Pinhome

Tips Properti

8 Perencanaan Penting Sebelum Membangun Rumah Baru

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah tinggal merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting sekarang ini. Oleh karena itu banyak sekali orang yang ingin membangun rumah baru supaya lebih nyaman.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah baru.

8 Perencanaan Penting Sebelum Membangun Rumah Baru

Membangun rumah untuk sebagian besar orang dan penyedia jasa desain rumah entah itu di jakarta, semarang, surabaya maupun berbagai kota lainya di indonesia merupakan pekerjaan yang memerlukan keahlian dan ketelitian yang tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga ahli dalam melaksanakannya, tertutama ketika kita membangun rumah yang mewah. Tentunya bukan rumah mewah saja yang memerlukan keahlian, bahkan rumah yang sederhana tetap dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam pengerjaannya. Berikut beberapa hal penting sebelum membangun rumah baru, antara lain :

Mencari lokasi yang tepat

Ada banyak faktor dalam mencari lahan yang menurut kita sesuai untuk membangun rumah. Contohnya posisi yang strategis, yaitu dekat dengan sekolah, swalayan, tempat kerja dan lain sebagainya.

Membuat gambar desain rumah

Merencanakan gambar desain bangunan rumah secara detail untuk menghindari salah dalam pembangunan. Supaya kita dapat membangun rumah kita sesuai keinginan.

Mengajukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

Sebelum membangun rumah, pastikan gambar desain sudah disetujui oleh pemerintah lewat pengajuan IMB. Hal ini penting supaya kita mendapatkan petunjuk dari pemerintah tentang tata cara perencanaan yang tidak melanggar aturan dan sudah ditetapkan pemerintah.

Mencari jasa bangun rumah

Mencari penyedia jasa bangun rumah yang tepat, karena biaya terbesar yang akan dikeluarkan ada pada biaya pelaksanaan proyek pembangunan rumah. Jika kita salah memilih jasa, maka akan berakibat munculnya potensi pembengkakan biaya dalam pembangunan rumah.

Menentukan besaran dana

Menentukah jumlah dana untuk dialokasikan dalam membangun rumah. Selain dana untuk membangun rumah, tentunya kita harus menyediakan dana untuk membeli perabotan dan kebutuhan hidup lainnya. Besaran dana tersebut yang akan menentukan luasan dan kualitas material rumah.

Menentukan spesifikasi material

Menentukan jenis atau spesifikasi dari bahan material bangunan yang akan dipilih saat mebangun rumah. Bijaksanalah dalam memilih jenis material bangunan tersenut, jangan sampai dana yang telah ditentukan akan semakin membengkak.

Mencari supplier bahan bangunan

Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang suplier bahan bangunan dan jasa desain bangun rumah terbaik yang dapat kita peroleh dari orang di sekitar. Carilah suplier yang terdekat dengan lokasi pembangunan rumah, karena kemungkinan akan semakin murah karena berkaitan dengan ongkos kirim material.

Menentukan jadwal dan waktu pembangunan

Pilihlah waktu pembangunan rumah yang kondusif. Apabila kita membangun rumah pada bulan yang bertepatan saat musim hujan, maka tentunya pekerjaan akan terganggu. Dapat dibayangkan betapa sulitnya memasang dinding bata pada saat hujan turun.

Itulah beberapa perencanaan penting sebelum membangun rumah baru dari jasa desain rumah. Setiap orang dapat membangun rumah sesuai keinginan jika memperhatikan beberapa hal diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel