal ini berkat adanya Advanced Grip Enhancement Sign yang dibuat secara komputerisasi.

Bagi pengguna motor sport atau matic sangat cocok menggunakan ban ini, khususnya saat kegiatan touring.

7. Ban Tubeless Battlax S20

Ban Tubeless Battlax S20

Battlax Stone adalah perusahaan karet dan ban yang berasal dari Jepang dan sudah populer di dunia, khususnya di Negara Indonesia. Dalam mengembangkan kualitas pelayanan dan produknya, brand ternama ini sudah dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang memadai.

Jenis ban tubeless untuk motor matic yang bisa Anda pilih yaitu Battlax S20 yang mempunyai compound medium soft dan pattern baru. Selain itu, juga dibekali dengan teknologi konstruksi MotoGP yang dapat memberikan performa cornering dan handling yang sangat maksimal.

Battlax S20 ini sudah diklaim mempunyai 30% lifetime yang cukup panjang. Sebagai ban yang empuk untuk motor matic, maka Battlax S20 menjadi solusi bagi Anda yang berencana ingin mengganti ban motor.

8. Ban Tubeless Swallow

Ban Tubeless Swallow

Swallow adalah merk dari ban motor paling populer di Negara Indonesia. Tentu saja dikarenakan harganya yang murah, namun mempunyai kualitas yang tidak lagi diragukan. Brand ini sudah dikenal mempunyai ketahanan antara 1 hingga 2 tahun.

Namun, tergantung juga dari bagaimana pemakaian penggunanya. Tidak perlu khawatir, meskipun harganya yang tergolong murah, namun jenis ban tubeless motor matic terbaik ini sudah mempunyai sertifikat SNI.

Tidak hanya dari segi tampilannya yang cukup menawan, akan tetapi dari segi kualitasnya pun juga tidak dapat diremehkan dan dipandang sebelah mata. Tidak dipungkiri lagi bahwa daya cengkram yang dimiliki oleh ban tubeless motor matic ini dapat memberikan kestabilan dan ketahanan yang sangat bagus.

Penggunaan ban motor Swallow dengan ring 17 ini sangat cocok bagi para pengguna kendaraan custom dengan gaya klasik. Misalnya seperti Bratstyle Café, Racer estrella, dan copper selalu dapat menghasilkan ketahanan pada keausan ban.

Daftar Harga Ban Tubeless Motor Matic Terbaik

[table id=69 /]

Motor matic memang menjadi daya pikat bagi para masyarakat luas untuk saat ini. Ternyata perawatan motor matic tidak hanya pada bagian mesin, aki, dan velg saja. Namun, pemilihan ban tubeless motor matic terbaik juga menjadi kewajiban yang perlu dipertimbangkan.

Baca juga: 

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

General
General 11 Manfaat dan Kelebihan Kayu Ulin Dibandingkan Kayu Jenis Lain

Kayu menjadi bahan material yang kerap dipakai sebagai salah satu bahan bangunan, mulai dari rangka

Properti
Properti 8 Inspirasi Desain Rumah Aesthetic Ala Korea

Kian hari, drama Korea kian menjamur dan menjadi tontonan populer masyarakat. Bahkan, beberapa hal

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 6 List Perumahan Murah di Bogor Kota

Kota Bogor dikenal dengan sejuknya udara dan pemandangan alam yang hijau. Belakangan ini, kota di J

Pemilik Properti
Pemilik Properti Open House Lebaran Artinya Kesempatan Emas Jual Rumah

Sudah bukan rahasia lagi bila jual rumah tanpa perantara saat bulan Ramadan dan lebaran menjadi tan

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 8 Daftar Perumahan di Kelapa Gading

Kelapa Gading merupakan salah satu daerah di Jakarta Utara yang terkenal dengan kawasan perumahanny

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia