BlogPemilik PropertiDesain Hunian25 Model Keramik Dapur Selera Para Desainer Interior 2024
0
0

25 Model Keramik Dapur Selera Para Desainer Interior 2024

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 22, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
model keramik dapurtop-right-banner

Selain furnitur seperti kitchen set dan meja makan, aspek utama saat melihat dapur adalah model keramik dapur atau backsplash apa yang dipakai. Pilihan model keramik dapur selera para desainer interior kini semakin beragam.

Rumah Ekslusif misalnya yang dekat dengan Perum Damri Yogyakarta, rumah di Blitar atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama juga menggunakan tenaga ahli dalam mendesain dapur hunian.

Biasanya semakin beragam modelnya, maka Pins akan semakin bingung untuk memilihnya bukan? Untuk menghindari hal ini terjadi, berikut ada beberapa model keramik dinding dapur yang menjadi selera para desainer interior.

Model Keramik Dapur Selera Para Desainer Interior

Dengan model keramik dapur selera para desainer interior yang tepat ternyata punya pengaruh besar rasa nyaman saat melakukan kegiatan di ruangan tersebut lho. Maka dari itu, rencanakan dengan matang.

Pikirkan mulai dari warna, bentuk hingga tekstur keramik tersebut. Berikut beberapa model keramik dapur selera para desainer interior yang bisa Pins aplikasikan pada hunian.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

1. Keramik Dapur Gradasi Warna

model keramik dapur selera para desainer interior
Source : Kass.us

Keramik dapur dengan gradasi warna berikut menampilkan kesan natural dan soft. Rumah terasa lebih elegan apalagi dengan dipadu lampu gantung serta meja kursi yang terbuat dari kayu.

2. Keramik Dapur Subway Minimalis

model keramik dapur selera para desainer interior
Source : The Spruce

Simpel namun berkelas adalah first impression saat melihat dapur dengan sentuhan keramik model subway. Sebutan subway bermula karena memang motif seperti ini dipakai pada dinding-dinding kereta bawah Inggris (Underground) sekitar tahun 1980 an.

Maka dari itu disebut dengan model subway. Banyak warna yang dimiliki oleh model keramik dapur subway, namun yang paling sering digunakan adalah warna hitam dan putih.

Warna hitam cocok untuk dipadupadankan dengan kabinet berwarna terang. Warna hitam ini berguna juga untuk menyamarkan noda sehingga tidak terlihat cepat kotor.

Sedangkan warna putih serasi jika disandingkan dengan model kitchen set minimalis ataupun island dengan warna lebih cerah. Seketika dapur Pins akan tampil bersih dan minimalis.

Baca juga: 15 Model Rak Dapur Minimalis yang Hemat Ruang

3. Model Keramik Dapur Bunga Klasik / Retro

Model Meja Dapur
Source : Interior Design

Keramik dengan motif bunga klasik atau yang biasa disebut motif retro belakangan memang sedang tren. Warna-warna yang dimiliki menyulap dapur polos menjadi lebih stylish.

Ada dua cara dalam menata backsplash motif retro, pertama dengan memilih satu motif saja dan kedua memilih beragam motif berbeda.

Bisa dilihat mostly warna yang diberikan sudah mampu menarik perhatian banyak orang, maka dari itu usahakan tidak memakai warna yang mencolok untuk sekelilingnya.

4. Keramik Dinding Dapur Bentuk Hexagonal

model keramik dapur selera para desainer interior
Source : Shopee

Pilihan terbaik yang bisa Pins pilih saat hendak mendesain dapur dengan tema warna monokrom. Keramik dinding dapur bentuk hexagonal memberikan detail yang sangat cantik namun tetap simpel. Motif hexagonal membuat mata yang melihatnya tak jemu.

Warna andalan dari motif ini adalah putih dengan garis tepi hitam dan warna hitam dengan garis tepi putih. Ukuran dari keramik bentuk heksagonal ini juga beragam mulai dari kecil hingga besar. Pins bisa langsung sesuaikan dengan luas dari dapur hunian.

5. Backsplash Model Mozaik

model keramik dapur
Source : Verona Group

Memilih model mozaik untuk backsplash membuat dapur terkesan modern dan berseni. Model mozaik yang banyak dipilih para desainer interior adalah bentuk kotak.

Bentuk kotak kecil-kecil dengan berbagai tekstur dan warna berbeda dalam satu kepingnya akan sangat cantik jika dijajarkan. Pilih warna cerah untuk tampilan elegan dan warna monokrom untuk tampilan yang lebih simpel.

Baca juga: Tips Desain Dapur Terbaik Untuk Keluarga

6. Tampil Mewah dengan Backsplash Marmer

Model KEramik Dapur
Source : Sefa Stone

Siapapun akan terpana saat melihat dapur dengan balutan granit marmer. Kesan mewah terpancar dengan jelas pada bagian dapur. Motif marmer yang biasanya satu keping besar untuk satu bagian membuat backsplash lebih mudah untuk dibersihkan.

Sebab tidak ada sela-sela penghubung. Setiap keping granit marmer punya corak yang berbeda-beda. Pilihlah yang paling Pins suka. Paling banyak digunakan adalah warna putih dengan corak hitam dan warna putih dengan corak abu-abu.

7. Look Unik di Dapur dengan Motif Keramik Teraso

Model Keramik Dapur
Source : Shutterstock

Apakah Pins familiar dengan motif keramik teraso? Motif teraso sering dijumpai pada hunian yang unik. Dengan mengaplikasikan motif teraso sebagai keramik dinding dapur, hunian jadi mempunyai nilai seni tinggi.

Motifnya yang tak beraturan lah yang membuatnya berbeda. Pilih warna dominan putih untuk look yang clean.

8. Dinding Dapur Bertekstur atau Emboss

model keramik dapur
Source : Houzz

Bosan dengan tekstur dinding dapur yang polos-polos saja? Coba gunakan yang lebih menarik dengan model keramik dapur bertekstur atau emboss.

Sebaiknya gunakan model ini untuk bagian desain dapur bersih, karena bentuknya yang bertekstur akan memakan waktu untuk dibersihkan jika terciprat saat Pins memasak. Keramik dapur emboss memberikan aura natural pada dapur.

9. Motif Kayu Untuk Suasana yang Natural

Model Keramik Dapur
Source : Interior Design Ideas

Motif backsplash lainnya yang punya kesan natural adalah motif kayu. Warnanya yang kecoklatan buat dapur lebih hangat.

Pins bisa memilih kayu bertekstur ataupun kayu dengan tekstur datar. Lebih baik pilih yang tanpa tekstur agar lebih mudah dibersihkan.

10. Bentuk Kotak Kombinasi dengan Warna Cerah

model keramik dapur
Source : Alibaba

Tampil beda dengan dinding dapur berwarna cerah seperti kuning atau merah. Jika dapur merupakan ruangan yang Pins inginkan untuk tampil stand out, memilih backsplash warna cerah adalah pilihan yang tepat.

Warna cerah membuat Pins lebih semangat saat beraktifitas di sekitar dapur. Karena warnanya sudah mencolok, usahakan memilih bentuk standar seperti bentuk kotak kecil

Baca juga: 15 Model Keramik Teras dan Warna yang Menarik

11. Keramik Dinding Model Sisik Ikan

model keramik dapur
Source : a model west

Motif baru yang jadi tren beberapa tahun lalu adalah keramik dinding dapur model sisik ikan. Keramik ini biasanya ditampilkan dengan warna glossy layaknya sirip ikan asli.

Dapur terlihat shining dengan sentuhan keramik tipe ini. Pilihan warna monokrom seperti abu-abu dan abu-abu keemasan pun menjadi tidak monoton karena glossy yang dimilikinya.

Warna model keramik dinding dapur ini yang banyak dipilih oleh para desainer interior adalah abu-abu, abu keemasan, biru muda, biru pekat, pink fuschia dan hitam.

12. Keramik Lantai Hitam Polos

Model keramik dapur
Source : Leo Furniture

Untuk lantai dapur, dapat menggunakan satu warna hitam dan diberikan sedikit glossy. Penggunaan lantai dapur hitam polos ini akan memberikan kesan luas dan mewah. Biasanya digunakan di dapur bersih.

Selain itu, menggunakan keramik berwarna hitam juga akan membantu kamu melihat noda-noda seperti tepung dan kotoran lainnya supaya lebih mudah dibersihkan.

13. Keramik Lantai Dapur Motif Serat Kayu Tua (Herringbone)

model keramik dapur
Source : Dekoruma

Pins punya rumah di daerah pedesaan? Atau mungkin di daerah perbukitan? Lantai yang cocok digunakan untuk area dapur adalah lantai vinyl. Berikan pola Herringbone dengan bentuk V.

Motif ini akan memberikan kesan klasik yang memiliki umur panjang. Cocok sekali digunakan untuk rumah yang memberikan kesan peristirahatan kuat.

Walaupun sangat keren, tantangannya adalah perawatan dan cara membersihkannya. Material kayu membutuhkan bahan pembersih yang berbeda dari motif keramik. Salah satu cara mengatasinya adalah memilih keramik dengan motif kayu. Walaupun kamu tidak bisa merasakan tekstur khas dari kayu, namun lantaimu tetap terlihat keren, Pins!

14. Keramik Lantai Dapur Motif Hitam Putih

model keramik dapur
Source : Pengadaan

Salah satu gaya yang everlasting, bertahan lama untuk dapur namun tetap modern, Pins dapat menggunakan keramik dapur motif hitam putih yang layak untuk dicoba. Karena perpaduan warna ini merupakan simbol modernitas, dan juga akan memberikan kesan bersih.

Untuk meningkatkan kesan modern dan elegan pada ruang dapur hitam putih ini, gunakanlah furniture minimalis dominan warna putih dan warna dinding dengan warna putih untuk mengimbangi gradasi warnanya. Kemudian tambahkan aksen pada beberapa furniture menggunakan warna dasar, seperti kuning, merah.

15. Keramik Motif Marble Putih

Model keramik dapur
Source : Architectural Digest

Untuk memberikan kesan mewah atau modern, keramik berbahan dasar marble putih ini sering digunakan. Karena, marble putih ini akan memberikan motif-motif granit yang maha dan desain yang unik, namun biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Dapur dengan menggunakan keramik lantai motif marble putih ini akan memberikan nuansa ringan dan kesan luas pada ruangan dapur. Selain itu, dengan adanya garis-garis halus dalam motif keramiknya mampu memberikan kesan enerjik dan tidak bosan. Untuk menguatkan suasana lapang dan modern, Pins dapat menggunakan kursi dengan aksen kayu.

Baca juga: 10 Model Meja Dapur dari yang Sederhana Hingga yang Modern

16. Keramik Lantai Dapur Motif Beradu

model keramik dapur
Source : Dekoruma

Pins ingin membuat lantai dapur yang beda dengan berani menggunakan kreativitas tanpa batas? Nah, lantai ini cocok untuk diterapkan dalam dapur Pins! Kenapa? Pins akan dituntut keberanian untuk memadukan keramik yang beraneka ragam warna dan menggunakan kreatifitas untuk dapur rumah Pins.

Dapur rumah Pins akan terlihat berbeda. Jangan lupa, pastikan pemilihan furnitur, warna di dapur sesuai, sehingga dapat menguatkan suasana di dapur.

17. Keramik Lantai Dapur Dengan 3 Motif

model keramik dapur
Source : IDN Times

Jika Pins tidak berani menggunakan motif beradu, Pins dapat menggabungkan motif Serat kayu dengan Hexagon keramik yang teridir dari 3 Warna yaitu Hitam Putih dan Abu-Abu.

Penggunaan 3 motif yang berbeda ini akan mampu memberikan pembagian dapur, sehingga akan membuat suasana tiap-tiap tidak bercampur, lebih private. Namun, perlu diingat, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi.

18. Keramik Lantai Dapur Motif 3D

Model keramik dapur
Source : kitpramenulis

Nah, saatnya untuk memberikan artistik pada dapur Pins. Gunakan motif 3D. Keramik berpola 3D ini merupakan desain klasik, everlasting, tidak membosankan. Siapa sangka dengan motif 3D ini akan membuat suasana dapur tampak mewah.

Jangan lupa, gunakan furniture yang akan mendukung suasana dapur ini. Gunakan warna primer untuk memberikan kesan kuat pada furniture.

19. Keramik Motif Batu Bata Merah

Model keramik dapur
Source : Pengadaan

Jika ingin membuat sebuah desain klasik, tidak lekang oleh waktu, desain dapur dengan motif batu bata merah ini akan tepat sekali diterapkan di dapur rumah Pins.

Desain dapur dengan motif bata merah ini akan memberikan kesan kuat yang berhubungan dengan masa lalu dengan nilai historis yang banyak, tapi tetap ada sentuhan modern.

20. Keramik Terracotta

model keramik dapur selera para desainer interior
Source : Ashley Winn Design

Jika Pins ingin memiliki lantai dapur yang nyaman untuk dipijak dan memberikan kesan yang hangat, jenis keramik yang satu ini mungkin akan menjadi pilihan yang cocok. Keramik terracotta terbuat dari batu bata yang dicetak dengan berbagai segi. Bentuknya pun juga bermacam-macam seperti persegi, segi lima, atau segi enam. 

21. Lantai Dapur Semen

Model keramik dapur semen
Source : tileflair

Mungkin Pins sudah cukup familiar dengan jenis lantai dapur yang satu ini. Lantai dengan lapisan keramik semen sudah hadir sejak zaman dulu.

Banyak rumah yang menggunakannya bahkan di ruang tamu. Walaupun terkesan jadul, lantai semen memiliki tekstur yang kasar sehingga aman untuk ditempatkan pada dapur yang licin. 

22. Keramik Dapur Konsep Industrial

model keramik dapur selera para desainer interior
Source : intiland

Desain industrial sangat cocok jika Pins gunakan pada bagian dapur rumah. Karena umumnya dapur akan menjadi tempat yang kotor dan berceceran cairan. Dengan menggunakan lantai dapur industrial Pins dapat menutupi kesan kotor tersebut. Pola lantai hitam putih akan sangat mempengaruhi penampilan dapur

23. Lantai Dapur Kayu Parket

model keramik dapur selera para desainer interior
Source : decorindoperkasa

Jenis lantai dapur ini mungkin menjadi pilihan bagi Pins yang ingin memiliki dapur dengan tingkat estetika yang tinggi. Penampilan lantai akan mengesankan kayu-kayu yang bersusun rapat seperti lantai vinyl. Lantai dapur ini cocok jika Pins menerapkan konsep backsplash pada dapur. 

24. Keramik Dapur Porselen

model keramik dapur selera para desainer interior
Source : RuangArsitek

Keramik lantai porselen adalah keramik lantai yang umumnya banyak terdapat di rumah-rumah. Keramik porselen yang polos ini tersedia dengan berbagai macam warna. Untuk menghindari kesan kotor pada dapur, Pins dapat menggunakan warna gelap pada keramik lantai. 

Baca juga: Pilihan Model Lantai Minimalis Untuk Hunian Lebih Nyaman

25. Keramik Bata Merah

model keramik dapur selera para desainer interior
Source : Instagram @heppie_nia

Jika Pins termasuk orang yang cinta akan desain retro atau tradisional, keramik lantai bahan bata merah akan menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari bata merah membuat lantai ini memiliki ketahanan yang baik. Warna bata yang khas sangat mencerminkan kesan tradisional pada dapur Pins. 

Itulah beberapa pilihan model keramik dapur selera para desainer interior yang dapat Pins jadikan referensi untuk dapur di rumah. Dari masing-masing keramik memiliki kelebihan dan kekurangan, maka dari itu Pins pastikan mana keramik yang paling cocok untuk dapur rumah Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Summarecon Bandung dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. 

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download